Di Jawa Timur, pusat wisata yang banyak dikunjungi ada di daerah malang dan Surabaya. Selain kedua daerah tersebut, Kediri juga tak kalah menarik dalam hal pesona wisata alamnya, terutama wisata alam pesisir pantai di Kediri. Kediri juga populer dengan pusat perdagangannya seperti gula dan juga rokok. Akhir – akhir ini Kediri juga ramai diberitakan karena adanya kampung unik bernama Kampung Inggris Pare yang dimanfaatkan sebagai pusat pembelajaran Bahasa Inggris untuk berbagai kalangan. Lantas apa saja sih deretan pantai di Kediri yang kabarnya menyimpan daya tarik tersendiri sehingga banyak dikunjungi wisatawan?

Peh Pulo

Pantai di Kediri bernama Peh Pulo banyak diserbu wisatawan saat momen liburan tiba. Daya tarik utama dari pantai yang terletak di dekat daerah Blitar dan Tuluagung ini mempunyai pemandangan nan eksotis. Hunting foto menjadi salah satu aktivitas paling menonjol bagi wisatawan. Jika dilihat sekilas, Peh Pulo sendiri memiliki kemiripan dengan Raja Ampat. Karena fakta tersebut, masyarakat daerah Blitar menjuluki Peh Pulo sebagai Raja Ampatnya Kota Blitar.

Pantai Peh Pulo berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Wisata Peh Pulo juga sangat hemat, karena tak dikenai HTM alias gratis. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan selama berada disana.

Pantai Jolosutro

Jolosutro juga merupakan salah satu pantai di Kediri yang populer dengan pasir hitam bersihnya. Meski pantai ini memiliki pesisir berpasir hitam, tak mengurangi daya tarik pemandangan alam yang disuguhkan. Semoga kebersihan pasir hitam di pantai Jolosutro bisa tetap dipertahankan. Tentu saja dibutuhkan langkah nyata dari para pengunjung agar tidak membuang sampai secara sembarangan.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi pantai Jolosutro ini saat matahari sedang terik. Semakin terik, pantainya pun akan semakin terlihat indah karena efek dari pantulan sinar matahari. Pantai Jolosutro berlokasi di Desa Ringinsari, Kelurahan Ringinrejo, Kabupaten Blitar. HTMnya dikenai biaya Rp 7.000 dan jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.30 WIB.

Tambakrejo

Tambakrejo juga termasuk salah satu pantai di Kediri yang paling diminati. Daya tarik utamanya adalah deburan ombak yang bervariasi, terkadang terlihat besar dan terkadang kecil. Bibir pantainya yang berpasir putih, sangat cocok untuk dijadikan background yang menarik. Jangan lupa, saat berada di pantai Tambakrejo, pulangnya bisa bawa ikan segar. Karena disana memang terkenal sebagai salah satu lokasi pelelangan ikan segar dari hasil tangkapan para nelayan sekitar yang cukup ramai pengunjung. Pantai Tambakrejo, bisa ditemukan di Desa Krajan, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. HTMnya sekitar Rp 6.000.

Pantai di Kediri, Gondo Mayit

Mendengar nama pantai di Kediri satu ini Gondo Mayit, sudah terkesan menyeramkan. Padahal jika sudah sampai ke lokasi, banyak pasang mata yang dibuat takjub setelah melihatnya. Pantai satu ini populer dengan warna pasirnya yang putih, air laut yang jernih dan berwarna kebiruan. Jauh dari kata kumuh atau pun kotor. Masyarakat setempat juga seringkali menyebutnya sebagai pantai bau mayat. Pantai Gondo Mayit bisa ditemukan di Desa Krajan, Kecamatan Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Lokasinya pun sangat dekat dengan Pantai Tambakrejo. HTMnya Rp 3.000 saja.

Serang

Pantai serang, juga memiliki karakteristik bibir pantai berpasir hitam layaknya pantai Jolosutro. Pantai yang lokasinya tak jauh dari pusat kota Blitar, seringkali digunakan oleh warga sekitar untuk melakukan serangkaian acara adat bermana larung sesaji. Adat tersebut digelar untuk memanjatkan doa kepada Sang Maha Kuasa agar diberikan hasil laut yang melimpah ruah dan membawa keselamatan bagi para nelayan. Inilah salah satu daya tarik yang selalu diburu oleh para wisatawan. Pantai Serang, bisa ditemukan di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

Umbul Waru

pantai di kediri

sumber : wikipedia.org

Pantai Umbul Waru hampir tak terlihat bibir pantai berpasir. Pada dasarnya, pantai ini terletak di balik bukit dan terlihat banyak batu karang di sekitarnya. Meski sedikit ekstrim, pantai Umbul Waru menyuguhkan pemandangan luar biasa ditambah lagi dengan keberadaan air terjun yang mengalir langsung ke laut. Perlu diperhatikan, saat mengunjungi pantai ini alangkah baiknya saat sedang surut agar lebih aman dan bisa menyaksikan langsung keindahan air terjun dari bibir pantai berkarang. Pantai ini bisa ditemukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. HTM gratis.

Pantai Sanggar

Pantai di Kediri satu ini juga banyak membuat orang terpikat. Lokasinya terlihat masih jarang dikunjungi sehingga masih terkesan alami. Warna airnya yang biru kehijauan dengan hamparan pasir putih yang luas, sangat memanjakan mata. Banyak orang yang betah berlama – lama disana dan lupa waktu saking asiknya bermain air. Pantai Sanggar berlokasi di Desa Jengglungharjo, Kabupaten Tulungagung. HTM sukarela.

Pantai di Kediri, Karanggongso

Pantai Karanggongso benar – benar bak lukisan. Pasir putih, air laut yang bersih dan jernih, ditambah lagi barisan pohon kelapa menambah keindahan pantai Karanggongso. Tak perlu jauh – jauh ke hawai, di dekat Kediri pun sudah bisa menikmati pantai seperti sedang berada di hawai. Pantai ini bisa ditemukan di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. HTM mulai Rp 8.000 dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Pacar

Pantai pacar memiliki karakteristik bibir pantai berpasir putih dan deretan bukit yang tak begitu terjal. Bagi yang suka suasana sunyi dan tenang, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Meski pantai ini dinamakan pantai pacar, bukan berarti tempat untuk berpacaran ya. Pantai di Kediri ini bisa ditemukan di Area Perkebunan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. HTM gratis.

Pantai di Kediri, Popoh

Pantai Popoh kerap kali dijadikan lokasi yang cocok untuk liburan dengan tujuan menginap. Namun di sisi lain, pantai di Kediri yang satu ini menyimpan cerita mistis yang dikait – kaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Pantai Popoh bisa ditemukan di Jalan Raya Prigi, Desa Watulimo, Kelurahan Popoh, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.