Sebelum Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu tujuan wisata, sebelumnya hutan di daerah Mangunan adalah tanah tandus. Kawasan hutan tandus ini disebabkan eksploitasi kayu yang cukup besar beberapa dekade lalu. Sampai tanah tandus ini kemudian ditanami kembali.
Tidak hanya tanaman pinus, tetapi juga jenis pohon lain seperti mahoni, akasia, kemiri dan kayu putih.

Tanaman ini ditanam di tanah dengan luas sekitar 500 ha. Namun sekarang, daerah Mangunan, khususnya bagian yang ditanami pohon pinus tidak hanya berfungsi sebagai hutan lindung. Kawasan ini juga dikelola sebagai salah satu tempat wisata yang kini banyak dikenal oleh banyak orang, yaitu Hutan Pinus Mangunan, ada banyak fasilitas yang disediakan di tempat ini. Ada pos pengamatan, panggung yang menyatu dengan alam, kamar mandi umum. Lalu ada masjid kecil dan toko-toko kecil yang menyediakan makanan dan minuman.

 

Jika Anda seorang pecinta fotografi, mengunjungi tempat ini sangat dianjurkan untuk Anda. Karena Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu tempat berburu foto terbaik di Yogyakarta. Apalagi jika Anda datang bersama pasangan, tempat ini digunakan untuk prewedding coco.
Tertarik bepergian ke tempat ini? Tidak rumit bagaimana menemukan alamat hutan ini. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena Alamat Hutan Pinus Mangunan sangat mudah dijangkau. Sebenarnya hutan di kawasan Resort Manajemen Hutan ada di Mangunan. Tetapi banyak orang menyebut hutan pinus ini Hutan Pinus Imogiri. Ini karena lokasi yang diambil menuju hutan ini sejalan dengan situs makam Raja-Raja Imogiri. Padahal menurut catatan administrasi hutan pinus tidak termasuk dalam wilayah Imogiri.

Ya, lokasi Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Selain Mangunan, Bantul juga memiliki objek wisata baru di sisi utara Hutan Pinus. Untuk rute ke Hutan Pinus Mangunan Jogja jika Anda berasal dari pusat kota Jogja, Anda cukup mengambil arah ke Jl. Imogiri Timur. Kemudian langsung saja menemukan pertigaan Imogiri dan belok kiri ke arah Makam Raja-Raja Imogiri. Setelah itu ada persimpangan belok kanan menuju Mangunan, dari persimpangan belok ke kiri ke arah hutan pinus.
Lokasi Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul dari pusat kota Yogyakarta sendiri hanya berjarak kurang dari 24 km. Dan jika Anda bepergian hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sepanjang jalan menuju perbukitan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah.

Setelah tiba di lokasi ini Anda akan kagum dengan hamparan gundukan pasir yang hampir mirip dengan yang ada di Mesir sana. Anda dapat menemukan peta Hutan Pinus Mangunan pada aplikasi google maps jika Anda masih bingung untuk menemukan lokasinya. Atau jika Anda tidak ingin menavigasi melalui peta google, Anda dapat bertanya kepada penduduk setempat. Warga Bantul sangat ramah, Anda tidak perlu ragu untuk bertanya apakah Anda masih bingung mencari alamat hutan pinus.

Untuk memasuki Hutan Pinus Mangunan Anda hanya perlu menghabiskan Rp. 3.000 untuk membayar parkir motor dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil. Tidak ada tiket yang dipatok oleh tur ini. Anda dapat mengambil foto sebanyak yang Anda suka secara gratis. Pariwisata Hutan Pinus Mangunan buka mulai pukul 07.00 hingga 00.00 WIB.Itulah pembahasan mengenai Wisata Hutan Pinus Mangunan. Semoga bermanfaat.