Negara yang dijuluki sebagai negeri ginseng ini, menghadirkan banyak sekali spot wisata bagi turis yang sedang berkunjung. Sebagai ibukota dari Korea Selatan, terdapat berbagai macam tempat wisata di Seoul. Mulai dari wisata di situs sejarah, budaya, hiburan, hingga belanja tersedia disini.

Kota ini menawarkan berbagai tempat wisata yang dapat kamu kunjungi mulai dari pagi hingga malam hari. Berbagai macam destinasi ini cocok untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Seoul.

Selain menghadirkan tempat wisata dengan sentuhan sejarah seperti Istana Gyeongbokgung. Kota ini juga memiliki destinasi lain seperti museum, tempat atraksi dan pasar malam yang menarik untuk kamu kunjungi.

Tak perlu berlama-lama lagi, segera catat rekomendasi tempat wisata di Seoul berikut ini kedalam bucket list liburan yang kamu miliki!

Destinasi Wisata Masa Lalu

Kota Seoul adalah kawasan metropolitan dengan penduduk yang dinamis, namun di tempat ini masih terdapat wisata tempat bersejarah. Disamping hiruk pikuk ibukota, di wilayah ini masih terdapat destinasi wisata yang menyimpan sejarah Korea Selatan di masa lalu.

Berikut ini adalah tiga tempat wisata dengan nuansa sejarah di Seoul yang wajib untuk dikunjungi:

1. Bukchon Hanok Village

Bukchon Village memiliki arti harfiah sebagai “desa utara”. Hal ini dikarenakan letak geografisnya yang diapit oleh dua landmark utama di Seoul. Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai rumah tradisional dari dinasti Joseon yang disebut Hanok.

Jumlah dari Hanok ini pun terbilang ratusan, sehingga tempat ini juga berfungsi menjadi pusat budaya yang menyimpan sejarah Korea di masa lalu. Rumah tradisional ini juga difungsikan sebagai tempat tamu menginap, rumah makan dan kedai minum teh.

Disamping itu, beberapa rumah tradisional juga menawarkan kelas yang dapat kamu ikuti untuk mempelajari budaya Korea. Sejarah dan budaya masih berdampingan erat dalam kehidupan masyarakat yang tinggal di wilayah ini. Sehingga kamu juga wajib menghargai apapun peraturan dan budaya yang berlaku saat berkunjung kesini.

2. Gyeongbokgung Palace

tempat wisata di Seoul

Dibuat pada tahun 1395, tempat bersejarah yang memiliki nama Istana Gyeongbokgung memiliki sebutan lain yakni sebagai Istana Utara. Hal ini berdasarkan letak istana ini berada di bagian paling utara jika dibandingkan dengan istana yang lainnya.

Istana Gyeongbokgung dapat disebut sebagai istana paling indah dan memiliki luas yang paling besar dari keseluruhan lima istana yang ada.

Di wilayah ini tidak hanya menyuguhkan kemegahan bangunan istana yang sudah ada sejak masa lalu, tetapi juga terdapat museum di dalamnya. Letak Museum Istana Nasional Korea berada di bagian selatan Gerbang Heungnyemun, dan Museum Rakyat Nasional Korea terletak di sisi timur Paviliun Hyangwonjeong.

Ketika mengunjungi destinasi wisata ini, kamu dapat menyewa baju tradisional Korea atau yang disebut Hanbok dan mengelilingi kawasan Istana.

3. Kuil Jongmyo

Destinasi wisata masa lalu yang ketiga adalah Kuil Jongmyo yang merupakan tempat pemujaan utama untuk raja dan ratu di seluruh dinasti Joseon. Wilayah ini terdiri dari beberapa bangunan selain aula utama yang didirikan bersamaan dengan Istana Gyeongbokgung.

Selain menjadi saksi bisu dari pergantian masa dalam sejarah, kuil ini juga menyimpan memori yang berkaitan dengan upacara peringatan di masa itu. Oleh karena itu, ketika kamu mengunjungi Kuil Jongmyo pada saat minggu pertama di bulan Mei maka kamu dapat menyaksikan upacara tradisional Jongmyo Jaerye.

Jongmyo Jaerye merupakan kegiatan upacara tradisional yang dilakukan sebagai simbol menghormati mendiang raja dan ratu yang dihadirkan dalam bentuk persembahan. Kamu juga dapat menikmati instrumen, tarian dan lagu yang telah berusia lebih dari 500 tahun pada upacara tradisional ini.

Destinasi Hiburan dan Tongkrongan Masa Kini

Setelah menjelajahi tempat wisata di Seoul yang bernuansa sejarah, kamu juga dapat memasukkan jenis destinasi lain ke dalam bucket list. Tempat wisata yang menghadirkan atraksi hiburan dan memenuhi daftar belanja saat berlibur tentu juga wajib untuk dikunjungi.

Berikut ini tiga rekomendasi tempat wisata atraksi hiburan dan pusat belanja di Seoul yang wajib dikunjungi:

1. COEX Aquarium

Tempat wisata di Seoul yang menghadirkan atraksi hiburan adalah COEX Aquarium. Destinasi ini memiliki 183 tangki yang diperlihatkan serta 90 tangki untuk penangkaran dengan total volume air 3.500 ton. Maka dari itu tempat ini dijuluki dengan akuarium skala besar.

Dengan total tangki yang mencapai angka ratusan, COEX Aquarium dapat menampung 40.000 biota laut yang terdiri dari 650 spesies. Keseluruhan biota laut tersebut dibagi menjadi 16 zona.

Jika kamu memiliki ketertarikan dengan dunia bahari maka pilihan yang tepat untuk memasukkan COEX Aquarium kedalam bucket list yang kamu miliki! Ditempat ini, kamu dapat melihat sekaligus belajar tentang keragaman spesies makhluk laut secara menyenangkan.

2. Namsan Seoul Tower

Rekomendasi tempat wisata di Seoul berikutnya jatuh pada Namsan Seoul Tower yang merupakan menara serbaguna pertama di Korea. Sejak 40 tahun terakhir, tempat ini menjadi populer sebagai landmark khas dan objek wisata di Korea.

Kamu dapat menikmati pemandangan kota Seoul secara bebas tanpa halangan dari atas Namsan Seoul Tower. Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa menaiki kereta gantung di wilayah ini.

Sudut pandang kota Seoul dari atas dapat kamu lihat secara indah disini.

3. Myeongdong

Destinasi terakhir dalam daftar rekomendasi ini adalah wilayah Myeongdong Shopping District. Setelah menghabiskan waktu menjelajahi sejarah dan atraksi hiburan, maka tak lengkap jika belum merasakan kuliner khas dan berbelanja.

Di wilayah Myeongdong terdapat berbagai macam toko yang menjual berbagai macam produk lokal dan internasional. Selain berbelanja, kamu juga dapat mencicipi kuliner korea yang ditawarkan oleh beragam kedai di wilayah ini. Myeongdong menjadi tempat wisata di Seoul yang menjadi favorit wisatawan, loh.

Meskipun kota metropolitan, Seoul tak kalah dalam menghadirkan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Tunggu apalagi? Segera persiapkan rencana liburan berdasarkan bucket list dan kunjungi tempat wisata di Seoul untuk liburan selanjutnya!