Tempat Wisata di Semarang – Semarang adalah ibukota Jawa Tengah sekaligus kota terbesar ke 5 di Indonesia. Walaupun tempat wisata di Semarang tidak seterkenal kota wisata lainnya, namun di sini ada banyak tempat yang menarik. Baik di Kabupaten maupun kota Semarang, Anda bisa menemukan banyak spot wisata yang seru dan pastinya instagramable untuk menghiasi tampilan media sosial Anda.

Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Semarang 

Tidak hanya wisata Bandung yang menyajikan banyak tempat wisata Instagramable, Semarang pun memiliki sejumlah tempat wisata yang cocok dikunjungi millenial. Apa saja sih tempat wisata Semarang yang menarik dan paling instagramable? Berikut informasi selengkapnya:

Ayanaz Gedong Songo

Kalau Anda ingin berfoto di balon udara berukuran jumbo, maka Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Coba saja ke Ayanaz Gedong Songo yang terleatk di Dusun Darum, Kecamatan Bandungan, Semarang yang buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Tempat wisata di Semarang ini hadir dengan konsep wisata modern yang menjaga keharmonisan pemandangan alam di sekitarnya. Sejak dibuka pada 2018 lalu, tempat wisata yang satu ini langsung viral dan terkenal sebagai salah satu spot selfie terbaik di Semarang.

Tiket masuk di Ayanaz Gedong Songo hanya Rp 25 ribu untuk orang dewasa dan Rp 10 ribu bagi anak-anak. Dengan membayar tiket tersebut Anda bebas mengeksplor wilayah alam terbuka dan berfoto di taman indoor, kursi ayunan, atau sekedar duduk di tengah kolam. 

Lawang Sewu

Tempat wisata SemarangLawang Sewu

Foto Lawang Sewu di Semarang. Sumber: Wikimedia Commons

Ke Semarang rasanya tidak lengkap kalau belum mengunjungi Lawang Sewu. Nama Lawang Sewu yang memiliki arti seribu pintu awalnya merupakan kantor perusahaan kereta api milik Belanda yang dibangun pada tahun 1904. 

Lawang Sewu memiliki keunikan dari bentuk arsitektur megah khas jaman kolonial Belanda. Tempat wisata di Semarang yang satu ini buka mulai pukul 07.00-21.00 WIB dengan biaya tiket masuk Rp 10 ribu untuk orang dewasa dan Rp 5 ribu bagi anak-anak atau pelajar.

Dusun Semilir

tempat wisata di semarang

Dusun Similir. Sumber: dusunsemilir.com

Inilah Dusun Semilir, tempat wisata yang ada di Semarang dengan konsep kekinian, berlokasi di Jl. Soekarno Hatta Nomor 49. Tempat wisata ini memiliki desain bangunan yang ikonik serupa Candi Borobudur. 

Di dalamnya ada juga spot foto yang instagramable, seperti Owl Cafe, underwater Danau Banyu Biru, dan burung raksasa dengan tinggi 27 meter. Untuk berkunjung ke Dusun Semilir, Anda cukup membayar tiket Rp 15 ribu saja. Tempat wisata ini buka setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 09.00-19.00 dan saat weekend 08.00-21.00 WIB.

Taman Bunga Celosia

Inilah Taman Bunga Celosia Semarang, tempat wisata di Kabupaten Semarang yang di dalamnya memiliki 3 destinasi sekaligus. Lokasinya memang luas dan di setiap area terdapat spot ikonik dari berbagai negara.

Seperti Rural Japanese, New Little Korea, Little italy dan White Marine Park. Anda juga bisa menikmati keindahan Taman Lampion dan berbagai spot foto menarik lainnya. Tempat ini berlokasi di Jl Wisata Gedongsongo KM 0,5, Candi Bangunan, Semarang dan buka setiap hari mulai pukul 07.30-23.00 dengan harga tiket hanya Rp 20 ribuan saja.

Taman Axelia

Bagi Anda para pencinta bunga, Taman Axelia adalah tempat wisata di Semarang yang cocok untuk dikunjungi. Letaknya berada di Jl Ambarawa, Banyubiru KM 0,5, Pojoksari, Semarang. Di taman ini Anda akan menemui hamparan luas taman bunga dan kincir angin yang cocok jadi spot foto media sosial Anda.

Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan berkeliling taman atau menikmati kuliner dari restoran dan kafe yang ada di Taman Axelia. Tempat wisata di Semarang ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB dengan tiket masuk hanya Rp 8 ribu saja.