Tempat Wisata di Makassar – Makassar memang terkenal dengan beragam tempat wisata unik yang menawarkan sejuta pesona. Mulai dari pantai, hutan, benteng, hingga air terjun dan berbagai destinasi lainnya. Makassar juga dikenal sebagai salah satu dari enam destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Sebagai kota metropolitan, pusat bisnis, pendidikan, hingga pintu gerbang Indonesia Timur, maka tempat wisata di Makassar sangat menarik untuk dieksplor lebih jauh lagi. Setelah sebelumnya kami membahas tempat wisata di Bandung dan tempat wisata Bali, dalam artikel ini kita akan mengeksplorasi Makassar!

5 Tempat Wisata di Makassar 

Bagi Anda yang berencana berlibur ke Makassar, kelima destinasi wisata ini bisa jadi referensi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat Anda.

Pulau Samalona

tempat wisata di makassar

Pulau Samalona Makasar Indonesia. Sumber: Wikimedia Commons

Pulau seluas 2 hektar ini menawarkan keragaman wisata alam yang sangat indah. Anda bisa menikmati berbagai aktivitas di Pulau Samalona, seperti snorkeling, banana boat, diving, atau sekedar berenang dan berjalan di pinggir pantai. 

Pasir putihnya yang bersih dan deburan ombak yang ringan membuat suasana Pulau Samalona sangat tentram. Untuk berkunjung ke Pulau Samalona Anda bisa berangkat dari Dermaga Pantai Losari dengan jarak sekitar 7 km menggunakan perahu. Biaya sewa perahu untuk menuju Pulau Samalona berkisar antara Rp 300 – 500 ribu.

Leang Leang, Maros

Selain wisata bahari, Anda juga bisa berkunjung ke destinasi wisata pendidikan di Leang-Leang. Tempat wisata di Makassar ini terletak di kawasan Taman nasional Bantimurung Balusarung, tepatnya berlokasi di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros. 

Sebelum menjadi taman, dulunya Leang-Leang adalah laut sehingga jangan heran kalau di dalamnya banyak fosil dan kerang. 

Dalam sejarahnya, Leang-Leang dikelilingi pegunungan Karst dan terdapat goa yang di dalamnya terdapat ukiran manusia purba sekitar 5.000 tahun SM. Bebatuan di spot wisata Leang-Leang juga sangat menarik untuk menghiasi foto media sosial Anda. Pengunjung bisa datang ke Leang-Leang pukul 08.00-18.00 dengan tiket Rp 10 ribu saja.

Helena Sky Bridge

Masih di Taman Nasional Batimurung, Anda juga bisa mengunjungi Helena Sky Bridge, yaitu jembatan gantung setinggi 100 meter yang menantang adrenalin. Saat di atas jembatan, Anda bisa melihat ‘Kerajaan’ kupu-kupu yang pastinya bisa diabadikan sambil berswafoto. 

Tempat wisata di Makassar yang satu ini juga menawarkan banyak spot foto menarik lainnya. Seperti panorama dari pegunungan Karst dan pesona hamparan hijau dari banyaknya pepohonan yang luas. Untuk memasuki area wisata ini Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 25 ribu rupiah saja dan buka mulai pukul 08.00-17.00.

Benteng Fort Rotterdam

Fort Rotterdam Makassar Indonesia

Fort Rotterdam Makassar Indonesia. Sumber: Wikipedia Indonesia

Bagi orang Makassar asli, pasti sudah tidak asing dengan istilah Benteng Penyu, yaitu Fort Rotterdam, peninggalan kerajaan Gowa-Tallo. Benteng yang telah berdiri selama ratusan tahun ini masih kokoh dan menjadi salah satu ikon tempat wisata di Makassar. 

Beralamat di Jl Ujung Pandang, Bulo Gading, benteng ini hadir dengan tampilan khas Eropa. Di dalamnya terdapat banyak bangunan dengan fungsi yang berbeda-beda pada zamannya. Bahkan ada juga ruang tawanan dan gudang penyimpanan senjata lho.

Pengunjung yang ingin menjelajah benteng sekaligus museum ini bisa datang mulai pukul 06.00-18.00 dengan tiket masuk Rp 10 ribu saja.

Rammang-Rammang, Maros

Rammang-Rammang South Sulawesi Indonesia

Rammang-Rammang South Sulawesi Indonesia. Sumber: Wikipedia Indonesia

Untuk yang terakhir ada desa Rammang-Rammang yang terletak di Kabupaten Maros. Anda bisa memasuki desa ini melalui Sungai Pute dengan biaya sewa perahu sekitar Rp 200 ribu. Sepanjang sungai Anda akan melihat pesona eksotis dari pepohonan nipah dan bebatuan besar. 

Sesampainya di desa Ramang-Ramang, Anda akan disuguhkan dengan lanskap pegunungan eksotis yang belum banyak terjamah manusia. Udara segar dan sensasi alam dari tempat wisata di Makassar yang satu ini benar-benar memberi pengalaman liburan yang tak terlupakan.