15 Tempat Wisata di Korea Selatan– Masih belum menentukan akan berlibur kemana? Bosan pergi ke daerah yang dekat-dekat?

Arahkan rencana liburan ke sejumlah tempat wisata di Korea Selatan. Berhubung masih di wilayah Asia, anggara untuk berlibur masih tergolong aman bagi kantong Anda.

Korsel bukan hanya terkenal dengan drama-drama nya, musik K-Pop, dan fashionnya saja. Negara Ginseng ini juga menjaga kelestarian budayanya.

Bukan rahasia pula jika sejumlah destinasi yang Korea Selatan miliki luar biasa indah. Apabila Anda mengaku sebagai traveler sejati, wajib mengeksplor semua wisata yang ditawarkan.

Berhubung opsi tempat berlibur lumayan banyak, artikel ini akan merekomendasikan 15 lokasi liburan terbaik.

Dijamin Anda bisa menemukan tempat-tempat sesuai preferensi pribadi. Tanpa berlama-lama berikur adalah pilihan terbaik selama berlibur ke Korea Selatan.

Rekomendasi 15 Tempat Wisata di Korea Selatan

Masyarakat global termasuk Indonesia cukup lama menaruh perhatian ekstra, terhadap K-Drama dan K-Pop. Hal ini menjadi alasan cukup besar mengapa banyak wisatawan internasional, berharapan dapat datang ke tempat wisata di Korea Selatan.

Pemerintahan Korea Selatan sendiri memanfaatkan populeritas dunia show bizz mereka untuk promosi. Tidak terhitung berapa banyak upaya untuk memperkenalkan potensi pariwisata Korsel.

Bahkan tak menunggu lama, mereka sukses memperkenalkan budaya lokal hingga tingkat dunia. Siapakah yang tidak mengetahui jika kimchi berasal dari Korea Selatan.

Makanan sederhana satu ini mendunia, lantaran kerap muncul di berbagai scene drama. Korea membuktikan jika mereka sangat serius menjaga kelestarian warisan budaya nenek moyang.

Sejumlah situs budaya bahkan terus dilestarikan dijaga sebaik mungkin. Sehingga masyarakat ataupun wisatawan dapat nyaman mengenang warisan tersebut.

Sebagai contoh adalah wisata di Korea Selatan peninggalan Dinasti Joseon. Sebagian besar bangunan kuno peninggalan, merupakan jejak sejaran kekuasaan Kerajaan Joseon ratusan tahun silam.

Wisatawan yang berkunjung berkesempatan mempelajari nilai tradisi dan sejarah bangsa.

Sebagai negara maju Korsel menunjukkan jika wisatawan tidak salah memilih negara mereka. Jika Anda ingin berkunjung ke Korea Selatan, kami rasa 15 tempat wisata di Korea Selatan berikut ini.

Dapat membantu Anda menentukan rute perjalanan selama berlibur.

Jeju Island

Jeju Island

Jeju Island memiliki julukan sebagai pulau Hawaii Korea Selatan. Lantaran menyimpan keindahan eksotik alam yang berbeda dengan gaya metropolitan Seoul.

Jeju Island kerap menjadi destinasi pilihan para pasangan yang akan berbulan madu. Selain itu para wisatawan internasional, menambahkan Jeju Island dalam daftar wajib wisata Korea Selatan.

Jeju memiliki jalur pendakian singkat yang tidak berbahaya. Para wisatawan kerap mendaki demi melihat keindahan panorama pulau dari ketinggian.

Sempat mendaki Gunung Hallasan bersama pasangan atau orang terkasih. Jeju Island menawarkan sajian seafood yang super segar dan besar.

Disamping itu harga jualnya pun bersaing. Anda bisa memilih antara menyantap seafood di restoran kaki lima atau bintang lima. Salah satu lokasi wisata wajib selama di Jeju adalah pergi ke Shinwa Theme Park.

Aktivitas Seru Wisata Korea Selatan di Jeju Island

Jeju Island identik dengan pantai, pergilah menuju arah utara pulau. Maka akan menemukan Dragon Head Rock. Dinamakan demikian lantaran kepalanya menyerupai kepala Naga. Berdasarkan cerita legenda penduduk setempat.

Tempat tersebut merupakan jelmaan naga yang tenggelam usai mencuri giok di Gunung Halla. Saksikan pula pertunjukan khas Korsel, seperti Sanulmori atau show komedi di Nanta Show.

Lokasi ini sudah terkenal dejak tahun 1997. Wisatawan yang datang ke Jeju tidak ingin melewatkan  Teddy Bear Museum.

Semenjak diresmikan pada 2001 untuk umum, Jungmun Resort semakin terkenal dengan koleksi ratusan bahkan ribuan bonek Teddy bear.

Namsan Seoul Tower

Namsan Seoul Tower

Tower Namsan alias menara Namsan merupakan landmark dari Kota Seoul. Banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu dengan pasangan disini.

Terlebih lagi lokasi gembok cinta memang terletak di salah satu area Namsan Tower. Berminat membeli gembok hati?

Anda dapat membeli nya dari rumah atau keluarkan sedikit lebih mahal membeli dai toko terdekat. Waktu berkunjung ke Namsan Tower paling tepat adalah malam hari.

Karena bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian dengan kerlap-kerlip lampu. Lelah bekeliling, isi perut Anda dengan makan malam bersama di restoran sekitar.

Abadikan momen perjalanan wisata Korea Selatan dengan gaya yang instagenic.

Harga Tiket dan Jam Operasional Namsan Seoul Tower

Pengunjung Namsan Tower bisa naik ke tower observatory setinggi 500 mtr. Buka setiap hari dari Pukul 11.20-21.00 waktu setempat.

Pengunjung bisa masuk paling lambat dari 30 menit sebelum tutup. Berminta pergi ke Namsan Tower? Naiki bus dengan nomor 02, 03, 05 karena berhenti langsung di pemberhentian bus Namsan.

Sediakan anggaran tunai sekitar 1200 KRW atau membayar melalui T-Money.

Bus beroperasi setiap 20 menit sekali sesuai jadwal. Wisatawan juga bisa mencoba kereta gantung dari  Myeong-dong.

Kereta berangkat setiap 7 menit dengan biaya 7000 KRW dewasa dan 4000 KRW anak-anak. Pembelian tiket online harus Anda tukarkan di mesin otomatis tiket.

Tepat disebelah pintu masuk Observatory deck. Harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah. Sebaiknya Anda periksa update harga terbaru di website official Namsan.

Nami Island

Nami Island Korea

Nami Island berbeda dengan Jeju Island, jika Anda pernah menonton drama lawas Winter Sonata. Maka sudah ada sedikit gambaran betapa indahnya pulau Nami. Berkunjung ke mari pada musim apa saja tetap lah indah.

Para wisatawan datang ke Nami Island lantaran berburu spot foto yang ikonik. Ketika datang di musim gugur, daun-daun mulai memerah bersiap untuk gugur.

Anda bisa mengikuti panduan spot wisata foto ala drama Korea. Wisata di Korea Selatan memang tidak bisa lepas dari pengaruh K-Drama nya.

Bagi pengunjung, untuk bisa pergi ke Nami terlebih dahulu perlu membeli tiket bus. Kemudian lanjut menyebrang dan membeli tiket masuk dari kantor representatif Naminara.

Berikut adalah penjelasan lengkap waktu buka, harga tiket, dan lainnya

Lotte World

Lotte World Korea

Tempat wisata di Korea Selatan yang tertarik pada aktivitas liburan modern. Dapat memilih Lotte World kedalam daftar. Lotte World merupakan taman bermain super lengkap dengan berbagai fasilitas di dalamnya.

Anda bisa mereservasi hotel, berbelanja, bermain ice skating, museum, hingga bioskop. Sejumlah drama Korea terkenal juga mengambil gambar di area Lotte World.

Bahkan variety show terkenal layaknya Running Man pernah melakukan syuting di sini. Berlibur sendirian ataupun dengan keluarga Lotte World merupakan pilihan tepat.

Penggemar wahana permainan ekstrem yang memacu adrenalin. Dapat merasakan berseluncur dari lantai teratas mall hingga dasar.

Everland Theme Park

Everland Theme Park

Apakah Anda menyukai wisata Korea Selatan yang berhubungan dengan hewan? Berkunjunglah mengeksplore Everland Theme Park.

Kebun binatang satu ini cukup luas, sehingga harus menyediakan satu hari khusus menjelajahinya. Selain dapat melihat kehidupan aneka datwa dan flora dari dekat.

Wisatawan dapat menghibur diri melalui wahana-wahana menarik. Emerald Theme Park sengaja didirikan dengan mendesign konsep taman bunga dan bangunan ala kastil Eropa. Pengunjung seolah berpindah ke negeri dongeng.

Aktivitas Seru Bermain di Everland Theme Park

Everland Theme Park memiliki 5 tema berbeda, yaitu American Adventure, Zootopia, Global Fair, Magic Land, dan European Adventure. Berhubung jam bukanya berubah-ubah. Sebaiknya periksa website official Everland.

Harga tiket untuk dewasa dan anak-anak jelas berbeda. Pembelian online lebih murah ketimbang membeli di tempat.

Wisatawan dapat memilih tiket untuk satu hari dan tiket Q-Pass. Tiket Q-Pass memungkinkan pengunjung melewati antrean maksimal 5 wahana dan atraksi utama di taman hiburan.

Gyeongbokgung Palace

Gyeongbokgung Palace

Diawal kita sedikit membicarakan tentang peninggalan Joseong. Tempat wisata di Korea Selatan Gyongbokgung Palace, merupakan istana terbesar di jantung Ibu Kota Seoul.

Istana ini merupakan tempat tinggal Raja dan keluarganya pada tahun 1395. Sebelum akhirnya sistem pemerintahan bukan lagi monarki.

Wisatawan yang datang ke Gyeongbokgung Palace bisa mengikuti tur berkeliling kompleks istana. Pengunjung dapat melihat langsung keindahan arsitektur bangunan.

Sembari mengenakan hanbok sewaan dari pengelola istana. Meski begitu banyak turis yang menyewa hanbok sebelum memasuki area istana.

Selain harga yang lebih bersahabat. Wisatawan juga dapat berkeliling lebih lama memakai pakaian tradisional Korea tersebut.

Lihat Jam Pergantian Pengawal di  Gyeongbokgung Palace

Berkunjung ke tempat wisata Korea Selatan belum lengkap jika tak menyaksikan pergantian pengawal. Parade ini bisa Ada saksikan jika berkunjung ke Gyeongbokgung.

Para peraga, bukanlah pengawal asli. Mereka mengenakan pakaian ala pengawal dinasti Joseon yang cerah.

Upacara peragaan ini akan diadakan 2 kali dalam satu hari, kecuali pada hari selasa tidak ada parade tersebut. Sumunjang adalah sebutan bagi penjaga pintu masuk kerajaan Gyeongbokgung pada masa itu.

Sebaiknya Anda datang 15 menit lebih awal dari jadwal, yaitu Pukul 10.00 dan 14.00 waktu setempat. Pengunjung yang beruntung bisa memukul gong sebagai tanda dimulainnya upacara.

Kurang lebih acara akan berlangsung selama 20 menit.

Korean Folk Village

Keum Ryeon Sa Korean Folk Village

Selain memiliki pilihan wisata Korea Selatan ala kerajaan kuno. Wisatawan juga berkesempatan melihat bagaimanan masyarakat setempat hidup masa itu.

Beranjaklah menuju Kota Yongin, untuk mengunjungi Korean Folk Village. Area ini memiliki kompleks perumahan dengan bangunan tradisional berbagai kasta pada jamannya.

Korean Folk Village merupakan kawasan turis yang menyajikan secara nyata kehidupan rakyat Joseon. Sempatkan pula untuk melihat pertunjukan tarian tradisional Korea.

Setelah lelah berkeliling melihat desain eksterior dan interior bangunan kuno. Mulai dari rumah bangsawan hingga tempat tinggal rakyat biasa.

Harga Tiket Masuk Korean Folk Village

Korean Folk Village berdiri di atas lahan 990.000 mtr2. Proses pembangunannya rampung hanya dalam waktu satu tahun, yaitu 1973-1974.

Pengunjung yang berminat mengeksplorasi wisata di Korea Selatan satu ini. Harus membayar tiket masuk yang bervariasi sesuai golongan usia.

Tiket dewasa 20.000 KRW, remaja 17.000 KRW, anak-anak 15.000 KRW. Harga akan lebih murah apabila Anda datang dengan rombongan minimal 20 wisatawan.

KFV buka sepanjang tahun hanya berubah jam operasional. Menyesuaikan musim saat itu, misalkan pada musim dingin mereka buka lebih lambat 30 menit dan tutup lebih cepat 30 menit.

Hanok Village

Hanok Village Korea Selatan

Hanok village memiliki konsep serupa dengan folk village. Bedanya wisata di Korea Selatan yang satu ini bukan  khusus destinasi wisata.

Melainkan sebuah area tempat tinggal di pusat kota Seoul. Dimana 99% bangunannya mempertahankan arsitektur bangunan tradisional Korea.

Wisatawan kerap wara-wiri di area ini untuk berfoto. Sembari memakai pakaian tradisional Hanbok.

Hanok Village juga mempunyai cukup banyak fasilitas seperti hotel dan persewaan Hanbok. Wisatawan bisa merasakan bagaimana bermalam dalam rumah tradisional ala masyarakat kuno.

Cheonggyecheon River

Cheonggyecheon River

Cheonggyecheon River merupakan wisata di Korea Selatan yang belum lama ini viral. Awalnya memang tidak memiliki tampilan visual yang indah.

Namun pemerintah Seoul melakukan renovasi sehingga menghasilkan sungai yang nyaman. Banyak warga lokal yang turut menghabiskan waktu untuk sekedar bersantai di pinggiran sungai.

Sungai Cheonggyecheon merupakan landmark kebanggaan masyarakat Seoul. Cukup banyak drama Korean yang beradegan dengan latar Cheonggyecheon.

Sempatkan membuat foto yang instagenic kala mengunjungi sungai Cheonggyecheon.

Myeong-dong District

Myeongdong Neon at Night Seoul

Myeong-dong District  adalah wisata Korea Selatan rekomendasi pecinta belanja. Anda bisa menemukan banyak sekali produk menarik.

Mulai dari kosmetik hingga fashion semua bisa wisatawan temukan di lokasi ini. Harga yang ditawarkan juga ramah bagi Anda.

Sehingga tidak akan membuat pengeluaran berlebihan. Aneka pakaian yang mereka pasarkan, umumnya adalah tren terbaru di Korea.

Gangnam District

Gangnam Seoul

Kawasan Gangnam merupakan tempat wisata di Korea Selatan yang terkenal elit. Sejumlah manajemen artis juga berkantor di kawasan Gangnam.

Mungkin saja saat Anda berkeliling, bisa melihat bintang favorit melenggang. Gangnam menjadi lokasi berbelanja produk terkenal.

Termasuk pusatnya restoran mahal dan mall terbesar di Korea. Mall COEX berlokasi di Gangnam sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar.

Meski demikian beberapa sudut Gangnam masih mempertahankan unsur lawas Korea Selatan. Silahkan belajar membuat keramik atau menikmati keindahan lukisan antik melalui kelas workshop Horim Art Center.

Bahkan terdapat pula museum untuk sejarah kosmetika tradisional dan baju tradisional Korea, Coreana Art & Culture Complex. Dibalik gemerlapnya Gangnam, masih ada pula kuil Bongeunsa di antaranya.

Hongdae

Wisata Korea Hongdae

Hongdae terletak di kawasan Universitas Hongkik, otomatis menjadi wisata Korea Selatan yang didominasi kaum muda. Wisatawan bisa pula berbaur dengan para mahasiswa dengan pergi ke club malam atau hiburan arrcade.

Terdapat banyak sekali cafe-cafe tematik nan menarik yang intagenic. Selain itu mencicipi jajanan seperti kue ikan dan tteokbokki di pinggir jalan.

Tentu rasanya sangat khas pemandangan drama Korea. Rasanya pun sangat otentik dan pastinya ramah di kantong.

Anda juga bisa menikmati penampilan para seniman jalanan yang sangat profesional.

Ihwa Mural Village

Ihwa Mural Village

Menyukai seni mural yang cantik? Masukkan Ihwa Mural Village sebagai pilihan tempat wisata di Korea Selatan selanjutnya.

Kawasan ini sepanjang jalannya penuh dengan lukisan mural yang sangat cantik. Pengunjung bisa mengabadikannya dalam jepretan kamera.

Gamcheon culture village

Gamcheon culture village

Sebenarnya kawasan penuh dengan mural bukan hanya Ihwa Mural Village saja. Melainkan di Gamcheon Culture Vilage.

Bedanya, pengunjung akan melihat latar belakang rumah-rumah yang di cat berwarna-warni. Spot foto tersebut merupakan lokasi pilihan wistawan sehingg cukup populer. Lukisan mural di seluruh kawasan ini tidak kalah ikoniknya juga.

National Gwacheon Science Museum

tempat wisata di Korea Selatan National Science Museum

Pilihan terakhir untuk rekomendasi lokasi wisata di Korea Selatan adalah National Gwacheon Science Museum. Terbuka untuk umum sejak tahun 2008, tepatnya di bulan November.

Pengunjung diajak bersama-sama mempelajari berbagai fenomena alam. Seperti gempa bumi, topan, tornado, termasuk melihat fosil purba dari dinosaurus.

Mengunjungi National Gwacheon Science Museum pada bulan April, akan membuat Anda melihat bunga-bunga Sakura mekar dengan sangat indah.

Hingga daun-daun maple yang mulai berubah warna menjelang musim semi.

Berkunjung ke Museum Sains Nasional Gwacheon Terbesar di Dunia

Museum Sains Nasional Gwacheon menjadi lokasi eduksi sains terbesar dan paling lengkap. Bukan hanya tingkat Asia melainkan seluruh dunia.

Lantaran memiliki 2.400 koleksi tersebar di atas gedung seluas 49.582 mtr. Jika Anda perhatikan bangunan luar museum menggambarkan UFO yang futuristik.

Ruang pameran terbagi atas beberapa wilayah gedung utama, diantaranya adalah Aula Sains Dasar, Aula Sains Teknologi Lanjutan, Aula Anak-anak, Sejarah Alam, Sains Tradisional Korea.

Termasuk juga ruang untuk planetarium, observasi astronomi, insectarium, eco-park, dan masih banyak lagi. Luangkan waktu khusus satu hari agar maksimal menjelajahi Museum Sains Nasional Gwacheon.

Penutup

Berwisata Korea Selatan, tidak menuntut seseorang menyiapkan budget besar. Wisatawan dapat berlibur dengan nyaman. Asalkan pandai dalam mengatur keuangan selama perjalanan.

Padukan pula agenda perjalanan tempat wisata di Korea Selatan. Antara wisata budaya, wisata edukasi, wisata alam, wisata belanja dan banyak lagi. Buat sendiri cerita petualangan Anda mengandalkan daftar lokasi liburan dari kami.

Demikian pembahasan seputar 15 destinasi wisata di Korsel, semoga membantu.