Sejak dunia pertama kali menemukan Cina dalam tulisan petualang Marco Polo di lebih dari 700 tahun yang lalu. Dan salah satu negara Asia terbesar ini dianggap sebagai perwujudan dari yang misterius dan eksotis.

Sampai saat ini pun, dengan perkembangan teknologi dan ekonomi di Cina, negara ini tidak kehilangan daya tarik wisatanya karena memiliki tempat wisata yang menakjubkan. Bahkan juga termasuk salah satu tujuan wisata di Asia paling populer di dunia. Berikut ini beberapa tempat wisata di Cina yang populer dan patut untuk dikunjungi.

Tembok besar Cina

tembok besar cina

Beijing adalah ibu kota Tiongkok yang menjadi tujuan wisata paling populer, salah satu tempat wisatanya adalah Tembok Besar Cina. Pada awalnya, konstruksi tembok ini dibangun untuk melindungi perbatasan Tiongkok di awal 476 SM. Dengan tinggi rata-rata 6-8 m namun beberapa hingga 16 m, Tembok Besar Cina membentang lebih dari 6000 km dari benteng Shanhaiguan di timur sampai ke Jiayuguan di dibarat, melewati Hebei, Tientsin, Beijing.

Bagian tembok yang paling terpelihara dan bisa dikunjungi adalah tembok besar Cina di bagian Mongolia Dalam, Ningxia, dan Gansu. Selain itu, Badaling merupakan salah satu bagian yang paling populer mengingat aksesnya yang mudah untuk dilewati dan didaki.

The Forbidden City & Istana Kekaisaran, Beijing

The Forbidden City

Dulunya hanya sebagai rumah selir, kasim, dan bangsawan, saat ini Kota terlarang atau The Forbidden City sudah menjadi salah satu tempat wisata di Cina terbaik dan terpopuler. Bangunan ini sudah ada sejak Dinasti Yuan antara tahun 1271-1368. Di dalamnya terdapat banyak istana indah yang pernah ditinggali Kaisar Ming dan Qing, yang bisa  dimasuki oleh keluarga kekaisaran.

Butuh waktu berjam-jam untuk melihat semua bangunan disini, meliputi 5 jembatan sungai emas dari marmer putih, Aula harmoni tertinggi yaitu 35 m yang menampung tahta kekaisaran, Aula pelestarian harmoni tempat penjamuan kaisar yang sangat indah, dan Museum Istana dengan berbagai koleksi seni dan artefak dari Dinasti Ming dan Qing. Selain itu terdapat Lapangan Tiananmen yang terkenal dan juga Kuil Surga yang merupakan salah satu situs keagamaan paling penting di Cina.

Sungai Li & Yangshuo, Guilin

Li & Yangshuo

Kota Guilin yang berada di sudut timur laut Guanxi, memiliki pemandangan pedesaan paling indah di Cina dan dikenal dengan Sungai Li yang berkelok-kelok melalui kota dan pegunungan karst di sekitarnya. Pemandangan tersebut memikat hati banyak seniman pelukis dan penyair Tiongkok untuk membuat karya yang terinspirasi dari keindahannya.

Cara terbaik menikmati tempat ini adalah dengan berlayar di sepanjang Sungai Li. Bentangan paling populer adalah dari Guilin ke Yangsuho, dimana sungai berkelok-kelok melalui sekitar 80 km formasi batuan yang indah, dan gua-gua dengan nama yang romantis seperti “Mount of Unique Beauty, Elephant Trunk Hill, dan Reed Flute Cave”. Lama perjalanannya tergantung dari kapal yang dipilih, bisa dengan kapal pesiar wisata hingga perahu-perahu kecil.

The Terracotta Army, Xi’an

The Terracotta Army

Salah satu tempat wisata di Cina paling populer di kalangan wisata asing yang terletak di Xi’an adalah The Terracotta Army. Tempat ini dianggap sebagai salah satu situs arkeologi terbesar di dunia, yang memiliki lebih dari 6.000 prajurit dan kuda terakota sukuran manusia, dengan ekspresi dan pose yang berbeda.

Semua itu mewakili tentara Tiongkok yang berperang pada tahun 475-221 SM. Sebenarnya, tentara Terracotta telah bersembunyi di bawah tanah selama lebih dari 2.000 tahun, namun pada tahun 1974 para petani setempat menggali sumur dan menemukan situs arkeolog ini. Berdiri di depan kumpulan tentara dan kuda ini menawarkan pengalaman tak terlupakan karena seolah-olah sedang memeriksa parade berusia berabad-abad.

Pangkalan Penelitian Penangkaran Panda Raksasa, Chengdu

Chengdu

Hewan apa yang terpikirkan ketika menyebutkan Cina? Pastinya adalah Panda. Karena Cina memiliki berbagai kebun binatang dengan banyak spesimen bagus dari hewan ini. Salah satunya adalah di Pangkalan penelitian penangkaran panda raksasa di Chengdu, provinsi Sichuan.

Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan sebanyak 80 panda menjalani rutinitas harian mereka seperti mencari makan dan bermain di taman besar. Selain itu, pengunjung juga bisa memiliki pengalaman unik dengan mendaftar salah satu program sukarelawan untuk bisa memberi makan, merawat, dan bahkan menggendong bayi panda.

Sungai Yangtze & Tiga Ngarai

Yangtze River

Tiongkok dikenal sebagai “Chang Jiang” atau sungai panjang, karena memiliki sungai-sungai yang panjang salah satunya adalah Sungai Yangtze. Sungai ini membentang lebih dari 6.000 km dan menjadi sungai terpanjang dan terpenting di Cina. Menjadi sungai terpanjang ketiga di dunia setelah Amazon dan Sungai Nil.

Sungai Yangtze bisa dikunjungi di banyak titik, dan yang paling populer adalah di Tiga Ngarai yang indah yaitu Qutang, Wu, dan Xiling. Tidak hanya bisa menikmati derasnya air, namun juga bisa menikmati sungai yang mengalir melalui ngarai dan tebing terjal, serta puncak gunung yang tinggi dalam hamparan pemandangan sedramatis Grand Canyon.

Leshan Giant Buddha, Sichuan

Leshan Giant Buddha

Berada di kaki gunung di sepanjang sungai, dan sangat besar, membuat Buddha Raksasa Leshan dahulunya merupakan salah satu tempat wisata di Cina underrate. Dan sejak dibangun kembali, tempat yang telah da sejak tahun 713 M ini sudah menjadi tempat yang sangat indah dan suci. Di tempat ini terdapat Buddha raksasa setinggi 71 m yang spektakuler.

Ukiran dan patahan bebatuan di sekitar patung membuat kawasan ini menjadi lebih menarik untuk dinikmati. Ditunjuk sebagai situs warisan dunia Unesco, Buddha Raksasa terus menarik banyak peziarah dari seluruh dunia. Lokasinya yang menghadap ke sungai bisa menimbulkan suasana yang menenangkan.

Goa Mogao, Dunhuang

Goa Mogao

Goa Mogao adalah salah satu warisan budaya dunia UNESCO di tahun 1987 yang terkenal dengan mural dan patung Buddha yang sangat indah. Goa ini menyimpan 492 goa yang diukir mulai tahun 366 M dan menyimpan seni dan patung Buddha selama ribuan tahun.

Ukiran gua dan relief yang bervariasi, hingga Gua 096 yang berlantai 9 yang merupakan tempat paling menonjol di tempat ini. Dan juga terdapat patung buddha yang menjulang tinggi di dalamnya setinggi 35 m yang dikelilingi lukisan yang rumit.

Untuk masuk ke tempat yang digunakan untuk meditasi dan pemujaan orang Tiongkok ini, hanya 6.000 pengunjung yang diizinkan perharinya dan akan dipandu setiap kelompoknya. Tidak ada foto yang diizinkan di dalam gua, dan sebaiknya membawa senter kecil ketika melakukan tur.

The Bund, Shanghai

The Bund

The Bund adalah salah satu simbol arsitektur Shanghai paling terkenal, yang memamerkan dunia dengan gedung-gedung kolonial Eropa dan gedung pencakar langit di sisi lain Huangpu, tempat distrik bisnis terkemuka di dunia. Sehingga ketika berjalan-jalan di sepanjang sungai Huangpu Jiang, maka bisa saja hampir lupa bahwa masih berada di tengah kota terbesar Cina, karena nuansa Eropanya yang sangat kental.

The bund populer dengan 52 bangunan yang dipengaruhi Inggris dan Prancis, dan terdapat berbagai tempat seperti restoran, kafe, toko, dan galeri seni. Untuk pemandangan terbaik, bisa mengunjungi Menara Mutiara Oriental setinggi 468 m di seberang sungai.

Gunung Salju Jade Dragon, Lijiang

Jade Dragon Mountain

Jika ingin menikmati suasana salju, bisa mengunjugi Gunung Salju Jade Dragon di Lijiang. Tempat wisata di Cina yang dianggap suci oleh orang Naxi ini merupakan pegunungan yang tertutup salju terdekat ke ekuator di luar Andes. Terdapat gletser, ngarai, air terjun, dan bunga azalea yang berwarna-warni di ketinggian berbeda, dan yang paling indah adalah puncak gunung yang bersalju.

Jade Dragon adalah salah satu tujuan hiking populer. Melewati kereta gantung dan mendaki gunung tinggi menikmati keindahan dan kehebatannya. Pengunjung juga akan melintasi padang rumput untuk melewati hutan menuju padang rumput di kaki selatan pegunungan.

The Potala Palace, Tibet

The Potala Palace

Tempat wisata di Cina bersejarah yang paling dikenal adalah Istana Potala yang megah di Kota Lhasa, Tibet. Selain merupakan simbol Tibet, pada tahun 1994 bangunan ini dinyatakan sebagai situs warisan budaya dunia UNESCO.

The Potala Palace merupakan rumah harta karun yang sangat besar dari material dan artikel dari sejarah, agama, budaya, dan seni Tibet, serta dikenal luas dengan pahatan, mural, kitab suci, patung Buddha, barang antik, dan perhiasan religiusnya.

Terdapat dua bagian yaitu Istana merah yang berisi kompleks kuil terpenting dan banyaknya aula luas yang didedikasikan untuk ajaran agama dan makan. Selanjutnya Istana Putih yang berisi tempat tidur, ruang belajar, dan ruang resepsi yang paling tidak tersentuh sejak 1959. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Taman Permata yang luar biasa ketika mengunjungi tempat wisata satu ini.

Danau Bersejarah Hangzhou

Hangzhou Lake

Hangzhou terkenal sebagai “surga bumi” di Cina karena lanskapnya yang sangat indah. Salah satu tempat wisata di Cina bersejarah ini merupakan danau dengan hamparan air seluas 6 km2 di jantung kota.

Danau ini merupakan tempat yang tenang dengan pegunungan yang mengelilinginya, terdapat pagoda dan juga jembatan lengkung bergaya Cina yang menambah suasana jalan setapak yang dijajari pepohonan dan perbukitan hijau ini menjadi sangat nyaman.

Untuk bisa menikmati keindahan danau ini, pengunjung bisa bersepeda santai di sekitar danau, berjalan kaki, ataupun melakukan pelayaran singkat di danau.

Taman Hutan Nasional Zhangjiajie , Hunan

tempat wisata di cina

Kadangkala terdapat tempat wisata yang jarang dikunjungi namun memiliki keindahan yang spektakuler, salah satunya Taman Hutan Nasional Zhangjiajie ini. Terletak di Hunan, tempat wisata di Cina yang sudah banyak dijadikan latar film box office ini membutuhkan upaya untuk bisa sampai disini. Meskipun begitu, ketika sudah sampai maka bisa melihat keajaiban alamnya.

Di tempat ini terdapat atraksi buatan Bailong Elevator, yaitu angkat seratus naga yang bisa mengangkat 50 orang hingga 326 m ke langit dalam waktu kurang dari 2 menit, dan nantinya bisa menawarkan pemandangan dramatis dari atas.

Selain itu juga terdapat Jembatan Kaca Zhangjiajie  yang digembor-gemborkan sebagai jembatan penyeberangan tertinggi di dunia. Berdiri 300 m di atas tanah dan memanjang 430 m di sepanjang permukaan tebing yang spektakuler merupakan atraksi yang direkomendasikan bagi para petualang.