6 Tempat Wisata di Belanda yang Sayang Terlewatkan – Belanda merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa Barat. Negara satu ini sebagian besar wilayahnya  hasil reklamasi air laut. Bahkan letak geografisnya berada di bawah permukaan laut.

Kebanyakan wisatawan yang datang berkunjung, segera mengeksplorasi Amsterdam sebagai Ibu Kota Netherlands. Padahal selain itu, masih terdapat kota-kota lain yang tak kalah seru untuk Anda kunjungi. Seperti kota Rotterdam, Delft, Utrecht, Leiden, dan juga Den Hag.

Rasanya akan sulit menjelajahi kota dengan sejuta kanal tanpa itinerary. Melalui artikel ini, berlibur di negara Orange akan jaul lebih terarah. Anda bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata, hanya berjalan kaki atau mungkin bersepeda.

Maklum saja, harga tiket kereta cukup mahal sehingga berjalan kaki bisa menghemat pengeluaran. Berikut adalah daftar tempat wisata di Belanda yang wajib Anda kunjungi. Check this out!

Pilihan Tempat Wisata di Belanda

Bergerak ke provinsi utara Holland, terdapat Ibu Kota Amsterdam yang gemerlap dan memikat. Gaya bangunan modern bercampur dengan klasik. Kesan asimiliasi budaya sangat tajam terasa begitu Anda keluar dari bandara Schiphol.

Selain gaya hidup kosmopolitan, wisatawan juga bisa mengeksplorasi museum-museum peninggalan sejarah. Meskipun hingga malam menjelang, gempita Amsterdam dapat Anda rasakan dari balik jendela kamar.

Bagi wisatawan yang gemar bersepeda bisa menyewa sepeda dengan biaya relatif. Sediakan saja budget sekitar 30€ untuk berkeliling seharian. Meski saran penulis, lebih baik berjalan kaki karena efektif dan pastinya gratis.

Westerkerk atau Gereja Barat

Westerkerk

Westerkerk terkenal sebagai tempat wisata  di Belanda yang ikonik. Lantaran pada tahun 1966, Ratu Beatrix melangsungkan pernikahanya di gereja tersebut. Bangunan gereja memiliki bentuk arsitektur Gothik. Diadaptasi dari gaya interior dan eksterior era Renaisans.

Terdapat menara dengan ketinggian 85 mtr yang disebut Langer Jan atau Jenderal Jhon. Pada bagian puncak menara, replika mahkota milik Kaisar Maximilian Austria diletakkan. Hal ini sebagai bentuk penghormatan mengenang jasanya. Karena dianggap telah menyembuhkan penyakit dari Amsterdam.

Keunkenhof

Keunkenhof

Berminat melihat atraksi terbesar tempat wisata di Belanda? Maka Anda wajib mengunjungi Keukenhof atau The Garden of Europe. Merupakan taman terbesar setelah Miracle Garden di Dubai. Wisatawan akan termanjakan oleh warna-warni bunga tulip.

Letak The Garden of Europe masih sekitar Amsterdam, namun Anda perlu menempuhnya dengan kereta. Pilih kereta atau bus yang menuju Bulb, yaitu wilayah perbatasan antara Amsterdam dan Den Haag. Pada musim gugur sekitar 7 juta bibit batu ditanam, sehingga menghasilkan pemandangan yang luar biasa.

Bukan hanya bunga, Anda bisa mengunjungi pasar tradisional dan mengikuti parade. Selama memungkinkan sepanjang tahun Holland penuh dengan berbagai Parade. Sebaiknya mengunjungi Keukenhof pada musim semi. Agar melihat bunga-bunga yang bermekaran.

Rijksmuseum

Tempat Wisata di Belanda Rijksmuseum

Rijksmuseum berada di Amsterdam tak terlalu jauh dari komplek museum lainnya. Tercatat sebagai museum bersejarah dan terbesar di Belanda. Tak ada salahnya memasukkan nama Rijksmuseum dalam destinasi wisata wajib. Jika Inggris punya British Museum, nah Belanda ini punya Rijksmuseum.

Anda bisa melihat jadwal acara yang ada di museum ini di rijksmuseum.nl.

Bagi masyarakat Belanda museum satu ini merupakan yang paling bergengsi. Sebab lukisan karya Vermeer dan Rembrandt tersimpan apik sebagai mahakarya utama. Meski sempat direstorasi tahun 2013, lukisan zaman keemasan Belanda selalu dipamerkan.

Anne Frank Museum

anne-frank-museum

Menyukai cerita sejarah? Pastinya Anne Frank Museum menginspirasi Anda. Terletak di Pringsengracht, terdapat museum yang dahulu merupakan tempat tinggal Anne Frank sekeluarga. Mereka bersembunyi dari pencarian tentara Jerman selama Perang Dunia II.

Namun yang membuat Anne dan keluarganya diburu. Lantaran mereka adalah imigran gelap Yahudi yang melarikan diri dari Kota Frankfurt, Jerman. Anne yang masih muda menulis buku harian dalam persembunyiannya. Buku tersebut menjadi salah satu buku terlaris dunia pasca Perang Dunia II.

Efteling Amusement Park

Efteling Amusement Park

Tercatat sebagai taman hiburan tertua, masa pembangunan Efteling mulai pada tahun 1952. Berlokasi di kota kecil bernama Kaatsheuvel, South Holland. Meskipun jauh dari pusat kota, Efteling merupakan daya tarik bagi Wisatawan. Ukurannya bahkan lebih besar dari Disneyland.

Taman hiburan terbagi atas empat area atraksi, semua memiliki tema. Mencangkup area hiburan keluarga, taman terbuka hijau, teater, area musik, bar, hotel, dan juga restoran. Berkunjung bersama teman-teman dan keluarga pastinya sangat seru ke tempat wisata di Belanda satu ini.

Windmill Kinderdijk

kinderdijk-

Ke Belanda tetapi belum mengunjungi kincir angin? Apa kata dunia? Kinderdijk merupakan kincir angin tertua yang ada di Holland. Bahkan mendapat perlindungan dari 19 negara termasuk UNESCO. Bentuk aristekturnya kerap kali menjadi latar belakang foto ikonik para wisatawan.

Tercatat dalam sejarah Belanda, Kinderdijk mulai dirancang pada tahun 1740. Pada proses pembangunanya harus menguras Alblasserwaard sebagai pencegahan banjir. Anda juga bisa mempelajari cara pengelolaan air secara langsung.  Setiap periode April hingga Oktober, generator kuno kincir angin terbuka bagi umum.

Untuk menuju ke lokasi Kinderdijk, Anda bisa menggunakan kereta api, mobil dan bus. Sejumlah perusahaan wisata bahkan menawarkan perjalan memakai perahu. Hanya saja perahu wisata biayanya sedikit lebih mahal. Demikian pambahasan seputar tempat wisata di Belanda, semoga bermanfaat.