Beberapa tempat wisata di Ambon dan sekitarnya kepopulerannya mulai meningkat di kalangan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Beberapa travel agent pun mulai melirik destinasi wisata di Indonesia bagian Timur ini. Mereka mulai menyediakan paket liburan sampai open trip ke destinasi tersebut. Tempat wisata yang namanya kini sudah dikenal di kalangan wisatawan adalah Banda Neira atau Pantai Ora.

Selain tempat-tempat tadi, wilayah Ambon dan sekitarnya masih memiliki destinasi menarik lainnya, salah satunya adalah tempat wisata yang mirip dengan Desa Penari yang sempat viral tersebut. Mau tahu apa saja tempatnya? Ikuti ulasan berikut ini.

 

Tempat Wisata di Ambon

Kepulauan Banda
Salah satu kepulauan yang menjadi tujuan para pelancong yang berlibur ke tempat wisata Ambon dan sekitarnya adalah Kepulauan Banda. Kepulauan ini mempunyai sekitar 11 pulau. Banda merupakan satu-satunya pulau penghasil rempah-rempah yang memiliki nilai tinggi. Kamu masih ingat dengan pelajaran sejarah tentang bagaimana pulau ini menjadi perebutan beberapa negara Eropa yang datang ke Indonesia? Di abad ke-19, sejarah dunia dipengaruhi oleh kepulauan ini.

Beberapa tempat terkenal yang ditawarkan dalam paket liburan atau open trip adalah Pulau Banda Neira dan Pulau Sjahrir. Kepulauan ini menawarkan wisata alam juga sejarah.Keunikan pulau ini adalah memiliki pasir putih yang indah dan deburan ombak yang tak terlalu besar. Selain itu, pulau ini juga mempunyai keindahan biota bawah laut yang menakjubkan. Saat menyelam Anda akan melihat berbagai jenis ikan serta terumbu karang yang masih terjaga.

 

 

Pulau Pisang
Apa yang terbayang di benakmu jika mendengar nama Pulau Pisang? Ternyata di pulau ini kecil ini adanya perkebunan kelapa dan pala bukan pisang. Pulau ini jumlah penduduknya haya 50 orang. Nama lain dari pulau ini adalah Pulau Sjahrir. Itu karena beliau sering bertandang ke pulau ini. Pulai ini adalah tempat favoritnya. Di sini juga terdapat sebuah spot diving yang terletak di Tanjung Pisang.
Tanjung Pisang juga berada di pulau ini yang menjadi spot populer bagi para pecinta diving, disana rata-rata kedalamannya sekitar 18 meter dan kedalaman maksimalnya sekitar 25 meter.

 

 

Pulau Kapal
Tempat wisata di Ambon dan sekitarnya mempunyai sebuah pulau yang unik berbentuk kapal. Nama Pulau ini bernama Pulau Kapal yang terletak kira-kira 7 km dari Langgur yang berada di Maluku Tenggara. Menurut penduduk setempat, dipercaya dulu leluhur mereka yang berasal dari Bali tiba di Kei dengan menggunakan kapal. Sayang, kapal tersebut karam dan akhirnya berubah jadi batu. Pulau yang masuk dalam paket liburan dan open trip ini merupakan tempat yang asyik untuk snorkeling. Nikmati, pantai biru dengan air yang jernih dan karang-karang yang indah.

 

 

Pulau Suanggi
Berada dekat dengan Pulau Run, Pulau Suanggi merupakan bagian dari Kepulauan Maluku. Nama Suanggi ini terkenal karena mitosnya. Jika kamu pernah mendengar mitos tentang Desa Penari, di Maluku juga terdapat sebuah Pulau yang memiliki aroma horor seperti desa tersebut. Pulau Suanggi dijuluki sebagai Pulau Batu Timbul.

Ini karena pulau ini terbentuk dari karang-karang yang muncul di tengah laut. Pemandangan yang bisa disaksikan di sini adalah mercusuar yang telah dibuat sejak pada awal 1900-an. Selain itu pengunjung juga bisa melihat burung laut bersarang.

Nah, itulah tempat wisata di Ambon yang layak untuk Anda dikunjungi, semoga bisa menjadi referensi liburan Anda bersama rekan dan keluarga!