Sebagaimana kota lainnya di Jawa Barat, Kuningan pun menyuguhkan banyak destinasi menarik, salah satunya Telaga Biru Kuningan. Destinasi ini jadi satu dari sekian tempat wisata di Kuningan yang rekomended buat dikunjungi saat liburan akhir pekan.

Ingin tahu keseruan apa saja yang bisa kamu nikmati di sini dan berapa budget yang perlu disiapkan? Simak dulu ulasan berikut selengkapnya.

Sekilas Tentang Telaga Biru Kuningan

Telaga Biru Kuningan atau Telaga Biru Cicerem merupakan sebuah telaga atau situ alami yang berada di lereng Gunung Ciremai. Telaga ini memiliki kedalaman sekitar 5 meter dengan dasar yang dipenuhi bebatuan dan tumbuhan air berwarna hijau. Hal inilah yang membuat air telaga tersebut memiliki bias warna hijau kebiruan jernih yang memanjakan mata.

Selain warna airnya yang jernih, ternyata di telaga tersebut juga jadi habitat ikan asli dengan warna-warninya yang cantik. Uniknya, meski banyak ikan namun air telaga tidak berbau amis sedikit pun. Tak heran, banyak pengunjung yang suka bermain air dan berenang di sekitar telaga ini.

Apalagi, cuacanya yang sejuk membuat siapapun yang berkunjung ke tempat ini akan merasa nyaman karena cukup sejuk dan asri. Ini karena letak Telaga Biru Kuningan memang berada di ketinggian sekitar 315 mdpl dengan suhu rata-rata antara 19-28° C.

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan

telaga biru kuningan 2

sumber : tribunnews.com

Selain berenang dan main air di sekitar telaga dengan air yang jernih ini, kamu juga bisa berburu spot foto selfi, lho. Banyak spot-spot kece yang instagramable dengan berbagai background buat jadi feed di media sosial kamu. Dari tema bunga-bunga, hingga ayunan di tengah telaga.

Kamu juga bisa menyewa kapal karet atau naik perahu kayu buat berkeliling di tengah telaga yang cantik. Sambil memberi makan ikan-ikan yang hidup di telaga tersebut. Hal ini bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menenangkan, bisa bikin penat sehabis kerja hilang sebentar.

Tarif Masuk ke Telaga Biru Kuningan

Untuk berkunjung ke Telaga Biru Situ Cicerem Kuningan, kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Lantaran tarif masuk ke tempat wisata di Kuningan yang satu ini cukup terjangkau. Sehingga cocok buat jadi destinasi liburan keluarga yang murah meriah tapi seru dan mengesankan..

Di tempat wisata yang satu ini, tiket masuk bukan dihitung per orang tetapi dari kendaraan yang digunakan. Untuk motor cukup dengan Rp 5.000, dan Rp 10.000 untuk mobil dan kendaraan besar lainnya, seperti bis atau minibus disesuaikan. Jam operasional Telaga Biru Kuningan sendiri dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, jadi pastikan agar tidak terlewat jika jalan-jalan ke Kuningan.

Rute Perjalanan ke Telaga Biru Cicerem Kuningan

Ingin pergi liburan ke Telaga Biru Kuningan tapi belum tahu lokasinya? Jangan khawatir, karena banyak papan penunjuk jalan yang tersedia. Berlokasi di desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan – Jawa Barat, destinasi ini cukup mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Objek wisata ini sendiri berjarak sekitar 30 km dari Taman Purbakala Cipari, dan sekitar 60 km dari pusat kota Kuningan. Jadi sekalian jalan-jalan, kamu bisa datang ke dua tempat sekaligus. Berikut rute singkatnya.

  • Dari arah Cirebon atau Kota Kuningan, lewat Jl. H.Juanda lalu ambil arah Nanggeleng-Cirahayu.
  • Ikuti jalan hingga bertemu bundaran Taman Kunci Bersama. Ambil arah kanan ke Jl. Siliwangi sampai ke Jl. Raya Jalaksana, lanjut ke Jl. Raya Cilimus melalui Alun-alun Cilimus.
  • Lalu ambil arah ke Jl. Mandirancan sampai ke Cirea dan ambil jalan arah Cirea-Pasawahan, lanjut hingga sampai Tugu Macan Mandirancan. Belok kiri sampai bertemu pertigaan.
  • Ambil arah kanan, ikuti jalan sampai melewati Paniis Singkup – Situ Pariuk. Sesampainya di perempatan, ambil arah kanan ke Jl. Pasawahan sampai di Polsek Pasawahan, ambil arah kiri ke Jl. Bina Lestari sampai Tugu Desa Manunggal. Ambil arah kiri ke Jl. Kaduela dan sampai ke lokasi.

Kamu bisa menikmati keindahan Telaga Biru Kuningan dengan sejumlah fasilitas yang sudah tersedia selagi liburan di sana. Dari mulai area parkir yang luas, warung wisata, gazebo, toilet, berbagai wahana permainan air hingga spot foto kece yang instagramable.

Tips Saat Liburan ke Telaga Biru Kuningan

Supaya liburan keluarga di Telaga Biru Kuningan jadi makin menyenangkan ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui, antara lain.

  • Pilih waktu berkunjung terbaik, waktu paling pas untuk mengunjungi destinasi ini adalah di waktu pagi. Karena cuaca masih segar dan belum banyak pengunjung lain yang datang, jadi bisa lebih puas bermain dan mengeksplorasi.
  • Datang bersama keluarga atau orang tercinta supaya liburan makin seru dan juga menyenangkan.
  • Siapkan OOTD terbaik agar bisa mengabadikan momen liburan sekaligus hunting foto kece di spot cantik Telaga Biru Kuningan.

Demikian tadi informasi singkat dan menarik tentang Telaga Biru Kuningan yang cocok buat jadi destinasi liburan seru di akhir pekan. Selalu berhati-hati, dan tetap jaga alam di sekitar kawasan Telaga Biru Kuningan dengan buang sampah pada tempatnya dan jangan melakukan kegiatan perusakan atau vandalisme, ya!