Situ Patenggang –  Tempat wisata seru dan indah di Bandung memang tak ada habisnya. Setiap sudut kota Bandung seolah menawarkan berbagai spot wisata tersendiri yang menarik untuk diulas. Seperti salah satunya danau indah di Ciwidey, yaitu Situ Patenggang. 

Situ sendiri merupakan diksi yang berasal dari bahasa Sunda, artinya danau. Sedangkan Patenggang dalam bahasa Sunda berarti ‘taengan’ atau ‘saling mencari’. Inilah yang membuat Danau Patenggang terkenal akan keindahan dan cerita rakyatnya.

Sekilas Tentang Situ Patenggang

Situ Patenggang Ciwidey

Situ Patenggang Ciwidey. Sumber: Wikimedia Commons

Danau Patenggang yang terkenal di Bandung ini erat kaitannya dengan cerita rakyat bernuansa romantisme. Kisahnya bermula dari Ki Santang dan Dewi Rengganis yang berpisah cukup lama. Keduanya saling mencari karena memendam rasa cinta yang dalam. Setelah cukup lama, Ki Santang dan Dewi Rengganis akhirnya bertemu di danau Patenggang ini. 

Dari sanalah Danau Patenggang dikenal sebagai salah satu spot wisata paling ikonik yang juga sering disebut dengan istilah Batu Cinta. Pada kisahnya, Dewi Rengganis sampai membuat perahu untuk mereka berdua agar bisa berlayar dan menjelajah dunia bersama Ki Santang. 

Menikmati Panorama Situ Patenggang

Jika Anda mencari spot wisata di Bandung yang masih alami dan menawarkan panorama indah, maka Danau Patenggang bisa jadi pilihan yang tepat. Di sini Anda dapat menikmati keindahan panorama danau yang terbentang luas dan diselimuti kabut putih sehingga menambah kesejukan.

Anda juga bisa merasakan sensasi romantis ala Ki Santang dan Dewi Rengganis dengan menyewa perahu untuk berkeliling danau. Jika Anda menggunakan perahu untuk mengelilingi danau, maka Anda akan menemui Batu Cinta yang ada di tengah danau. 

Tidak hanya itu, danau Situ Patenggang ini juga dipenuhi dengan banyak ikan dan para pengunjung pun diperbolehkan memancing. Anda boleh membawa peralatan memancing sendiri dan bersenang-senang dengan keluarga ataupun kerabat Anda. 

Lokasi dan Rute Situ Patenggang

Danau seluas 45.000 hektar yang terkenal sebagai salah satu spot wisata alam terindah di Bandung ini bisa Anda kunjungi dengan rute yang sangat mudah. Lokasinya terletak di Jl Ciwidey Ranca Bali, Bandung, Jawa Barat.

Dari kota Bandung, Anda bisa melaju ke Jl Jenderal Sudirman dan setelah melewati Alun-Alun Kota, lurus hingga bertemu bundaran. Belok kiri lalu masuk ke Jalan Tol Soreang-Pasir Koja, kemudian turun melalui Gerbang Tol Soreang dan masuk ke Jl Cipatik.

Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jl Soreang-Ciwidey sampai bertemu Jl Propinsi. Sesampainya di Jl Raya Ciwidey Anda bisa lurus terus sampai bertemu Kebun Strawberry Emte dan Wisata Air Curug Tilu. Setelah itu Anda bisa melihat spot wisata Danau Patenggang di ujung jalan.

Rute di atas menjadi yang paling mudah untuk diakses melalui jantung Kota Bandung. Bagi Anda para wisatawan bisa menyewa kendaraan atau menggunakan jasa pemandu wisata saat mengunjungi Danau Patenggang.

Tiket Masuk Situ Patenggang

Di tempat wisata ini terdapat banyak fasilitas penunjang untuk Anda yang berkunjung. Seperti salah satunya restoran berbentuk bahtera perahu berukuran besar yang disebut dengan nama Pinisi Resto. Makanan di Pinisi Resto kebanyakan menawarkan hidangan khas Sunda dan berbagai macam kuiner khas mancanegara. 

Sedangkan untuk tiket masuk ke Situ patenggang juga tergolong murah, hanya Rp 25 ribu saja. Anda juga bisa membeli tiket terusan seharga Rp 50 ribu untuk menikmati berbagai spot wisata lainnya. Seperti Glamping, Taman Kelinci, Pinisi View Poin, Teras Bintang, Jembatan Pinisi, dan Floatinglake Bridge.