Syarat dan Biaya Sekolah Pramugari – Selain sekolah penerbangan untuk pilot, sekolah pramugari juga banyak menjadi incaran. Tidak mengherankan karena pramugari profesi impian yang diimpikan oleh banyak orang. Saat ini sudah banyak sekolah yang membantu Anda memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk pramugari.

Orang yang bisa mendaftar pramugari harus mengikuti pendidikan lebih dahulu. Dengan ikut pendidikan ini Anda akan mendapatkan pengalaman dan juga ilmu yang dibutuhkan saat menjadi seorang pramugari. Tentunya Anda bisa semakin dekat dan berpeluang dekat untuk bisa bekerja sebagai pramugari tersebut.

Sekolah pramugari ini menjadi suatu program pendidikan airlines crew yang didalamnya ada petugas darat seperti staff pasasi, staff tiket, ground staff, staff bandara dan juga staf ramp, operator GSE, flight operation officer, petugas udara seperti cabin atau crew atau pramugari.

Syarat Menjadi Pramugari

Apa saja syarat masuk sekolah pramugari? Ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Syarat yang disebutkan disini adalah wajib sehingga tidak bisa ditawar lagi.  Syarat ini diperlukan agar bisa lolos dalam seleksi pramugari di maskapai maupun untuk masuk ke sekolah khusus pramugari. Umumnya beberapa syaratnya seperti berikut ini:

  • Bisa berbahasa asing. Bahasa inggris menjadi bahasa yang wajib dan menguasai bahasa asing lainnya seperti mandarin dan sebagainya akan menjadi nilai plus.
  • Memiliki service skill yang mumpuni.
  • Bisa berenang dan memiliki kemampuan lain yang bermanfaat dalam kondisi darurat.
  • Sehat jasmani, rohani, bebas narkoba, tidak memiliki tato yang terlihat, tidak buta warna dan juga tidak menderita penyakit hepatitis.

Selain beberapa syarat di atas, masih ada syarat fisik yang harus dipenuhi oleh kandidat seperti berikut ini:

  • Tinggi badan minimal 160 meter. Untuk maskapai yang internasional tingginya 170 centimeter.
  • Berat badan ideal dan juga sesuai dengan tinggi badan.
  • Gigi harus rapi dan bersih, selain itu wajah juga harus bersih.
  • Memiliki mata yang sehat. Untuk penggunaan softlens masih diperbolehkan namun tidak untuk kacamata.
  • Penggunaan hijab bagi beberapa maskapai akan diperbolehkan.

Biaya Sekolah Pramugari

syarat pramugari pesawat

Berapa biaya untuk sekolah pramugari? Pada dasarnya setiap sekolah ini memberlakukan biaya yang berbeda-beda.  Biaya yang harus ditanggung ada dua yaitu biaya pendaftaran dan juga biaya pendidikan.

Untuk biaya pendaftaran ini mulai dari 150 ribu rupiah, setiap instansi memberikan biaya yang berbeda. Sedangkan untuk biaya pendidikan mulai 25 juta rupiah.  Memang biayanya terlihat besar namun tenang saja biaya pendidikan tersebut bisa diangsur 5 sampai dengan 6 kali namun hal ini lagi-lagi sangat tergantung dengan instansi.

Biaya pendidikan tersebut belum termasuk dengan uang gedung. Bagi instansi memberlakukan asrama belum termasuk biaya asrama, catering dan juga laundry, biaya kebutuhan pribadi dan sebagainya. Biaya pendidikan yang ditawarkan sudah termasuk include sertifikasi kementerian perhubungan dan juga ujian negara, bahan seragam, baju olahraga, wings, name plate, ID Card, stocking dua warna, sepatu dan tas, biaya praktikum, dan sebagainya.

Tes Pramugari

Tes pertama adalah performance dimana kandidat akan dites apakah memenuhi kualifikasi atau tidak. Kedua psikotes dan tes bahasa inggris, tahap interview user atau pramugari senior yang ada di tempat tersebut, interview kompetensi.

Ada juga MEDEX atau Medical Examination meliputi rontgen pernapasan, ECG atau tes kesehatan jantung, tes kesehatan gigi, kesehatan mata, tes urine, tes darah, tes pendengaran, tes kesehatan tulang, dan tes fisik lainnya. Tes selanjutnya adalah ASKAM dan Pantukhir atau pemantauan terakhir.

Lalu berapa lama pendidikan pramugari tersebut? Lamanya pendidikan ini sama yaitu 3 sampai dengan 4 tahun lamanya. Ada jumlah SKS yang harus ditempuh dan juga dipenuhi agar bisa lulus dari sekolah khusus pramugari tersebut.

Demikianlah beberapa informasi tentang sekolah pramugari yang menarik untuk diketahui, pastikan jika memilih sekolah yang kredibel dan sudah memiliki izin operasional.