Jika Anda orang Bandung, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama wisata Sanghyang Heuleut Bandung ini. Sanghyang Heuleut Bandung merupakan salah satu tempat yang paling esoktis dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam menghilangkan rasa penat.

Meskipun tempat wisata di Bandung ini sangatlah indah-indah dan menarik untuk dikunjungi. Tapi, wisata yang bernama Sanghyang Heuleut di Bandung ini tidak kalah menarik untuk kita mampir kesini. Perjalanan menuju ke tempat ini juga cukup menyenangkan dan seru, karena ada beberapa pemandangan alam yang indah yang akan dilewati oleh Anda.

Tempat ini adalah suatu danau yang kecil dan memiliki warna yang jernih dan biru. Banyak juga titik-titik untuk mengambil spot foto yang terbaik. Apa saja sih yang membuat Sanghyang Heuleut di Bandung ini menjadi lebih menarik? Penasaran? Simak pembahasan di bawah ini.

Apa Sih yang Menarik dari Sanghyang Heuleut Bandung?

sanghyang heuleut bandung 1

sumber : genpi.co

Pada umumnya, Sanghyang Heuleut ini menjadi salah satu danau yang memiliki aliran air cantik yang mengalir diatas arus dari sungai yang bernama citarum purba. Yang menariknya lagi adalah, ada banyak warga yang masih percaya tentang tempat ini adalah salah satu tempat pemandian dari para bidadari.

Konon katanya, warga setempat mempercayai kalau bidadari yang mandi di tempat ini mempunyai waktu yang sangat berbeda dengan manusia biasa. Maka dari itu, tempat ini dinamakan dengan nama Sanghyang yang artinya adalah Bidadari. Sedangkan untuk nama dari Heuleut sendiri memiliki arti selisih antara 2 waktu.

Anda dapat membawa perlengkapan dari fotografi buat mengabadikan beragam macam momen di sekitar wisata yang satu ini. Sanghyang Heuleut Bandung dengan pemandangan yang indah dan menarik bisa membuat hasil foto selfi menjadi lebih keren dan kece.

Aliran airnya disini juga tidak terlalu deras, dan medan disini juga memiliki konturĀ  batu-batuan yang besar dan landscape diagonal. Inilah yang akan memudahkan kita untuk mencari titik-titik spot yang bisa membuat hasil fotonya menjadi lebih menarik dilihat dan siap untuk di posting ke media sosial kita.

Kapan Waktu Terbaik untuk Berkunjung?

Meskipun tempat ini menarik, Anda juga bisa mendapatkan pemandangan yang lebih menarik saat berkunjung kesini. Hanya saja Anda harus mengetahui tentang kapan waktu yang pas buat berkunjung kesana agar bisa menikmati keindahan Sanghyang Heuleut Bandung dengan maksimal.

Waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi kawasan yang satu ini, yaitu di pagi hari yang menjelang siang. Dapat perkirakan sekitaran jam 10 hingga sampai jam 11 yang merupakan waktu terbaik buat berkunjung kesini. Kawasan yang ada disini juga masih alami dengan adanya beragam macam pepohonan yang ada.

Sangat disarankan untuk Anda yang datang kesini, usahakan pulangnya jangan terlalu larut. Pasalnya jalanan dan kondisi yang ada disana gelap serta cukup berbahaya perjalanannya. Perhatikanlah dengan hal ini sehingga liburan Anda ke Sanghyang Heuleut yang ada di Bandung dapat berjalan dengan baik.

Alamat dan Rutenya

Alamat dari kawasan ini terletak di daerah Rajamandala Kulon, Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Dan lebih tepatnya lokasi dari wisata ini berada di daerah perbatasan antara Kabupaten Cianjur dan juga Kabupaten Purwakarta. Waktu tempuhnya bisa mencapai kisaran 1,5 jam.

Perjalanannya bisa Anda mulai dari pusat kota Bandung. Langsung saja melaju di Jalan Raya Bandung-Cianjur. Dan kemudian masuklah ke Gerbang Waduk Saguling letaknya tepat di bagian kiri jalan yang berkelok-kelok. Dari sini Anda akan melewati wisata yang bernama Sanghyang Tikoro.

Sesudah Anda melewatinya, sekitaran 200 meter Anda akan ketemu gerbang masuk di kawasan ini dengan satu pos serta warung yang menjadi titik awal dari perjalanannya. Mulai dari sini Anda akan menempuh perjalanan jalan kaki selama kurang lebih 2 jam.

Berapakah Harga Tiket Masuknya?

Setelah mengetahui pesona keindahan dari Sanghyang Heuleut Bandung, pasti rasa ingin pergi kesana sangat besar. Agar Anda bisa masuk ke kawasan ini, Anda harus menyiapkan biaya masuknya yang sebesar IDR 10.000 ditambah dengan biaya parkir motor IDR 5.000. Sedangkan biaya parkir untuk mobil bisa mencapai kisaran IDR 10.000.

Anda juga akan membutuhkan pemandu buat menemani Anda dalam perjalanan ke Sanghyang Heuleut ini. Biayanya bisa mencapai kisaran IDR 50.000 hingga sampai dengan IDR 100.000, tinggal bagaimana Anda menawarnya. Untuk menyewa pelampung agar tetap aman dan nyaman saat mandi di danau tersebut, biayanya bisa sampai IDR 20.000.

Meskipun biaya pengeluaran buat masuk ke kawasan Sanghyang Heuleut Bandung ini cukup banyak. Tapi, semuanya itu akan terlunaskan jika Anda sudah berada di kawasan tersebut sambil menikmati keindahan alam Sanghyang Heuleut ini. Sampai disini dulu ya untuk pembahasan kita pada hari ini. Semoga liburan Anda menyenangkan yaa. Terimakasih!