Pulau Sombori adalah salah satu surga tersembunyi yang berada di Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Destinasi wisata ini merupakan kawasan konservasi laut dengan luas sekitar 41.342 Ha. Di kawasan ini terdapat pulau kecil yang menjadi tempat hunian para nelayan dan sebagian lagi merupakan pulau tak berpenghuni. Wisata bahari Sulawesi Tengah ini diperkenalkan pada 21 November 2015 di acara Festival Bajo Pasakayyang.

 

Pulau Sombori
Wisata Bahari Sulawesi Tengah ini yang memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang cocok untuk snorkeling. Â Pulau ini juga dikatakan sebagai Raja Ampatnya Sulawesi karena sama-sama memiliki pulau-pulau karang seperti di objek wisata terkenal di Papua tersebut. Selain itu, pulau ini juga berhiaskan pasir putih yang cantik. Terkadang jika sedang beruntung, lumba-lumba dan hiu paus terlihat muncul ke permukaan. Tertarik untuk menjelajahi keindahan Pulau Sombori? Ini nih tempat-tempat yang wajib kamu sambangi saat berkunjung ke destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Tengah ini.

Sombori Hills
Untuk bisa melihat keindahan semua pulau-pulau yang ada di sekitar Pulau Sombori, kamu harus menaiki tebing tinggi yang berada Sombori Hills. Ketinggian puncak tebing ini sekitar 30 meter. Dari puncak ini kamu bisa dengan jelas menikmati pemandangan gugusan pulau yang mirip dengan yang ada di Raja Ampat. Untuk sampai di Sombori Hills, yang dikenal juga dengan nama Pulau Kayangan ini, kamu harus trekking lebih dulu. Meski bukitnya tidak terlalu tinggi tapi jalur pendakiannya lumayan sulit dan berbahaya. Batu-batuan tersebut rawan longsor selain tentunya tajam. Semua kelelahan akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa cantiknya, air laut yang bergradasi, toska dan biru serta rerumputan hijau.

 

 

Sombori Lagoon
Destinasi wisata bahari Sulawesi Tengah ini merupakan objek wisata yang aksesnya tidak sulit untuk dijangkau dari Pulau Sombori. Laguna ini memiliki pemandangan yang hampir sama dengan Laguna Labengki, yang berupa laguna dengan air laut berwarna biru toska yang jernih.

Pulau Mbokitta
Objek wisata di Provinsi Sulawesi Tengah ini masih bagian dari Kepulauan Sombori. Nama Mbokitta merupakan nama sebuah desa yang berada di Kecamatan Menuai Kepulauan. Untuk sampai di pulau ini dari Pulau Labengki memerlukan waktu kurang lebih 2 ~ 3 jam. Lamanya perjalanan bergantung jenis kapal yang dipakai. Di pulau ini hidup masyarakat Suku Bajo. Rumah-rumah mereka sebagian berupa rumah apung.

 

 

Pulau Koko
Masih berada di kawasan Pulau sombori, Pulau Koko adalah sebuah pulau kecil lengkap dengan pasir putih dan pepohonan kelapa. Pulau ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu mempunyai dua pantai yang terpisahkan oleh pasir putih. Air lautnya berwarna biru jernih dengan pantainya yang tenang. Jangan lupakan pemandangan bawah lautnya yang dihiasi ikan-ikan cantik dan terumbu karang yang akan menyambut mereka yang snorkeling. Di sini juga berdiri tebing tinggi menjulang yang menjadi lokasi favorit untuk berfoto.

 

 

Goa Allo
Tak hanya pulau, kepulauan Sombori juga memiliki objek wisata goa yang menarik. Goa Allo berada di perairan dan memiliki stalaktit mirip seperti kristal. Keunikan goa ini, yaitu memiliki dua bagian yang berbeda. Bagian sisi depan cukup terang sehingga sering digunakan untuk lokasi berfoto sementara bagian belakang tak ada cahaya alias gelap gulita. Di bagian atas goa terdapat jalan masuk kelelawar yang juga menjadi jalan cahaya masuk.

Bagaimana? Pulau Sombori sangat menawan bukan? Jadi, jika kamu jalan-jalan ke Provinsi Sulawesi Tengah, jangan lupa singgah di wisata bahari Sulawesi Tengah ini. Semoga dapat menambah wawasan anda dan anda bisa berkunjung ke tempat ini. Jangan lupa dishare bila bermanfaat,terima kasih telah membaca artikel ini.