Proyek pesawat R80 saat ini masih terus dilakukan meskipun mendapatkan banyak halangan. Rencananya memang jenis tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan penerbangan domestik Indonesia.

Namun apakah Anda tahu bagaimana spesifikasi dari pesawat masa depan ini. Memang hingga saat ini tahap produksinya masih dalam pengujian. Banyak kendala yang dialami oleh rancangan terbaru.

R80 adalah jenis pesawat berpenumpang 90 yang memiliki efisiensi tinggi. Berbeda dengan desain lainnya, jenis ini jauh lebih mudah dioperasikan, membutuhkan sedikit sumber daya, dan pastinya lebih murah.

Ada beberapa perbedaan mencolok dari jenis R80 dan pesawat domestik lainnya. Bagi Anda yang tertarik mengetahui desainnya pada bahasan berikutnya akan dijelaskan secara lebih lengkap.

Satu hal lagi, proyek besar dunia aviasi Indonesia itu juga menerima donasi dari berbagai pihak. Anda dapat melakukan donasi terhadap pengembangan proyek dengan mengunjungi halaman kita bisa.

Adanya halaman donasi tersebut dilakukan untuk menunjang pengembangan desain. Nantinya jika pesawat tersebut selesai maka dapat digunakan sebagai salah satu pilihan paling tepat penerbangan domestik.

Garuda Indonesia

Kelebihan Pesawat R80 

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, Ada beberapa keunggulan dasar dari rancangan bapak BJ Habibie dibandingkan dengan jenis lainnya. Salah satu kelebihan utama dari rancangan terbaru adalah jumlah penumpang yang dapat dibawa dalam sekali penerbangan.

Jika biasanya pesawat penerbangan domestik dapat mengangkut 50 penumpang maksimal, maka rancangan terbaru R80 dapat membawa 80 hingga 90 penumpang. Ini dikarenakan desain kabin yang lebih revolusioner.

Konsep utama dari desain tersebut ini adalah sebuah piranti untuk membawa penumpang dalam jumlah besar tanpa mengurangi efisiensi tenaga. Jadi pesawat R80 juga mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar jika dibandingkan desain lainnya.

Memang kemajuan seperti ini perlu diberikan dukungan kuat agar bisa segera terealisasi. Kemudian kelebihan lainnya dari proyek baru tersebut adalah lower operating cost. Tidak hanya bahan bakar saja yang irit namun secara keseluruhan.

Jadi mulai dari perawatan mesin, kalibrasi kokpit, hingga masalah perawatan suku cadang tidak membakar banyak biaya. Bagi sebuah negara berkembang tentunya rancangan seperti ini akan sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

Apalagi sudah menjadi rahasia umum jika operating cost dari sebuah pesawat terhitung mahal. Jadi dengan adanya desain R80 terbaru diharapkan sektor penerbangan tidak perlu lagi harus mengeluarkan terlalu banyak biaya perawatan.

Jadi kedepan dapat dilakukan pengembangan secara lebih maju untuk meningkatkan konsep penerbangan murah. Memang proyek ini adalah sebagai fundamental rencana besar dari bapak BJ Habibie.

Dukungan Internasional Terhadap Proyek Pesawat R80

Dunia internasional sudah banyak memberikan dukungan terhadap proyek R80. Jadi konsep yang ditemukan pada tahun 2013 dapat segera terealisasi. Salah satu negara yang memberikan dukungan kuat adalah Qatar.

Negara ini memiliki salah satu maskapai terbesar di dunia dan secara terbuka telah memberikan dukungan. Nantinya apabila sudah diproduksi Qatar Airlines berniat untuk membeli beberapa unit untuk kebutuhan penerbangan domestik mereka.

Saat ini Qatar memang memiliki banyak pesawat komersial untuk penerbangan internasional. Namun untuk masalah penerbangan domestik yang reliable negara ini masih kesulitan menemukan tipe paling tepat.

Adanya rancangan R80 menjadi sebuah angin segar untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu Qatar secara terbuka memberikan dukungan total pada berhasilnya proyek pesawat masa depan dari Indonesia.

Dukungan juga datang dari beberapa negara tetangga seperti Filipina dan Vietnam. Sebagai negara yang sama-sama berkembang tentu keduanya membutuhkan maskapai domestik terjangkau untuk memenuhi kebutuhannya.

Memang rancangan peninggalan bapak BJ Habibie sudah dilirik dunia internasional sejak awal dikemukakan. Jadi tidak salah jika nantinya akan banyak negara lain yang ikut menggunakan tipe R80 untuk penerbangan domestik mereka.

Saat ini proyek masih berada dalam tahap dua yaitu full scale development. Dengan adanya bantuan dana dari berbagai pihak pesawat R80 ini bisa lebih cepat selesai dari estimasi waktu awal.