Pesawat Pribadi Termahal di Indonesia – Tingkah orang kaya memang sering bikin jantung berdecak kagum. Seperti salah satunya saat para crazy rich di Indonesia membeli pesawat pribadi termahal yang bisa dipakai sesuka hati. Pesawat pribadi memang lebih nyaman dibanding pesawat komersil. Privasi sangat terjaga dan pastinya tak perlu berdesak-desakan karena seluruh ruang pesawat seratus persen milik Anda. 

Tapi untuk menikmati itu semua ada harga mahal yang harus dibayar. Selain harga pesawat yang mencapai miliaran rupiah, biaya perawatannya pun tak main-main. Setelah sebelumnya membahas deretan pesawat terbesar di Indonesia, berikut kami paparkan deretan pesawat pribadi termahal di Indonesia!

7 Pesawat Pribadi Termahal di Indonesia

Meski pendapatan per kapita negara Indonesia tergolong rendah, tapi jangan ragukan kemampuan para crazy rich di dalamnya. Setidaknya inilah 7 orang tajir melintir di Indonesia yang memiliki pesawat pribadi termahal.

Gulfstream – Chairul Tanjung

Pesawat Pribadi Termahal di Indonesia

Foto Pesawat Gulfstream. Sumber: Wikimedia Common

Sosok yang satu ini tak perlu diragukan lagi, ialah Chairul Tanjung, crazy rich Indonesia dengan harta kekayaan senilai USD 35 miliar menurut Forbes 2018. Pimpinan CT Corp ini bahkan memiliki dua pesawat pribadi, salah satunya ialah Gulfstream G550 seharga Rp 400 miliar. 

Pesawat Gulfstream berkapasitas 19 orang dengan mesin Rolls-Royce BR700 yang mampu melesat 941 kpj. Tak ketinggalan di bagian ekor pesawatnya Chairul Tanjung menyertakan logo CT Corp sebagai perusahaan kebanggaannya. 

Jet Embraer  – Surya Paloh

Selain Chairul Tanjung, Indonesia juga masih memiliki sosok crazy rich yang tak kalah tajir melintirnya. Ialah Surya Paloh, nama di balik salah satu pesawat pribadi termahal Indonesia tipe Jet Embraer seharga Rp 404 miliar. Selain itu, Surya Paloh juga masih memiliki pesawat peribadi lainnya, yaitu Aerospace Bae 146 seharga Rp 340 miliar. 

Gulfstream G-5. Haji Isam

Andi Syamsuddin Arsyadini atau yang lebih dikenal dengan panggilan Haji Isam adalah pengusaha batu bara asal Kalimantan. Haji Isam merupakan pemilik PT Jhonlin Argo Mandiri yang sekaligus memiliki pesawat pribadi termahal di Indonesia, Gulfstream G-5. Tak tanggung-tanggung, harga pesawat pribadi yang satu ini Rp 714 miliar dan hadir dengan kualitas terbaik di kelasnya.

Deretan Pesawat Milik Susi Pudjiastuti

Cessna 208B Grand Caravan Susi_Air

Foto Pesawat Cessna 208B Grand Caravan Milik Susi Air. Sumber: Wikimedia Commonos

Mantan Menteris Kesehatan Susi Pudjiastuti juga tak kalah mentereng dengan harta kekayaannya. Bu Susi setidaknya tercatat memiliki beberapa jenis pesawat. Seperti Cessna Grand Caravan, Air Tractor AT802, Piaggio Avanti II P180, Diamond Twin Star, hingga Agusya Grand A109S. 

Berbagai pesawat pribadi miliknya itu juga digunakan untuk berbisnis. Seperti pelayanan carter pesawat hingga melayani berbagai penerbangan bila dibutuhkan.

Global 5000  – Dato Sri Tahir

Pesawat Global 5000

Pesawat Global 5000. Sumber: Wikimedia Commons

Jika berbicara tentang Crazy Rich Indonesia, tentu tak lengkap tanpa Dato Sri Tahir yang merupakan orang terkaya ke-10 di Indonesia. Ia memiliki salah satu pesawat pribadi termahal di Indonesia yakni Global 5000 yang harganya ditaksir mencapai Rp 800 mililar. Pimpinan Mayapada Group ini kerap menggunakan pesawat pribadinya untuk perjalanan bisnis maupun membagikan bantuan secara cepat ke daerah-daerah bencana.

Embraer Legacy 600 – Prabowo Subianto

Foto Embraer Legacy 600

Foto Embraer Legacy 600

Daftar pesawat pribadi termahal di Indonesia selanjutnya dimiliki oleh Prabowo Subianto. Menteri Pertahana Republik Indonesia, Prabowo juga tak kalah mentereng dengan pesawat pribadi bertipe Embraer Legacy 600. Pesawat berkapasitas 8 penumpang itu dibanderol dengan harga Rp 375 miliar dan sudah dimodif untuk memenuhi kebutuhan perjalanannya. Di dalam pesawatnya terdapat banyak ruang untuk rapat ataupun bersantai sambil membaca.

Embraer Legacy 600 – Aburizal Bakrie

Sama dengan Prabowo, Aburizal Bakrie juga memiliki pesawat pribadi Embraer Legacy 600. Politikus dari Golkar ini juga masih memiliki 4 pesawat lain yang mana salah satunya adalah Boeing Business Jet dengan jumlah penumpang lebih banyak hingga 50 orang. Jika dijumlahkan semuanya, Aburizal Bakrie bisa menjadi sosok crazy rich Indonesia dengan kepemilikan pesawat pribadi termahal saat ini.

Itulah deretan pesawat pribadi termahal di Indonesia yang dimiliki oleh sejumlah petinggi dan pengusaha penting tanah air. Jadi, manakah pesawat pribadi yang membuat Anda naksir?