Jogja masih menjadi primadona wisata lokal di tanah air. Selain banyak tempat wisata, biaya hidup di Jogja juga relatif murah, termasuk penginapannya. Penginapan di Jogja yang bersih dan ramah kantong masih cukup mudah ditemukan oleh para wisatawan dengan dana terbatas.

Meski dari segi harga relatif terjangkau, layanan dan fasilitasnya tidak kalah dengan hotel berbintang. Beberapa tempat bahkan menyediakan penginapan dengan fasilitas lengkap seperti TV, AC WiFi, hingga dispenser air. Meski demikian, ada beberapa tips khusus yang harus diketahui sebelum memilih agar tidak membebani pengeluaran.

Tips Memilih Penginapan di Jogja agar Tidak Menguras Dompet

Jika dana untuk menyewa penginapan sangat terbatas, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan agar tidak membebani pengeluaran selama berlibur seperti memilih lokasi, fasilitas, harga, hingga kenyamanan ketika digunakan untuk beristirahat.

Cari yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan tempat wisata

penginapan di jogja

Salah satu tips penting ketika hendak memilih penginapan adalah melihat lokasinya dengan tempat wisata tujuan. Selain mudah dijangkau, jarak yang tidak terlalu jauh bisa membantu wisatawan menghemat dana untuk transportasi.

Penginapan di Jogja yang dekat dengan tempat-tempat wisata memungkinkan pelancong menjangkau lokasi tersebut dengan cepat dan mudah. Baik menggunakan transportasi seperti Trans Jogja, menyewa becak, menggunakan ojek, hingga berjalan kaki.

Perhatikan kenyamanan dan keamanan di sekitar area menginap

Selain melihat dari segi jarak dan lokasi menuju ke tempat wisata, faktor kenyamanan dan keamanan di lingkungan sekitar penginapan juga tidak bisa diabaikan begitu saja agar tidak menimbulkan masalah baru.

Seringkali wisatawan tidak memperhatikan faktor tersebut karena terkecoh dengan murahnya harga sewa penginapan. Jika kekurangan informasi, bisa meminta rekomendasi dan melihat ulasan dari para wisatawan yang pernah menginap di sana.

Seperti yang dikutip dari Tribunnews, sejumlah tempat di Jogja masih rawan kejahatan meskipun secara umum kota ini sangat ramah terhadap wisatawan. Misalnya, di daerah Klitih yang sering sekali terjadi tawuran sehingga menimbulkan keresahan masyarakat.

Pertimbangkan dari segi harga dan fasilitas

Memilih penginapan di Jogja juga harus mempertimbangkan soal besaran tarif dengan fasilitas yang akan disediakan. Tawaran menginap dengan harga murah terkadang tidak dibarengi dengan kualitas sehingga dikhawatirkan bakal merugikan wisatawan.

Karena ada banyak pilihan, usahakan agar memilih penginapan dengan tarif yang terjangkau agar tidak membebani pengeluaran. Beberapa tempat tersebut bahkan menawarkan rentang harga mulai Rp 50 ribu hingga 100 ribu.

Cari Review Online

Jika sudah menemukan penginapan yang dirasa pas, ada baiknya jika Anda mencari review dari pengguna lain di internet. Review penginapan dapat dilihat di Google Maps, Blog maupun media sosial. Dengan mencari tahu review pengguna sebelumnya, Anda menjdi lebih memiliki gambaran seperti apa penginapan nantinya.

Penginapan nyaman di Bawah Harga Rp 100 Ribu

Beberapa penginapan di Jogja diketahui memberikan tarif sewa untuk wisatawan di bawah Rp 100 ribu. Harga murah meriah ini ditawarkan oleh Grand Zea (Rp 75.000) dan Calathea Homestay (Rp 70.000).

Fasilitas yang diberikan oleh kedua penginapan tersebut adalah kipas angin, ruangan untuk dua orang atau lebih, dan televisi. Hanya saja, Calathea Homestay lebih unggul karena menyediakan kamar mandi di dalam.

Harga Murah Meriah dengan fasilitas lengkap

Ada juga penginapan seperti Enjoy Jogja Homestay dan Suryo Homestay dengan tarif sewa di bawah Rp 70.000 untuk dua orang, namun telah dilengkapi fasilitas mewah meski harganya terbilang murah meriah.

Kelebihan dari Enjoy Jogja Homestay adalah terasnya yang luas dan kamar mandi di dalam. Sementara Suryo Homestay memiliki bathub dan jaringan WiFi. Keduanya juga sama-sama dilengkapi TV dan kipas angin.

Penginapan di Jogja yang Cocok untuk Backpacker

Bagi wisatawan yang datang dengan jumlah rombongan atau lebih dari dua orang, bisa menyewa penginapan Homey Bisma karena ruangan tidurnya sangat luas dan besar. Harga sewanya juga sangat ramah kantong.

Untuk 5 orang dalam satu ruangan, tarif sewanya hanya sebesar Rp145.000 dengan fasilitas lengkap seperti jaringan WiFi, dispenser, pilihan menggunakan AC atau TV, kamar mandi dalam, hingga dapur untuk bersama.

Aktivitas seperti berlibur memang membutuhkan persiapan matang agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Khusus untuk penginapan di Jogja, wisatawan juga bisa memilih dari segi harga hingga fasilitas yang ditawarkan.