Penemu Pesawat Terbang – Pesawat terbang menjadi transportasi udara yang banyak digunakan oleh masyarakat.  Namun sudah tahukah Anda siapa penemunya tersebut? Adanya pesawat terbang ini berkat peran Wright bersaudara. Mereka menorehkan catatan bersejarah di dunia penerbangan.

Pesawat buatan tersebut bisa terbang dan menjadi pesawat pertama yang ada di dunia. Di Kitty Hawk, North Carolina, AS pesawat Wright bersaudara ini berkali-kali di uji coba hingga mereka bisa menyempurnakan desain pesawat Wright Flyer 1.

Fakta Menarik Penemu Pesawat Terbang

Pesawat Terbang Wright Bersaudara

Wright bersaudara terkenal sebagai pelopor penerbangan modern. Wright bersaudara merupakan penemu dalam usia muda. Faktanya jalan mereka untuk menjadi penemu pesawat terbang pertama ini tidak selalu mulus. Diperlukan usaha dan juga uji coba berkali kali agar pesawat mereka bisa mengudara. Ada beberapa fakta penemu pesawat terbang yang menarik untuk diketahui seperti berikut ini:

Lempar koin

Wright bersaudara ini usianya berbeda 5 tahun dimana Wilbur Wright lahir pada 16 April 1867 dan Orville Wright lahir pada 19 Agustus 1871. Mereka berdua memutuskan untuk melempar koin. Wilbur ini memenangkan undian namun usaha pertama dirinya ini gagal sedangkan Orville berhasil terbang selama 12 detik.

Terinspirasi Mainan

Dikutip dari Redtri, penemu pesawat terbang Wright bersaudara ini terinspirasi dari mainan mereka. Obsesi yang membuat mereka menyukai penerbangan adalah ketika di tahun 1878 mendapatkan hadiah mainan dari ayah mereka. Mainan mereka tersebut sangat mirip dengan helikopter dan membuat Wright bersaudara tertarik mengembangkan teknologi pesawat terbang. Impian mereka pada akhirnya terwujud pada tanggal 17 Desember 1903. Mereka berhasil menerbangkan Wright Flyer di Kitty Hawk, North Carolina.

Ibu yang Sangat Mekanis

Sarah, ibu Wright bersaudara sangat mekanis. Sedangkan sang ayah adalah pembuat kereta. Ayahnya menghabiskan banyak waktu di toko dan membuat peralatan dan mainan sendiri untuk anak-anaknya. Wright bersaudara berkonsultasi secara teratur ketika merancang mesin untuk mereka sendiri.

Bisnis Surat Kabar

Wright pernah menggeluti bisnis percetakan. Di tahun 1889 Wright bersaudara mulai menerbitkan kabar mingguan West Side News.  Pada tahun berikutnya mereka menerbitkan harian pendek The Evening Item. Pada tahun 1892 Wright membuka toko bernama Wright Cycle Company. Toko ini fokusnya pada perbaikan sepeda dan juga penjualan. Dari hasil bisnis ini mereka memiliki biaya untuk percobaan pesawat terbang mereka.

Tidak Pernah Menikah

Karena sibuk dalam mengurus bisnis Wright bersaudara ini tidak pernah menikah. Saat ditanya oleh wartawan Wilbur ini mengatakan bahwa dia tidak memiliki banyak waktu untuk istri. Dia memilih untuk lebih fokus ke pesawat terbang.

Terbang Bersama Hanya Sekali

Orville dan Wilbur ini telah berjanji pada ayahnya untuk tidak terbang secara bersama. Hal ini dilakukan karena takut kedua anaknya mengalami kecelakaan secara bersamaan. Namun di bulan Mei 1910 sang ayah akhirnya mengizinkan keduanya untuk terbang bersama.

Wright bersaudara ini terbang selama enam menit di Dayton. Dalam penerbangan itu Orville adalah pilot dan Wilbur sebagai penumpang. Ayahnya yang berusia 82 tahun ini bangga karena berhasil terbang bersama-sama untuk pertama kalinya.

Pecahan Wright Flyer di Bulan

Seorang astronot dalam Ohio Neil Armstrong menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan di tahun 1969. Di dalam saku terdapat sepotong kain dari sayap kiri Wright Flyer asli yang mana terbang di 1903. Armstrong juga membawa sepotong kayu dari baling-baling kiri pesawat.

Penutup

Masih banyak lagi fakta menarik lainnya dari Wright bersaudara ini. Berkat penemuannya kita bisa melihat pesawat terbang yang semakin canggih seperti saat ini. Pesawat terbang tersebut mengembangkan penemuan yang telah dilakukan oleh Wright bersaudara sehingga sangat bermanfaat dalam dunia transportasi udara sampai saat ini.

Kini Anda tahu fakta-fakta menarik dari penemu pesawat terbang tersebut, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan.