Ingin pergi liburan dan ingin suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota yang sibuk? Jika demikian, maka Pantai Ujung Genteng bisa jadi destinasi yang cocok buat kamu. Berlokasi di desa Gunung Batu, Ciracap, kabupaten Sukabumi – Jawa Barat. Pantai cantik yang satu ini menawarkan suasana pantai yang damai, pemandangan yang mempesona dan tak kalah dengan objek wisata di Bali, lho.

Bukan hanya itu, hamparan pasir putihnya dan pepohonan rindang di sekitar pantai bakal bikin perasaan makin tenteram. Sebelum memasukannya ke dalam daftar liburan kamu, simak dulu yuk ulasan singkat tentang Pantai Ujung Genteng yang ada di Sukabumi berikut ini.

Sekilas Tentang Nama Pantai Ujung Genteng

Lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota besar, membuat pantai yang satu ini belum banyak yang tahu. Apalagi, sebagian besar warga sekitar lebih banyak yang berprofesi sebagai petani dan juga nelayan. Sehingga destinasi wisata ini belum begitu luas dikenal masyarakat.

Nama pantai Ujung Genteng sendiri sebenarnya terjadi karena adanya perubahan ejaan nama yang sebelumnya ujung gunting. Nama tersebut digunakan karena kawasan ini berada di salah satu bagian pulau Jawa di bagian barat dengan bentuk yang sekilas tampak seperti gunting.

Sisi Menarik Pantai Ujung Genteng

Secara garis besar, Pantai Ujung Genteng merupakan sebuah destinasi wisata dengan dua macam kawasan, yakni kawasan wisata pantai dan air terjun atau curug. Keduanya memiliki keindahan yang sama menariknya untuk dieksplorasi.

Meskipun pantai di kawasan ini berada di tepi Laut Selatan, namun karakter ombak di pantainya masih cukup aman untuk pengunjung. Namun dengan tetap mengutamakan kehati-hatian dan waspada, terlebih ketika membawa serta anak-anak.

Buat yang punya hobi mancing, Pantai Ujung Genteng pun juga bisa jadi tempat mancing yang asyik. Selain karena keragaman jenis ikan dan ukuran, tapi juga karena banyak spot mancing yang bakal bikin betah.

pantai ujung genteng

Source: instagram.com/ujunggentengoceanview

Selain itu, ada pula dermaga sisa era kolonial Belanda yang kini tinggal puing-puing. Jadi kamu bisa berekreasi sambil belajar sedikit tentang sejarah masa lampau sekaligus spot foto selfi kece yang instagramable. Atau buat latar foto prewedding dengan konsep outdoor yang mengesankan.

Selain itu, pantai di Sukabumi yang satu ini ada penangkaran penyu dan kamu bisa mengunjunginya. Kamu dapat menyaksikan dari dekat bagaimana pengembangbiakan penyu, dari bertelur, sampai dewasa. Jika beruntung, kamu bahkan bisa diajak melepas liarkan anak penyu ke habitat aslinya di laut.

Belum lagi, ada banyak perahu bersandar di tepian Pantai Ujung Genteng. Nah, kamu dapat menyewa perahu dan mencoba berkeliling di sekitar pantai. Tiap orang biasanya hanya perlu membayar sekitar Rp15-30 ribuan per orang.

Jika kamu penggemar ikan laut, kamu pun bisa mampir di pasar ikan dan belanja ikan segar. Tempat tersebut menyediakan berbagai macam ikan segar yang baru ditangkap dari laut. Nantinya, ikan segar tadi bisa dijadikan oleh-oleh, lho.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Perjalanan menuju ke Pantai Ujung Genteng bisa dibilang bukan hal yang mudah dilakukan. Meskipun demikian, keindahan yang ditawarkan pantai di Sukabumi ini bakal bikin semuanya terbayarkan.

Pantai satu ini bisa dijangkau dengan beberapa cara, yakni dengan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil atau dengan kendaraan umum. Berikut rute mejuju Pantai Ujung Genteng selengkapnya.

  • Berangkat dari arah Jakarta> Ciawi lanjut Cicurug – Cibadak, sampai ke Pelabuhan Ratu. Lanjut kagi ke Surade via Cikembar dan Jampang. Sesampainya di Surade, tinggal mengikuti arah petunjuk ke Pantai Ujung Genteng.
  • Berangkat dari arah Bandung> lanjut ke arah Sukabumi via Cianjur. Sesampainya di Sukabumi, lanjut ke Jampang Tengah – Jampang Kulon – Surade, lalu ikuti petunjuk jalan ke arah pantai.
  • Berangkat naik kendaraan umum, dari arah mana pun kamu berangkat ambil jurusan Terminal Sukabumi. Selanjutnya naik bus tujuan Terminal Lembur, lalu naik bus jurusan Surade. Sesampainya di Surade, ada beberapa angkutan pedesaan dengan jurusan Genteng berwarna merah yang dapat kamu naiki.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Berlokasi di Desa Gunung Batu, kecamatan Ciracap, Kab. Sukabumi – Jawa Barat. Harga tiket masuk ke kawasan pantai ini cukup terjangkau, hanya 10 ribu saja per orang. Meskipun harga tiketnya cukup murah, namun fasilitas umum yang ada di sekitar kawasan pantai sudah cukup memadai.

Dari mulai area parkir yang luas, toilet bersih, musholla, hingga toko dan warung yang menjual makanan dengan menu khas. Untuk jam operasionalnya sendiri, pantai ini dibuka selama 24 jam, jadi kamu bisa mengunjunginya kapan saja.

Jika kamu ingin menghabiskan waktu lebih lama, tersedia juga fasilitas penginapan dengan tarif bersahabat. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per malam yang bisa disesuaikan dengan budget yang ada. Sehingga, bisa bikin liburan kamu bersama keluarga atau pasangan lebih menyenangkan.

Menarik sekali bukan, Pantai Ujung Genteng ini? Buat kamu yang suka petualangan dan pantai, destinasi wisata pantai satu ini bisa jadi tujuan yang seru buat dijelajahi. Pastikan untuk menyiapkan semua perlengkapan dan bekal yang memadai, ya. Yuk, mulai jadwalkan liburanmu, sekarang!