Jogja menjadi daerah yang paling digemari oleh para wisatawan untuk berkunjung karena kearifan lokalnya yang hingga kini masih dipertahankan. Tak hanya kearifan lokal, Jogja juga populer dengan berbagai tempat pendidikan hingga tempat wisata yang juara. Salah satu tujuan wisata terbaik di Jogja adalah daerah Gunung Kidul yang mana disana terdapat pantai indah bernama Pantai Sadranan Jogja.

Pantai ini juga masih memiliki karakteristik ombak yang besar dan tinggi karena berdekatan langsung dengan pantai selatan Jawa. Daerah Gunung Kidul yang masih jauh dari kata modern, justru membuat banyak wisatawan ingin datang. Bagi Anda yang mempunyai hobi snorkeling, Pantai Sadranan Jogja memang sangat tepat untuk dijadikan sebagai pilihan.

Fasilitas dan Akomodasi Pantai Sadranan

Jika dibandingkan dengan pantai – pantai lain di daerah Gunung Kidul, Pantai Sadranan Jogja bisa dikatakan sebagai pantai yang tidak terlalu banyak batu karangnya, sehingga Anda pun bisa nyaman untuk melakukan aktivitas di bibir pantai tanpa takut terpeleset atau terjatuh. Selain itu, bagi para pecinta snorkeling dan juga diving, resiko terluka saat menikmati pemandangan bawah laut pun sangat minim.

Karakteristik pasirnya yang berwarna putih, sangat cocok digunakan untuk berbagai aktivitas. Bermain di bibir pantai menjadi semakin seru. Rasakan sensasi tersendiri dengan melepas alas kaki saat menyusuri bibir pantai. Saat matahari sedang terik, kaki Anda pun seperti sedang dipijat saat menyusuri bibir Pantai Sadranan Jogja. Jika Anda ingin berlama – lama bermain disana, agar tak gosong sebaiknya menggunakan tabir surya.

Hingga kini, Pantai Sadranan cenderung lebih sepi jika dibandingkan dengan beberapa pantai yang berada di dekatnya seperti Pantai Indrayanti dan Pantai Krakal. Justru malah lebih privat, nyaman dan menyenangkan kalau suasananya sepi. Terlalu banyak orang yang datang malah membuat suasana menjadi tak nyaman dan tak bisa bebas melakukan berbagai aktivitas selama berada di Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan 3

sumber : jogjaprov.go.id

Bagi kalian yang ingin bermalas – malasan sembari menikmati indahnya pantai, disediakan fasilitas gazebo dan beberapa saung kecil di bibir pantai. Anda bisa duduk santai disana sambil makan, rebahan hingga bercengkerama bersama orang – orang tercinta. Untuk bisa menggunakan gazebo dan saung kecil yang disediakan, Anda cukup mengeluarkan biaya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000 saja.

Bagi para penggemar snorkeling pun tak perlu membawa peralatan sendiri karena di Pantai Sadranan Jogja juga sudah disediakan perlengkapannya. Anda hanya cukup membayar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 saja sudah bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut pantai ini. Aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat bersnorkeling ria adalah mengabadikan momen dengan bersua foto ya.

Untuk mendapatkan spot pemandangan bawah laut yang indah, pihak pengelola Pantai Sadranan Jogja pun sudah menetapkan waktu – waktu terbaik saat snorkeling. Waktu terbaik untuk bersnorkeling ria antara lain pada pukul 06.00 hingga pukul 08.00 WIB atau pukul 16.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Waktu snorkeling tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk menikmati sunset dan juga sunrise. Jika Anda lupa menyiapkan bekal makanan, tak perlu khawatir kelaparan. Di sekitar Pantai Sadranan Jogja terdapat banyak angkringan dan tempat makan dengan harga murah. Namun jika Anda sudah membawa makanan sendiri dari rumah, dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama.

Di Pantai Sadranan Jogja juga disediakan toilet dan juga kamar mandi. Jadi buat Anda yang ingin mandi atau membilas tubuh saat selesai bermain air, tak perlu khawatir. Kemudian jika Anda ingin berlama – lama menikmati indahnya Pantai Sadranan Jogja, bisa menginap di homestay, resort, guest house maupun hotel yang mudah Anda temukan selama disana. Yang menjadi ciri khas pada penginapan di dekat Pantai Sadranan Jogja adalah pada atapnya yang kebanyakan terbuat dari bambu. Suasana dan ciri khas pedesaan bisa Anda nikmati.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Sadranan Jogja, Anda tak perlu merogoh kocek dalam – dalam karena hanya dikenakan harga tiket masuk Rp 10.000. HTM Pantai Sadranan jogja sangat cocok untuk wisata keluarga. Sedangkan untuk biaya parkir mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 10.000 tergantung jenis kendaraan yang diparkir. Ada juga jetsky yang disewakan dengan harga Rp 250.000 saja. Sedangkan untuk penyewaan tikar hanya Rp 20.000.

Letak Alamat Pantai Sadranan

Pantai Sadranan Jogja bisa Anda temukan di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Jika Anda merasa kesulitan, titik lokasinya berada tepat di tengah – tengah antara Pantai Indrayanti dan Pantai Krakal. Hanya saja untuk akses jalannya masih belum begitu baik. Tapi jangan khawatir, meski jalurnya kurang baik, tapi fasilitas di sini sangatlah lengkap.

Rute Menuju Lokasi

Anda tak perlu khawatir tersesat saat menuju ke Pantai Sadranan Jogja karena jalan yang Anda tempuh satu arah dengan pantai – pantai lain di daerah Gunungkidul. Untuk bisa mengunjungi pantai ini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi saja, karena memang sangat jarang kendaraan umum yang menuju kesana.

Jika Anda dari Solo, Anda bisa melewati Jalan Solo – Jogja terlebih dahulu. Jika Anda dari Klaten, Anda bisa melewati rute Piyungan – Sambipitu –Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari.