Salah satu tujuan tempat liburan paling menyenangkan adalah pantai. Apalagi jika pantai tersebut masih alami, menawarkan keindahan alam, hingga fasilitas yang ditawarkan. Tentu akan membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Pantai Ngliyep menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan bagi Anda semua untuk dikunjungi. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Malang, tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai yang terletak di pesisir pantai selatan tersebut dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuatnya memiliki karakteristik ombak yang lumayan tinggi dan besar. Jadi tidak disarankan untuk melakukan aktivitas berenang hingga ke tengah laut, apalagi saat membawa anak – anak. Akan jauh lebih aman jika bermain di bibir pantai saja.

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Malang, jarak tempuhnya mencapai 62 km dengan waktu tempuh hingga 2 jam. Pantai Ngliyep tampak begitu terawat sehingga banyak menarik wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara untuk datang. Di sini terdapat deretan tebing dan di kelilingi oleh rimbunnya hutan lindung yang semakin membuat betah berlama – lama disana. Angin yang kencang dan sejuk, tak membuat udara terasa panas.

Sejarah dan Cerita Angker

Sejarah Pantai Ngliyep, sangat erat kaitannya dengan cerita angker di balik pemberian namanya tersebut. Dalam bahasa Jawa, kata Ngliyep sendiri bisa diartikan sebagai ngantuk. Tiupan angin yang kencang dan udara yang sejuk di Pantai Ngliyep, konon katanya menjadi faktor pemicu utama dalam membuat ngantuk siapa saja yang datang mengunjunginya.

Pantai Ngliyep merupakan salah satu pantai yang hingga kini terjaga kealamiannya. Meski diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegera, Pantai Ngliyep tak terlalu padat pengunjung, sehingga masih sangat bersih dan nyaman. Anda bisa melakukan aktivitas sepuasnya, seperti bersua foto tanpa harus terganggu dengan keberadaan orang lain.

pantai ngliyep

sumber : malangtimes.com

Di Pantai Ngliyep juga terdapat pulau kecil nan indah yang dikenal dengan sebutan Gunung Kombang. Anda wajib nih datang ke Pulau Gunung Kombang yang letaknya tak jauh dari Pantai Ngliyep. Pantai Ngliyep dan Pulau Gunung Kombang, dihubungkan oleh sebuah jembatan. Jadi Anda bisa menggunakan jembatan yang sudah disediakan disana. Untuk waktu tempuhnya sendiri sekitar 30 menit saja dengan berjalan kaki sembari menikmati indahnya pemandangan tentu tak akan terasa berat.

Pulau Gunung Kombang sangat direkomendasikan digunakan untuk menikmati indahnya sunset dan sunrise. Momen tersebut memang banyak diburu oleh wisatawan, khususnya dalam rangka berburu foto ciamik dan instagrammable.

Di balik keindahan Pantai Ngliyep atau Pantai Ngantuk ini, tersimpan cerita angker yang beredar di masyarakat sekitar Malang. Pantai Selatan selalu dikaitkan dengan cerita rakyat Nyi Roro Kidul. Pulau Gunung Kombang sendiri, hingga kini dipercaya oleh masyarakat sekitar Malang sebagai markas Nyi Roro Kidul untuk melakukan semedi.

Sebagai upaya untuk mendapat keselamatan, masyarakat sekitar rutin menggelar ritual dan acara adat di Pantai Ngliyep saat peringatan Maulid Nabi. Upacara tersebut dilakukan sebagai wujud rasa syukur masyarakat dan sekaligus digunakan sebagai momen untuk memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar semua warga dijauhkan dari berbagai hal membahayakan.

Tak lupa sesaji atau sajen juga meramaikan acara adat tersebut. Untuk lokasi penyelenggaraan acara adat tersebut dilakukan di Pulau Gunung Kombang. Upaya adat tersebut populer dengan sebutan Larungan.

Momen acara Larungan, selalu menyedot perhatian banyak pihak sehingga pada momen tersebut pengunjung Pantai Ngliyep meningkat berkali – kali lipat. Upacara Larungan juga menghadirkan iringan gamelan hingga pertunjukkan Reog Ponorogo.

Keindahan dan Potensi

Pantai Ngliyep menyuguhkan karakteristik pantai selatan yang indah. Deburan ombak yang tinggi dengan suara yang khas membuat pikiran menjadi lebih rileks. Adanya hutan lindung di sekitarnya, menambah kesejukan selama berada disana. Belum lagi ada pulau kecil yang bisa sekalian Anda kunjungi dengan memanfaatkan jembatan, akan menjadi petualangan liburan yang menyenangkan. Pantai Ngliyep mempunyai pasir putih halus di sepanjang bibir pantainya. Bermain pasir adalah salah satu agenda rutin yang wajib dilakukan selama berkunjung di Pantai Ngliyep.

Rute dari Surabaya

Bagi Anda yang memutuskan untuk memulai perjalanan dari kota Surabaya, patokan utamanya adalah pusat kota Malang. Silahkan ambil rute menuju kota Malang terlebih dahulu. Dari kota Malang sudah banyak petunjuk untuk menunju ke Pantai Ngliyep yang bisa Anda manfaatkan. Namun jika Anda menggunakan kendaraan umum, bisa memilih angkutan dengan kode GN 1 maupun kode GN 2.

Jam Buka

Untuk mengunjungi Pantai Ngliyep, Anda bisa datang mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, karena tidak dibuka selama 24 jam. Meski jam 6 sore semua pengunjung harus sudah mulai meninggalkan Pantai Ngliyep, Anda tetap bisa menikmati suasana sunset kok. Hanya saja untuk menikmati suasana sunrise tidak bisa dilakukan, karena bukanya sudah terlalu siang.

Harga Tiket Masuk

HTM untuk bisa menikmati keindahan Pantai Ngliyep hanya membutuhkan biaya Rp 15.000 saja. Dengan harga yang ramah di kantong tersebut, Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan disana. Banyak fasilitas ciamik yang bisa Anda manfaatkan sebagai spot foto menarik.