Rencana untuk ke tempat wisata di Bali harus diundur lagi? Tenang, kamu bisa coba alihkan tujuanmu ke Gunung Kidul, Jogjakarta. Gunung Kidul juga punya banyak pantai cantik nan eksotik. Salah satunya yang belakangan cukup populer dan dikenal dengan sebutan Pantai Kesirat Jogja dan kamu harus banget ke tempat ini.

Pantai ini sebetulnya sudah lama ada dan sebelumnya dikenal dengan nama objek Wisata Tanjung Kesirat. Pantai satu ini memiliki topografi sedikit berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Penasaran seperti apa keseruan objek wisata di Gunungkidul – Yogyakarta yang satu ini? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Sekilas Tentang Pantai Kesirat Jogja

Jika kamu ingin hamparan pasir putih yang luas, atau bermain air di pantainya maka bukan Pantai Kesirat yang kamu cari. Di pantai ini kamu hanya akan melihat tebing karang yang dihiasi rerumputan dan pepohonan di sekitarnya. Dan lautan berada tepat di bawah tebing yang cukup curam.

Layaknya pantai yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa pada umumnya, Pantai Kesirat Jogja juga dihiasi ombak yang terbilang cukup besar. Namun, suara deburan ombak yang menghantam tebing tak kalah memberikan pesona nan eksotis. Jalanan menuju ke Tanjung Kesirat ini bisa dibilang cukup memadai, sehingga memudahkan pengunjung untuk sampai ke atas tebing dan menikmati pesonanya.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan

Tebing karang di Pantai Kesirat Jogja tersebut bisa jadi spot terbaik untuk menikmati sunrise maupun sunset dan mengabadikannya. Ditambah lagi terdapat tanah lapang berumput hijau dan sebuah pohon di dekatnya. Spot ini kadang jadi tempat favorit buat mendirikan kemah menanti sunrise dari ufuk timur.

Selain hunting momen sunrise dan sunset atau camping buat update feed di sosial media, kamu juga bisa memancing di sini, lho. Letaknya yang berada tepat di pesisir lautan lepas, membuat banyak ikan hidup di sela-sela bebatuan di bawah tebing karang.

Lokasi ini bahkan jadi spot favorit buat melakukan kegiatan rock fishing karena letaknya yang memang berbatasan langsung dengan lautan lepas. Dimana ada banyak ikan yang ada di tempat tersebut. Jika ingin memancing, pastikan untuk membawa alat yang memadai dan selalu berhati-hati.

Tradisi yang Masih Terjaga di Pantai Kesirat Jogja

Pantai Kesirat Jogja merupakan salah satu tempat yang cukup disakralkan oleh warga setempat. Biasanya, mereka akan menggelar beberapa ritual tradisi yang disebut “ngalap berkah”, atau lebih dikenal dengan sebutan “brubuh”.

Tradisi ini merupakan kegiatan penebangan kayu yang dilakukan berdasarkan perhitungan kalender pertanian jawa atau Pranata Mangsa. Ritual yang dilakukan tersebut dilakukan demi untuk kelestarian lingkungan sekitar agar tidak sembarang menebang pohon. Tradisi ini juga disebut-sebut sebagai cara untuk bersyukur serta menjaga keseimbangan alam tetap terjaga.

Rute dan Lokasi Menuju Pantai Kesirat

pantai kesirat jogja

Source: instagram.com/nicholasyorivanzaruis

Terletak di Desa Girikarto, Panggang, – Gunung Kidul, Pantai Kesirat Jogja masih berada di wilayah D.I. Yogyakarta. Untuk mencapai ke pantai ini, akses jalan yang perlu dilalui terbilang cukup memadai dengan jalanan beraspal. Sehingga kamu bisa menjangkaunya dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jarak tempuh dari pusat kota Jogjakarta menuju ke Pantai Kesirat memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Mulai dari Ringroad Jl. Wonosari ke arah Piyungan – Patuk. Lanjut ke arah Gading (lapangan terbang) lalu belok kanan arah ke Pasar Playen, lanjut ke Paliyan – Girikarto, ambil arah ke Pantai Kesirat dan Wohkudu.

Lalu bayar tiket masuk di Pos TPT sekitar 5 ribu, lanjut melewati Pantai Wohkudu baru sampai ke parkiran Pantai Kesirat Jogja. Jika menggunakan kendaraan roda empat pastikan untuk berhati-hati, sebab jalurnya menurun cukup tajam dan cukup sempit.

Jam Operasional Pantai Kesirat Jogja

Untuk jam buka Pantai Kesirat Jogja ini sendiri buka setiap hari atau selama 24 jam. Jadi, pengunjung bisa datang kapan saja ke tempat ini, baik untuk sekedar jalan-jalan, nongkrong sambil nunggu sunset atau camping.

Namun jika tidak ada niatan untuk camping akan lebih baik jika kamu datang saat hari masih terang, atau dari pagi sampai menjelang sore. Ini karena lampu penerangan jalan di sekitar Tanjung Kesirat masih terbilang minim. Sehingga dikhawatirkan terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan.

Untuk fasilitas umum yang tersedi di Pantai Kesirat Jogja masih terbilang minim. Karena baru ada area parkir untuk kendaraan, gazebo di beberapa spot dan warung yang menjual makanan dan minuman. Sementara fasilitas umum lainnya seperti, toilet, mushola dan lain sebagainya masih belum tersedia.

Seru bukan jalan-jalan ke Pantai Kesirat Jogja? Jika kamu berencana untuk liburan hemat dengan pengalaman luar biasa, bisa coba masukan wisata pantai yang satu ini dalam daftar kunjungan kamu next time, ya!