Sejarah singkat Kebun Raya Cibodas, dulunya merupakan peninggalan dari masa penjajahan kolonial Belanda yang sudah ada sejak tahun 1850an silam. Tepatnya pada tanggal 11 April 1852, seorang kurator asal Belanda bernama Johannes Ellias Teijsmann mulai membangun Bergtuin te Tjibodas (nama Kebun Raya Cibodas tempo dulu).

Tujuan awal dibangunnya Bergtuin te Tjibodas adalah sebagai tempat yang digunakan untuk aklimatisasi berbagai jenis tumbuhan penting (langka) yang didatangkan langsung dari luar negeri dan mempunyai nilai jual tinggi. Seiring berjalannya waktu, perkembangan demi perkembangan pun terjadi sehingga namanya berubah menjadi Cabang Balai Kebun Raya Cibodas.

Hingga kini, 11 April setiap tahunnya dijadikan sebagai hari peringatan berdirinya Kebun Raya Cibodas. Banyak masyarakat yang berkunjung di hari istimewa tersebut karena sering ada promo tiket gratis.

Kemudian di tahun 2003, statusnya kembali berubah sebagai Unit Pelaksana Teknis khusus Balai Konservasi Tumbuhan yang diawasi langsung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Keindahan Kebun Raya Cibodas

Banyaknya jenis tumbuhan dan pepohonan di wisata ini, membuatnya termasuk dalam kategori Botanical Garden. Hingga kini, setidaknya sudah ada 1206 jenis tanaman dengan total sampel mencapai 5831.

Rumah Kaca

Keberadaan rumah kaca di sini, berfungsi sebagai wadah dalam mempertahankan dan melindungi berbagai jenis tanaman yang terancam punah seperti halnya kaktus, anggrek dan jenis tanaman lainnya.

Taman Sakura

Siapa sangka, di Kebun Raya Cibodas terdapat taman sakura yang bisa tumbuh dengan sangat subur. Padahal seharusnya, bunga sakura hanya bisa tumbuh di daerah yang memiliki empat musim. Keberadaan Kebun Raya Cibodas pada ketinggian di atas 1400 mdpl, menjadi alasan utama mengapa bunga sakura bisa tetap eksis disana. Khusus untuk daerah tropis, sakura akan muncul bunganya 2 kali dalam satu tahun yakni antara bulan Januari hingga Februari dan antara bulan Juli hingga Agustus. Dari 300 varian sakura yang ada, di Kebun Raya Cibodas hanya ada 7 varian saja.

Air Terjun Cibeureum

Air Terjun Cibeureum menjadi lokasi indah selanjutnya yang wajib dikunjungi. Letaknya yang tak jauh dari cibodas, sangat disayangkan jika tak dikunjungi. Air terjun dengan ketinggian 50 meter ini, berada pada ketinggian 1.675 mdpl. Lokasi Air Terjun Cibeureum sendiri bisa ditemukan di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Taman Rhododendron

kebun raya cibodas 4

Taman satu ini dibuat khusus untuk berbagai tumbuhan bunga cantik dari berbagai negara mulai dari Indonesia, China dan juga Jepang. Saat musim bunga tiba, warna – warni bak negeri dongeng bisa dinikmati di Taman Rhododendron.

Jalan Air

Tak hanya jalan batu yang ditata rapi saja, Kebun Raya Cibodas juga memiliki jalan air layaknya sedang menyusuri sungai dengan air yang jernih. Saat kaki mulai lelah, melewati jalan air bisa sedikit merilekskan kaki. Jalan air merupakan aliran air alami yang berasal dari Sungai Cibogo Gunung Gede.

Koleksi Tumbuhan Paku

Spot tumbuhan paku menjadi salah satu lokasi menarik di Kebun Raya Cibodas. Ada sekitar 34 jenis tumbuhan paku yang didatangkan dari seluruh nusantara. Tumbuhan paku sendiri memiliki manfaat yang beragam seperti, untuk bahan makanan, media tanam, hingga obat.

Bunga Bangkai Raksasa

Bunga bangkai atau yang populer dengan sebutan Raflesia Arnoldi di datangkan langsung dari Jambi, tepatnya pada tahun 2000 lalu. Bunga ini hanya bisa dinikmati selama 4 tahun sekali. Untuk ketinggian bunga bangkai saat sedang mekar mencapai 3 meter.

Kolam Besar

Perjalanan menyusuri indahnya Kebun Raya Cibodas akan berakhir di area kolam besar. Kolam besar ini merupakan tempat budidaya berbagai tumbuhan air. Jadi tak heran di hampir semua permukaannya penuh dengan tumbuhan air. Kolam tersebut didirikan pada tahun 1901.

Fasilitas Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas menyediakan banyak fasilitas seperti peta kawasan, stand jajan, bak sampah, petunjuk arah, shelter, toilet, gazebo, mushola, tempat parkir, mini bus untuk keliling area Kebun Raya Cibodas (biaya Rp 10 ribu per orang) dan lain – lain.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

HTM Kebun Raya Cibodas Rp 16.500 per orang dengan jam operasional mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan biaya parkirnya Rp 5.000 (sepeda motor) dan Rp 16.000 (mobil dan bus).

Cara Menuju Lokasi

Kebun Raya Cibodas bisa ditemukan di Desa Cimacam, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jika rute perjalanan yang dimulai dari Bogor atau Jakarta bisa melalui perkebunan teh dan juga Puncak Pass. Setelah sampai di pertigaan Paragajen, langsung saja pilih arah ke Cibodas. Sedangkan rute perjalanan yang dimulai dari Istana Cipanas, Cianjur, Sukabumi dan Bandung, bisa menuju ke lokasi Rumah Sakit Cimacan, setelah sampai pertigaan Paragajen, ambil arah menuju Cibodas.