Malaysia memiliki banyak tempat wisata yang ikonik. Salah satu tempat wisata ikonik di Malaysia adalah Menara Kembar Petronas. Namun tidak hanya itu saja, ada banyak tempat wisata lain yang tidak kalah menarik di Malaysia. Pada artikel ini, kami akan memberikan daftar wisata ikonik Malaysia yang wajib kamu kunjungi.

Menara Kembar Petronas Sebagai Wisata Ikonik Malaysia

Menara Kembar Petronas adalah salah satu menara kembar tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 452 meter yang terdiri 88 lantai dan memiliki total 76 lift. Menara ini dibangun menggunakan beton bertulang, baja, dan kaca, kedua menara dihubungkan satu sama lain oleh skybridge ganda di lantai 41 dan 42.

Pengunjung dapat naik ke skybridge ini untuk melihat pemandangan Kuala Lumpur yang menakjubkan serta merasakan sensasi berada di atas awan. Kamu bisa melihat taman Kuala Lumpur City Center seluas 6,9 hektar di bawahnya dengan pemandangan yang sangat mengesankan di malam hari.

Sebagian besar lantai di menara disewakan ke perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Microsoft, dan Huawei Technologies. Kamu bisa mengunjungi lebih dari 300 toko, galeri seni, dan hiburan di Menara Kembar Petronas ini.

Wisata Selain Menara Kembar Petronas yang Tak Kalah Indah

Jika kamu berencana untuk pergi ke Malaysia, baik untuk liburan, melanjutkan pendidikan, atau pun bekerja, beberapa tempat wisata khas Negeri Jiran ini wajib untuk kamu kunjungi juga, loh!

1. Batu Caves

Menara Kembar Petronas

Batu Caves menjadi salah satu loka wisata ikonik di Malaysia dan sangat terkenal di seluruh dunia. Kompleks Batu Caves memiliki tiga gua utama serta serangkaian gua yang lebih kecil di sekitarnya.

Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari pusat kota. Kamu hanya perlu menempuh waktu perjalanan selama 1 jam dari Kuala Lumpur untuk mencapai kuil yang luar biasa megah ini.

Gua utama dari Batu Caves, yang dikenal sebagai Gua Katedral, berada di puncak tangga besar berwarna-warni yang terdiri dari 272 anak tangga. Ruang di Gua ini dihiasi dengan patung, altar, dan lampu. Di bagian bawah tangga, terdapat patung emas Dewa Murugan setinggi 43 meter menyambut pengunjung.

Pengunjung diperbolehkan menjelajahi gua sendiri atau dapat mengikuti tur berpemandu untuk mempelajari lebih lanjut tentang Batu Caves. Selama festival Hindu Thaipusam pada bulan Januari, ada ribuan orang berduyun-duyun ke gua ini untuk mengikuti perayaan.

2. Gunung Kinabalu

Selain kemegahan Menara Kembar Petronas, Malaysia juga memiliki kemegahan alam yang tercermin dari keberadaan Gunung Kinabalu. Dengan ketinggian lebih dari 4.000 meter, gunung ini pun menjadi gunung tertinggi di Malaysia.

Gunung Kinabalu merupakan bagian dari Taman Kinabalu, salah satu taman nasional tertua di Malaysia dan Situs Warisan Dunia UNESCO. Kinabalu merupakan tempat tinggal bagi banyak sekali spesies flora dan fauna, seperti orangutan.

Keberadaan berbagai flora dan fauna di Gunung Kinabalu didukung oleh ekosistem yang unik yang memadukan padang rumput alpine, padang rumput, dan semak belukar yang bisa menjadi rumah dan menyediakan tempat makan bagi satwa di tempat itu.

Gunung Kinabalu menjadi salah satu gunung yang disukai oleh pendaki. Namun, pendakian di gunung ini terkenal sangat sulit. Hanya 185 izin pendakian yang dikeluarkan oleh otoritas setempat setiap harinya serta ada banyak aturan lainnya yang harus diikuti sebelum mendaki gunung ini.

3. Kepulauan Perhentian

Suasana kota di Menara Kembar Petronas membuat kamu bosan? Cobalah menikmati suasana pantai dengan alam yang belum banyak tereksplorasi di Kepulauan Perhentian.

Pulau ini dinamai Kepulauan Perhentian karena kepulauan ini dulunya merupakan titik pemberhentian yang digunakan oleh para pedagang yang berkeliling Asia Tenggara.  Keindahan gugusan pulau di tempat ini membuatnya menjadi salah satu daya tarik wisata.

Sebagian besar pulau dapat diakses dengan feri atau perahu bermotor kecil, meskipun hanya dua pulau besar yang menawarkan fasilitas turis yang memadai.

Meskipun tidak banyak fasilitas yang memadai, namun kamu tetap bisa melakukan aktivitas pantai yang menarik. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah scuba diving, snorkeling, berjemur, atau menjadi sukarelawan dalam konservasi penyu di kawasan ini.

4. Pulau Sipadan

Pulau Sipadan juga merupakan salah satu wisata ikonik pantai yang wajib kamu kunjungi ketika ke Malaysia. Perairan laut sekitar pulau ini merupakan bagian dari habitat laut terkaya di dunia, rumah bagi penyu sisik yang terancam punah, hiu paus, biawak, dan ratusan spesies karang.

Pulau ini juga dianggap sebagai salah satu tujuan menyelam terbaik di dunia. Kawasan ini sangatlah dilindungi, sehingga menyelam di kawasan ini memerlukan izin terlebih dahulu. Namun, hanya 120 izin yang diberikan per hari.

Selain itu, kamu juga tidak bisa menginap di pulau ini karena adanya perlindungan undang-undang oleh karena itu kamu harus pergi ke Pulau Mabul yang ada di dekatnya untuk mendapatkan akomodasi.

Tentunya, ada banyak tempat wisata di Malaysia yang bisa kamu kunjungi selain Menara Kembar Petronas dan tempat wisata yang telah disebutkan di atas. Tertarik mencoba? Yuk, siapkan keperluan healing-healingmu di Malaysia sekarang juga!