Pantai Ngudel Malang selalu menyimpan daya tarik dan kesan tersendiri bagi para wisatawan baik sebelum dan setelah mengunjunginya. Anda dapat mengunjungi Pantai Ngudel yang berlokasi di Desa Sindurejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngudel

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Ngudel Malang, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja. Biaya tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir. Jadi wisatawan tak perlu mengeluarkan budget mahal. Apalagi jika Anda berkunjung bersama rombongan. Biasanya akan mendapatkan harga tiket masuk khusus. Semakin banyak rombongan, harga tiket masuk akan semakin murah. Namun perlu diperhatikan, untuk biaya parkir bisa saja menyesuaikan.

Potensi pantai – pantai eksotis di Malang memang semakin banyak bermunculan karena sebelumnya belum terekspos ke publik. Pasca pembangunan proyek pemerintah khususnya untuk Jalur Lintas Selatan, membuat rute Sendang Biru menuju Balemkambang kian ramai didatangi wisatawan. Jalur tersebut juga mulai membuka potensi wisata pantai – pantai di Malang yang dilaluinya.

Jika Anda pernah berkunjung ke Pantai Ngantep, letaknya Pantai Ngudel Malang tepat bersebelahan dengan Pantai Ngantep. Meski letaknya bersebelahan, pemandangan yang disuguhkan pun tampak begitu berbeda dan masing – masing menyimpan daya tarik tersendiri. Ada baiknya jika Anda mengunjungi Pantai Ngudel, sekalian mampir ke Pantai Ngantep ya.

Keunikan Pantai Ngudel Malang

Mengingat Pantai Ngudel termasuk dalam daftar pantai yang berada di pesisir Selatan dan bersinggungan langsung dengan Samudera Hindia, karakteristik deburan ombaknya pun lumayan tinggi disertai angin yang kencang. Bagi Anda yang membawa anak – anak, jangan sampai lepas pengawasan. Apalagi saat bermain air di bibir pantai, pengawasan ketat wajib dilakukan.

Tak hanya anak – anak saja, para remaja dan orang dewasa juga dihimbau tidak berenang hingga terlalu ke tengah laut, karena terlalu beresiko mengingat kondisi ombaknya yang tinggi. Berbagai papan peringatan pun bisa dengan mudah ditemukan di sekitar Pantai Ngudel terkait resiko gelombang tinggi.

pantai ngudel

sumber : idntimes.com

Pantai Ngudel merupakan tujuan wisata Malang yang paling direkomendasikan mengingat wisatawan yang datang kesana belum terlalu banyak. Jadi kenyamanan selama bercengkerama dengan alam pun bisa dengan bebas dilakukan. Ruang gerak juga menjadi tak terbatas, bebas bersua foto sesuka hati tanpa harus terganggu dengan background pengunjung lain.

Selain itu, Pantai Ngudel Malang juga terdapat keunikan tersendiri seperti adanya batu besar di tengah laut dan banyak karang di dekat bibir pantai yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Mengingat kondisi permukaan karang licin karena diselimuti banyak lumut, ada baiknya Anda berhati – hati agar tidak terpeleset.

Yang Bisa Dilakukan

Banyak aktivitas mengasikkan yang bisa Anda lakukan selama berada di Pantai Ngudel, antara lain :

  • Bermain air di tepian pantai. Memang, untuk melakukan aktivitas renang hingga ke tengah laut tidak diperbolehkan, namun bukan berarti bermain air di sepanjang bibir pantai juga tidak diperbolehkan.
  • Memanfaatkan pasir untuk bermain juga mengasikkan. Bisa membuat gundukan rumah, gunung atau pun permainan lainnya.
  • Minum es kelapa muda (es degan) bisa dijadikan alternatif terbaik untuk menikmati keindahan pantai sembari bersantai.
  • Mengabadikan momen dengan bersua foto dan membuat berbagai video.

Pantai Lain

Tak jauh dari Pantai Ngudel, juga terdapat pantai – pantai indah lainnya yang juga bisa sekalian Anda kunjung. Pantai – pantai tersebut yakni :

Pantai Kuncaran

Pantai satu ini didominasi dengan banyak bebatuan karang di sepanjang bibir pantai berwarna putih nan indah.

Pantai Ngandol

Karakteristik Pantai Ngandol ialah mempunyai hamparan bibir pantai dengan pasir putih halusnya dan dikelilingi oleh banyak pepohan rimbun yang bisa Anda manfaatkan untuk berteduh hingga bersantai ria menikmati keindahan alam.

Bukit Asmara

Di dekat Pantai Ngudel, terdapat bukit indah yang terletak tak jauh dari bibir pantai bernama bukit asmara. Menikmati indahnya pantai dari atas bukit, akan menambah keeksotisan Pantai Ngudel menjadi berkali – kali lipat. Terlebih lagi di bukit asmara juga ditumbuhi banyak tanaman ilalang yang menambah keindahan saat difoto. Kebebasan untuk membuat konten medsos di atas bukit asmara bisa Anda rasakan sendiri nantinya.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa mengunjungi Pantai Ngudel Malang, setidaknya Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih dengan jarak 60 km dan waktu kisaran 2 jam dari pusat Kota Malang jika menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Anda memulai perjalan dari Malang, langsung saja ambil rute menuju ke Gadang dan berlanjut ke arah Turen, Sumber Manjing Wetan hingga bertemu Jalan Lintas Selatan. Saat Anda sudah bertemu dengan Jalan Lintas Selatan dan berjalan kurang lebih 4 km hingga 5 km akan bertemu pertigaan. Lihatlah, disitu ada papan petunjuk menuju ke Pantai Ngudel Malang. Hanya saja, Anda masih harus melakukan perjalanan sepanjang 2 km melalui jalan berbatu tak beraturan. Anggap saja sedang melakukan perjalanan off road ya.

Wisata Kuliner

Selama di Pantai Ngudel, Anda tak perlu takut kelaparan. Disana terdapat sajian menu khas nusantara seperti mie goreng, soto, nasi pecel dan berbai panganan lain.

Fasilitas Pantai

Meski Pantai Ngudel Malang masih sepi peminat, tak perlu khawatir karena fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap mulai dari lahan parkir yang aman dan nyaman, hingga kamar mandi sudah disediakan.