Kebun Teh Wonosari merupakan salah satu wisata alam yang berada di daerah Malang. Kota yang memiliki iklim dingin dan berada di dataran tinggi, tentunya membuka usaha teh sangatlah mendukung di tempat ini.

Bagi masyarakat Jawa Timur, Kebun Teh Wonosari seperti pengganti dari wisata puncak, khususnya yang berdomisili di kota Malang. Keindahan panorama dari kebun teh wonosari tidak kalah menariknya dari beragam macam objek wisata di Bali, Manado, Bandung, ataupun wisata populer lainnya.

Lantas seperti apa sih Kebun Teh Wonosari? Nah, bagi Anda yang penasaran dengan kebun teh ini, maka Anda dapat simak pembahasan berikut ini.

Sejarah Kebun Teh Wonosari

Tahukah Anda kalau Kebun Teh Wonosari ini memiliki sejarah yang menarik? Pada umumnya, kebun teh yang ada di kawasan Malang ini sudah ada mulai tahun 1875. Dan pada tahun tersebut, lahan dari kebun ini hanya berfungsi sebagai kebun kopi dan kina.

Mulai dari tahun 1910, kebun yang satu ini beralih ke kebun teh yang dipimpin oleh pemerintah Hindia Belanda. Setelah Indonesia negeri kita Merdeka, status dari kebun ini dinasionalisasi dan sampai saat ini berada di tangan PTPN XII.

Aktivitas Kebun Teh Wonosari

 

kebun teh wonosari

sumber : www.idntimes.com

Kebun Teh Wonosari dapat menjaminkan kalau aktivitas Anda selama berwisata kesini akan lebih menyenangkan. Disini Anda tidak hanya menikmati panorama hamparan daun hijau teh yang indah saja, justru Anda juga dapat menikmati aktivitas seru yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Anda dapat melihat proses dari pengelolahan teh, proses memetik daun teh hingga menjadi teh yang telah siap untuk diseduh. Bukan hanya itu saja, disini juga Anda dapat melihat proses penerimaan teh, proses penggilingan, proses pelayuan, fermentasi, pengeringan, pengepakan hingga teh telah siap untuk dipasarkan.

Dan kebanyakan teh yang sudah dihasilkan dari kebun ini akan diekspor keluar dari pulau Jawa. Bahkan, hingga sampai ke beragam macam negara luar yang ada. Akan tetapi, kegiatan yang seperti ini hanya dapat dinikmati pada saat hari kerja. Sedangkan hari liburnya, pengunjung tak dapat melihat proses demi proses teh disini.

Sarana Permainan

Di Kebun Teh Wonosari ini, Anda tidak akan pernah bosan, sebab ada banyak hal yang dapat Anda lakukan disini. Salah satunya Anda dapat mengunjungi Zoo mini untuk melihat beragam macam hewan yang ada.

Selain itu, Anda juga dapat bermain bersama anak-anak Anda di playground yang sudah disediakannya. Atau bisa juga Anda bersantai di taman maupun bermain di area permainan outbound hingga berenang di kolam renang yang hangat.

Karena tempatnya cukup luas, Anda juga dapat bermain dengan menggunakan ATV atau bisa juga mobil battery agar Anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menantang. Bisa juga Anda berolaharga dengan bermain sepak bola, tenis, volley hingga berlarian atau jogging di area yang sudah disediakan oleh mereka.

Kuliner ataupun Oleh-oleh

Setelah Anda beraktivitas dan bermain-main di area Kebun Teh Wonosari, tentunya Anda akan merasa kelaparan. Tapi, tak perlu khawatir karena disini juga tersedia wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah Anda. Disini tersedia rumah makan serta beragam macam kios yang ada. Makanan disini juga sangat beraneka ragam.

Sebelum pulang juga, Anda bisa membawa bingkisan berupa oleh-oleh dari kebun ini. Oleh-oleh dari sini bukan hanya penjualan berupa teh, melainkan disini juga tersedia makanan dan minuman hingga kerajinan menarik yang telah dibuat langsung oleh warga setempat.

Fasilitas

Apabila Anda datang di Kebun Teh Wonosari ini, Anda tak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakannya. Sebab, disini telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Mulai dari penyediaan penginapan (villa, cottage, hotel, wisma), masjid, restoran, rekreasi hingga tempat olahraga.

Yang menariknya lagi, disini juga mampu membuat Anda terasa nyaman dengan adanya koneksi internet atau WiFi. Dengan begitu, ini akan membuat wisatawan menjadi lebih mudah dalam mengakses internet. Keren bukan?

Rute Menuju Kebun Teh Wonosari

Gimana menarik kan Kebun Teh Wonosari ini? Tentunya kita ingin berpergian kesana. Tapi bagaimana caranya? Cukup mudah, dari Surabaya Anda dapat mengikuti jalan utama Surabaya-Malang.

Setelah kurang dari 80 km ke desa Lawang, ikuti petunjuk jalan yang sudah diarahkan ke kanan buat menuju wisata kebun teh tersebut. Jalannya cukup bagus, hanya saja ada tanjakan dan juga sedikit berbelok-belok, sebab daerah ini merupakan daerah yang berada di dataran tinggi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Tertarik kan dengan Kebun Teh Wonosari? Sebelum Anda mengunjunginya, pastikan kalau Anda sudah mengetahui tentang harga tiket masuk dan jam bukanya. Harga tiket masuknya bisa mencapai IDR 15.000/orang di weekday, dan IDR 20.000/orang saat weekend.

Jam buka argowisata ini, Anda bisa mengunjunginya di setiap hari dengan jam yang dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga sampai dengan 17.00 WIB.

Selama masa pandemik atau PPKM, sangat diharuskan untuk mematuhi aturan protokol kesehatan. Tetaplah berjaga jarak, memakai masker hingga hindari kerumunan dan mencuci tangan serta sudah vaksinasi. Dengan begitu liburan Kebun Teh Wonosari Anda akan terasa aman dan nyaman. Sekian pembahasan saat ini, terimakasih.