Bagi kamu yang sudah jenuh di rumah dan ingin berlibur, begini tips berwisata saat pandemi yang sangat penting untuk dipatuhi. Seperti yang kita tahu, sangat rawan untuk kita bepergian di tengah-tengah kondisi darurat seperti ini. Ada banyak persiapan yang benar-benar harus diperhatikan dan pastinya berbeda dengan kondisi sebelum munculnya virus ini. Lantas apa saja yang harus diperhatikan untuk berlibur dengan aman di masa sekarang? Yuk simak penjelasan berikut!

 

Image From : pxhere.com

 

Begini Tips Berwisata Saat Pandemi Yang Perlu Dipatuhi
Mengetahui kondisi kesehatan dan tingkat persebaran Covid
Mengetahui tingkat persebaran Covid di wilayah yang ingin dikunjungi adalah hal terpenting apabila ingin berlibur di kondisi seperti ini. Seperti yang diketahui bahwa persebaran virus ini sangat cepat, jadi meski pergi dalam kondisi sehat tetapi tetap saja virus ini berisiko sangat tinggi. Maka dari itu, pastikan dahulu kondisi badanmu benar-benar sehat, dengan memeriksa dahulu kondisi kesehatan sebelum berlibur.

Memilih lokasi yang aman
Sebelum bepergian, sebaiknya cari tahu dahulu informasi mengenai lokasi yang ingin dikunjungi, seperti rumah sakit terdekat maupun jumlah pasien penderita Covid. Guna menghindari dan mengurangi kerumunan, pilihlah lokasi wisata yang jarang dikunjungi wisatawan, misalnya air terjun, pantai, ataupun wisata alam terbuka lainnya. Risiko persebaran Covid di ruang terbuka justru tidak setinggi di kota-kota besar.
Memilih tempat penginapan yang tepat

Memilih penginapan yang tepat juga harus diperhatikan ketika berlibur di masa sekarang. Oleh karenanya, pilihlah penginapan yang menerapkan standar protokol kesehatan dengan ketat. Misalnya wajib memakai masker, rutin menyemprotkan desinfektan pada seluruh ruangan, dan selalu mengecek suhu badan tamu yang berkunjung.

Tetap mematuhi protokol kesehatan
Walaupun kondisi kesehatanmu baik, tetapi protokol kesehatan tetap harus dijaga dengan ketat. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu memakai dan membawa masker, hand sanitizer, serta alat keperluan pribadi kemanapun kamu pergi. Hindari juga keramaian dan pastikan tetap jaga jarak dengan orang-orang di sekeliling. Karena memang kunci berpergian yang aman yang perlu diperhatikan selalu adalah protokol kesehatan.

Nah, begini tips berwisata saat pandemi yang tepat untuk menghilangkan rasa penat di rumah. Di mana pun posisimu, tetaplah selalu waspada dan menjaga protokol kesehatan. Namun, jika kasus positif sedang melonjak, sebaiknya tahan dulu niatmu untuk bepergian. Dengan begitu kamu bisa mengurangi angka persebaran virus Corona.

Tips diatas tadi kami bagikan agar kamu bisa menikmati liburan saat pandemi,tetapi kamu bisa menunda dahulu berlibur. Karena memang angka kenaikan corona yang sedang banyak. Menikmati waktu kebersamaan di rumah dengan keluarga,ada baiknya dimanfaatkan sebagai momen terbaik juga. Saat sudah pulih semua,kita berharap bisa berwisata seperti sedia kala tentunya.