Menjadi salah satu musim yang amat sangat berkesan,sepertinya musim dingin di Jepang sangat menarik untuk diketahui. Berbeda dengan di Indonesia,Jepang memiliki musim dingin. Kita tak bisa menikmati musim dingin di Indonesia,karena negara kita tropis. Nah,bagi anda yang ingin mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan di Jepang saat musim dingin. Anda bisa membaca artikel yang akan kami bagikan dalam artikel ini. Mungkin terlihat asing,faktanya memang sangat amat berbeda. Mari langsung saja disimak artikel ini.

image from : pixabay.com

 

Kegiatan Seru Musim Dingin di Jepang

Mengunjungi Kuil di Tahun Baru

Shougatsu atau tahun baru merupakan salah satu hari libur terpenting di jepang, sekaligus menjadi acara paling tradisional untuk dilalui.Ada sebuah kebudayaan yang disebut sebagai “hatsumode”, yaitu kunjungi pertama di awal tahun untuk berdoa dan merayakan habisnya tahun di kuil-kuil terdekat.

Tak perlu menjadi seorang Budha atau Shinto untuk bisa melihat perayaan tahun baru di kuil Jepang. Banyak kok para wisatawan yang semata-mata menikmati hiruk pikuknya keramaian di tempat tersebut.Banyak pula orang Jepang menggunakan baju khas Jepang yang disebut sebagai kimono, sehingga menjadikan pemandangan unik dan luar biasa bagi kita sebagai pelancong.

Menikmati Makanan Musim Dingin

Salah satu metode terbaik demi membuat tubuh kita tetap hangat adalah dengan menikmati makanan hangat yang lezat.Di Jepang sendiri, kita bisa menikmati makanan khas musim dingin bernama Nabemono, atau dikenal sebagai hot pot ala Jepang.

Kita bisa menikmati makanan ini di restoran-restoran bergaya Jepang selama musim dingin. Nabe tersebut dapat berisi berbagai macam bahan dan masakan termasuk seafood, daging, sayuran, tahu, dan lain sebagainya – yang direbus dalam panci yang sama, kemudian dicelupkan ke dalam ponzu atau saus tipis beraruma jeruk.Bagi orang-orang yang menghabiskan musim dingin di Jepang, maka nabemono ini merupakan menu yang wajib untuk disantap.

Uji Keberuntungan dengan Fukubukuro

Selain kegiatan tahun baru yang begitu tradisional, orang Jepang juga memiliki beberapa kebiasan yang masih sejalan dengan budaya modern masa kini.Misalnya, ada sebuah tradisi untuk membeli “fukubukuro” atau tas keberuntungan. Kita pun sebagai pelancong yang ikut wisata Tokyo musim dingin boleh melakukannya sebagai ajang seru-seruan.

Pada awal tahun baru, beberapa pusat perbelanjaan akan menawarkan tas yang berisi dengan berbagai macam barang misterius.Isi dari tas tersebut memiliki harga yang jauh lebih murah atau mahal dari harga aslinya, tergantung tingkat keberuntungan kita tentunya.Penasaran kan? Coba beli satu atau dua buah tas, yang penting jangan ketagihan.

Mengikuti Tradisi Liburan Musim Dingin

Natal dan tahun baru bukanlah satu-satunya tradisi liburan musim dingin di Tokyo. Ada pula beberapa perayaan lainnya yang bisa kita ikuti dan nikmati, seperti seijin no hi, kagamibiraki, koshogatsu, dan lain sebagainya.

Seijin no hi sendiri merupakan hari kedewasaan di Jepang, yang biasanya dirayakan oleh mereka yang sudah berusia 20 tahun, namun masih bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Kagamibiraki merupakan acara pemotongan kue beras (mochi) yang diadakan pada tanggal 11 Januari. Sementara Koshogatsu diselenggarakan pada tanggal 15 Januari sebagai acara “tahun baru kecil”.Jika kamu memang memiliki waktu untuk melakukan wisata Tokyo musim dingin, kenapa tidak lakukan saja semua daftar hal seru di atas? Dijamin tak akan mengecewakan.