Menghilangkan kelelahan dengan liburan memang cara paling efektif untuk membuat pikiran Anda segar kembali. Di Indonesia, Anda dapat memilih dari Sabang hingga Merauke berbagai tujuan wisata. Ingin liburan menikmati pantai yang eksotis atau menikmati udara segar pegunungan.
Jika Anda ingin berlibur untuk menikmati pantai, tidak ada salahnya berlibur ke Pulau Kei Kecil, Maluku Tenggara, Maluku. Pulau Kei Kecil sangat memamerkan keindahan pantai. Anda dapat mengunjungi berbagai pantai dan tujuan wisata. Salah satu tujuan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Goa Hawang.

Di hutan yang terletak di desa Letvuan, pulau Kei Kecil, kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, ada keajaiban alam yang sangat menarik. Hawang terdiri dari dua gua dalam jarak 15 meter. Uniknya, kedua gua itu bisa dilangkahkan dulu di sungai bawah tanah. Saat berenang, suasananya lebih baik menggunakan kacamata sehingga mata tidak perlu ditutup. Pemandangan indah bebatuan di dasar air akan sangat jernih. Ini karena air yang terlihat biru memiliki tingkat kejernihan yang luar biasa. Saat keluar dari air, Stalagtit yang cantik di atap gua akan melanjutkan pemandangan yang menakjubkan.

 

Sungai itu sebenarnya lebih mirip kolam dengan air yang sangat jernih dan sejuk. Berada di dalamnya seolah ingin terus berendam sekaligus minum kesegaran. Ini karena air bersumber dari mata air Evu yang berdekatan melalui sungai bawah tanah. Mata air ini sendiri adalah yang terbesar di Kuil Kei Kecil.Goa Hawang yang terletak di Desa Letvuan berjarak sekitar 15 km dari Tual. Gua ini memiliki air yang jernih sehingga batu-batu di permukaannya bisa terlihat jelas.

Air di dalam gua terhubung langsung ke mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Mata air Evu adalah mata air terbesar di Kepulauan Kei. Objek wisata ini terdiri dari dua gua dalam jarak 15 meter yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah.

Goa Hawang yang terletak di Desa Letvuan memiliki air yang jernih dan sering dikunjungi wisatawan karena legenda yang membuat wisatawan penasaran. Sebenarnya gua ini memiliki misteri, konon tidak ada yang tahu kapan gua ini ditemukan. Namun, menurut cerita lokal, gua ini ditemukan oleh para tetua untuk waktu yang lama. Ada legenda tersendiri tentang Goa Hawang.

Di dalam gua ada batu yang melambangkan pemburu laki-laki memegang tombak dan dua anjing. Menurut legenda setempat, seorang pria pergi berburu babi hutan dengan dua anjingnya tetapi babi hutan itu tiba-tiba menghilang ketika memasuki gua.

Karena lelah dan haus mengejar babi hutan, lelaki itu kemudian meminum air gua yang terasa sangat pahit saat itu. Marah dan kecewa karena itu, pemburu melemparkan kata-kata kotor yang mengakibatkan

dia dan kedua anjingnya dikutuk dan berubah menjadi batu. Menurut penduduk setempat, Gua Hawang masih dihuni oleh roh jahat.
Namun, terlepas dari legenda, tempat itu memang sangat indah dan harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Selain itu, posisinya hanya sekitar 20 menit dengan kendaraan darat dari Pantai Ngurbloat, Tual. Sehingga wisatawan dapat melakukan wisata paralel mulai dari pantai yang terkenal dengan pasirnya yang sehalus tepung. Ini akan menjadi pemandangan tanpa akhir. Pergi ke sana dan jadilah yang pertama untuk mengatakan keajaiban kepada teman-teman di lingkungan.Itulah pembahasan mengenai Goa Hawang, Wisata Pemandian Alam Yang Aduhai. Semoga bermanfaat ya.