Gaji Tukang Parkir Pesawat – Saat berada di bandara Anda pasti sering melihat seseorang yang bertugas membantu parkir pesawat. Masyarakat awam menyebutnya tukang parkir pesawat, namun sebenarnya istilah resmi untuk pekerjaan ini adalah marshaller. Jika melihat mereka bekerja membantu proses parkir pesawat, Anda pasti akan merasa kagum.

Selain penasaran dengan gaji pilot, Anda juga mungkin penasaran berapa gaji tukang parkir pesawat per bulan atau per tahunnya? Nah untuk Anda yang penasaran berapa gaji tukang parkir pesawat, simak ulasannya berikut ini.

Mengintip Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat

gaji marshaller perbulan

Banyak info yang menyebutkan bahwa gaji tukang parkir pesawat ini bisa mencapai ratusan juta per tahunnya. Hal ini memang benar, jika di luar negeri. Akan tetapi itu juga bergantung dengan maskapai yang mempekerjakan dan juga lamanya pengalaman kerja sang marshaller.

Lalu, bagaimana dengan gaji marshaller di Indonesia? Menurut beberapa sumber informasi dijelaskan bahwa gaji marshaller di Indonesia umumnya mengikuti gaji UMR masing-masing kota. Gaji UMR ini kemudian masih ditambahkan dengan berbagai macam tunjangan. Jika dirata-rata, gaji marshaller di Indonesia dalams ebulan adalah sekitar 4 hingga 6 juta.

Besarnya gaji ini mungkin jika berbeda, kembali pada maskapai apa yang mempekerjakan mereka dan juga bagaimana pengalaman kerja yang dimiliki oleh sang marshaller tersebut.

Apakah Pekerjaan Marshaller ini Penting?

Bagi banyak negara pekerjaan marshaller ini masih sangat vital, karena belum banyak juga negara yang menggunakan sistem VDGS untuk sistem parkir pesawat mereka. Sistem VDGS merupakan sistem parkir otomatis sehingga tidak membutuhkan bantuan tenaga manusia lagi. Tenaga manusia mungkin dibutuhkan ketika sistem gagal atau tidak bisa dijalankan.

Bagi bandara yang masih sepenuhnya mengandalkan tenaga marshaller, pekerjaan ini sangat penting. Berikut adalah peran Marshaller dalam dunia aviasi.

Marshaller Merupakan Kepanjangan Mata Sang Pilot

Jika tugas pilot adalah mengendalikan pesawat, maka tugas marshaller adalah membantu pilot agar dapat memposisikan pesawat dengan tepat di lokasi yang sudah ditargetkan. Marshaller akan memberikan aba-aba menggunakan gerak tubuh agar dapat memberikan informasi pada sang pilot. Tugas lain marshaller adalah memeriksa landasan parkir agar terbebas dari benda asing.

Butuh Pelatihan Khusus

Untuk menjadi seorang marshaller Anda harus mengikuti sebuah pelatihan khusus agar dapat menerima lisensi. Tentu saja hal ini menandakan bahwa tidak semua orang bisa begitu saja menjadi seorang juru parkir pesawat.

Merupakan Salah Satu Komponen Penting dalam Penerbangan

Posisi pekerjaan marshaller dalam sebuah penerbangan sama pentingnya dengan petugas pengendali udara. Artinya pekerjaan ini juga menjadi salah satu bagian yang penting dalam kesuksesan sebuah penerbangan.

Dalam pelaksanaannya pilot akan melakukan koordinasi dengan teknisi perawatan pesawat untuk kemudian diinformasikan pada sang marshaller. Dari informasi teknisi inilah marshaller kemudian mengarahkan pesawat untuk parkir di lokasi yang sudah ditentukan.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Pekerjaan Marshaller

Selain tentang informasi gaji tukang parkir pesawat, Anda mungkin juga belum tahu tentang berbagai fakta menarik tentang pekerjaan ini, diantaranya:

  • Setiap marshaller umumnya memiliki jam kerja selama 13 jam per harinya.
  • Saat bekerja banyak aturan ketat yang harus diperhatikan oleh marshaller dan tidak boleh ada kesalahan sedikit pun.
  • Rata-rata marshaller hanya bisa memarkirkan 5 pesawat saja setiap harinya.
  • Alat yang digunakan saat bertugas malam hari akan berbeda dengan saat siang hari. Saat siang hari marshaller akan menggunakan bet, semacam tongkat lampu. Sedangkan pada malam hari marshaller akan menggunakan lampu.

Bagaimana, apakah ulasan mengenai gaji tukang parkir pesawat dan juga tugasnya ini sudah cukup bisa menjawab rasa penasaran Anda?