Besarnya gaji pilot memang terkadang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang ingin memiliki profesi tersebut. Namun apakah Anda sudah tahu berapa besaran pastinya bayaran yang akan didapatkan oleh seorang penerbang profesional.

Sebelum Anda mengincar gaji ada baiknya mengetahui apa saja syarat untuk bisa menjadi seorang pilot profesional. Karena untuk menjadi seorang penerbang pesawat komersial ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi.

Secara garis besar bayaran yang akan didapatkan tergantung pada maskapai penerbangan tempat bekerja. Jumlah bayarannya juga bervariasi tergantung pada jenis pesawat yang akan digunakan.

Oleh karena itu ada banyak variasi bayaran dari seorang pilot. Jika Anda mengincar bayaran tertinggi tentu saja harus memilih maskapai komersial besar. Satu hal lagi mengendarai pesawat multi engine selalu diberikan gaji lebih besar.

Untuk menjadi seorang pilot Anda perlu mengikuti pendidikan penerbangan khusus. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa instansi pendidikan yang menyediakan pengetahuan dan pelatihan terkait dengan penerbangan.

Pada bahasan berikutnya akan dijelaskan secara lebih rinci sehingga Anda tidak perlu lagi kesulitan jika Ingin menjadi seorang pilot. Biaya pendidikan juga bervariasi jadi bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial pribadi.

berapa gaji pilot

Gaji Pilot Dipengaruhi Oleh Pendidikan yang Ditempuh

Pendidikan dalam mengambil sertifikasi penerbang sangat berpengaruh pada nominal bayaran. Oleh karena itu Anda wajib memiliki beberapa sertifikat penerbangan khusus apabila ingin mendapatkan gaji besar.

Di Indonesia ada beberapa sekolah penerbangan yang bisa digunakan untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Jadi Anda tidak perlu harus keluar negeri untuk menjadi seorang penerbang handal dan memiliki bayaran tinggi.

BIFA adalah salah satu akademi penerbangan yang ada di Bali. Akademi ini menjadi salah satu terbaik di Asia. Jadi tidak salah jika gaji pilot lulusan disini relatif tinggi dibandingkan dengan sekolah lainnya.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk seluruh pendidikan di Instansi Ini sekitar 900 hingga 1.1 miliar rupiah. Dengan budget sebesar ini Anda tidak hanya bisa menjadi seorang penerbang namun juga dapat mengambil sertifikat instruktur.

Kemudian di Bandung juga ada BPA (Bandung Pilot Academy) yang sering dijadikan rujukan untuk menempuh pendidikan penerbang. Biaya yang dikeluarkan untuk menempuh pendidikan disini sekitar 700 hingga 800 juta.

Syarat yang diperlukan oleh seseorang untuk menempuh akademi tersebut adalah lulus SMA, memiliki tinggi badan memadai, dan kemampuan berbahasa asing bagus. Tiga syarat tersebut adalah hal umum yang wajib dimiliki.

Berapa Tepatnya Gaji Pilot antara Maskapai Penerbangan

Di Indonesia ada beberapa maskapai penerbangan besar tentu saja jumlah bayaran bervariasi. Jika di rata-rata gaji seorang penerbang profesional komersial antara 20 juta hingga 50 juta, berikut ini ada beberapa perbedaan.

Untuk maskapai besar seperti Garuda Indonesia, Sinarmas, dan Air Asia rata-rata gaji sebesar 45 juta. Untuk bekerja disitu pastinya Anda membutuhkan sertifikat lengkap dan jam terbang tinggi.

Apabila Anda bekerja di maskapai kecil seperti Lion Air dan Sriwijaya Air maka bayaran pilot antara 10 hingga 20 juta. Rendahnya gaji tersebut karena sertifikat yang diperlukan tidak terlalu tinggi dan tuntutan jam terbang juga rendah.

Biasanya seorang greenhorn mengawali karir di maskapai kecil untuk meningkatkan total jam terbang. Kemudian menempuh pendidikan sertifikat tambahan dan pindah pada maskapai lebih besar untuk meningkatkan gaji.

Selain bayaran pokok tersebut seorang pilot masih akan mendapatkan beberapa jenis tunjangan mulai dari asuransi kesehatan, bonus loyalitas, penghargaan kerja, lisensi penerbang dan banyak lagi.

Jadi meskipun tertulis rata-rata bayaran seorang pilot relatif rendah dengan adanya berbagai tunjangan tersebut bisa mengantongi hingga tiga kali lipat. Misalnya saja seorang penerbang senior dari Air Asia bisa mendapatkan bayaran 100 hingga 140 juta setiap bulan.

Namun profesi ini tidak boleh dianggap remeh karena memiliki tanggung jawab besar. Anda harus mampu membawa penumpang selamat sampai tujuan dalam berbagai kondisi. Jadi gaji pilot memang harus besar karena tanggung jawabnya tinggi.