Film Tentang Kecelakaan Pesawat – Inspirasi pembuatan film bisa datang dari mana saja. Mulai dari buku, pengalaman pribadi, hingga kisah nyata sebuah kejadian tertentu. Bahkan hingga saat ini sudah banyak sutradara yang mengangkat kisah nyata menjadi sebuah film. Seperti 5 film tentang kecelakaan pesawat yang diangkat dari kisah nyata berikut ini.

Selain mencekam, film-film kecelakaan pesawat juga kerap menyisipkan cara-cara darurat yang bisa dipakai jika suatu saat kita mengalami hal yang mungkin sama. Jadi, film tersebut memiliki nilai edukasi tersendiri.

Rekomendasi Film Tentang Kecelakaan Pesawat

Inilah rekomendasi film kecelakaan pesawat yang diangkat dari kisah nyata:

The Captain (2019)

Film berjudul The Captain mengisahkan salah satu pendaratan pesawat secara darurat yang paling ajaib sepanjang sejarah penerbangan dunia. Kisah dalam film ini diangkat langsung dari insiden nyata yang terjadi pada 2018 lalu, saat jendela kokpit bagian kanan pesawat Sichuan Airlines pecah di ketinggian 32 ribu kaki di udara.

Pecahnya jendela membuat pilot tersedot keluar jendela dan semua benda di area kokpit berhamburan keluar. Kapten Liu yang juga berada di kokpit berusaha untuk mengendalikan pesawat agar dapat dikontrol secara manual. 

Jika Anda penasaran bagaimana upaya Kapten Liu menyelamatkan kru dan penumpang pesawat, film The Captain bisa Anda saksikan lewat layanan streaming Hulu. 

Alive (1993)

Film tentang kecelakaan pesawat bergenre drama ini diadaptasi langsung dari buku biografi Piers Paul pada 1974 yang berjudul Alive: The Story of the Andes Survivors. Lewat buku dan film ini, Piers mengulas secara rinci tragedi jatuhnya pesawat yang ditumpangi tim rugby Uruguay dan menyebabkan mereka terdampar di pegunungan Andes. 

Saat itu pesawat Air Force Flight 571 menabrak sebuah gunung dan terpecah. Penumpang yang selamat berusaha bertahan hidup dengan makanan yang tersisa sambil menunggu datangnya tim penyelamat. 

Selama 12 hari mereka tidak hanya bertahan dari kelaparan, tapi juga dinginnya udara di pegunungan Andes saat itu. 

Sully (2016)

Sully menjadi film kecelakaan pesawat selanjutnya yang diangkat dari kisah nyata. Film yang disutradarai Clint Eastwood ini rilis perdana pada tahun 2016. dibintangi oleh Tom Hanks yang berperan sebagai kapten pilot bernama Chesley Sully Sullenberger. 

Film ini mengisahkan sosok Sully yang melakukan pendaratan darurat dengan US Airways Penerbangan 1549 di Hudson River pada 2009 silam. Ajaibnya, 155 penumpang dan kru di pesawat itu tidak mengalami luka berat akibat pendaratan tersebut.

Kejadian itu lantas membuat penyelidikan berlaku dan mengusut lebih jauh apa penyebab yang sebenarnya terjadi. Sayangnya, upaya penyelidikan justru memojokkan Sully dan membuat karirnya terancam.

United 93 (2006)

Film tentang kecelakaan pesawat yang satu ini tak hanya menegangkan, tapi juga menguras air mata. United 93 bercerita tentang penumpang dan awak pesawat yang mencegah upaya teroris membajak pesawat. 

Kejadian ini terjadi pada 11 September 2001 silam dan mengakibatkan pesawat yang mereka tumpangi menabrak lapangan di dekat Pittsburgh. Padahal para teroris menargetkan Gedung Capitol Amerika Serikat. 

Sang sutradara, Paul Greengrass menjelaskan bahwa seluruh keluarga penumpang di pesawat itu turut serta dalam pembuatan film United 93. 

Amelia (2009)

Menjadi pilot perempuan pertama tentu merupakan kebanggaan dan pencapaian terbesar. Itulah yang terjadi pada Amelia Earhart, pilot perempuan pertama di Amerika Serikat. Kecintaan Amelia dengan dunia penerbangan membawanya pada ekspedisi terbang keliling dunia. 

Sayangnya Amelia justru menghilang secara misterius di Samudra Pasifik pada tahun 1973 silam. Secara garis besar, film tentang kecelakaan pesawat ini mengisahkan kilas balik sosok Amelia sebelum ia dipastikan menghilang secara misterius. 

Itulah beberapa film yang mengisahkan tentang kecelakaan pesawat. Semoga dapat menjadi referensi Anda yang saat ini sedang mencari film apa yang cocok untuk ditonton.