Fakta Unik Seputar Dunia aviasi dan pesawat terbang memang memiliki banyak fakta menarik. Konstruksi pesawat pertama yang diciptakan dari kayu dan kain saja sudah memberi fakta mengejutkan dari majunya peradaban ilmu penerbangan manusia.

Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi kedirantaraan yang terus berkembang dan memunculkan berbagai inovasi baru. Untuk itu di bawah ini kami akan membahas 5 fakta unik seputar dunia aviasi dan pesawat terbang yang perlu Anda ketahui.

5 Fakta Unik Seputar Dunia Aviasi dan Pesawat Terbang

Dari sekian banyak fakta di dunia penerbangan, inilah 5 fakta paling unik yang perlu Anda ketahui:

1. Pesawat Terbang Dirancang Anti Petir

fakta unik seputar dunia aviasi

Setiap harinya bumi dihantam oleh lebih dari 40 ribu petir. Terlebih jika sedang hujan deras, maka petir bisa menyambar dengan sangat ganasnya. Dan faktanya, diperkirakan bahwa setiap pesawat pernah tersambar petir minimal 1 kali dalam setahun atau setara dengan satu kali setiap 1.000 jam terbang.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena kecanggihan dunia aviasi telah membuat pesawat tahan terhadap petir. Sejauh ini semua pesawat sudah dilengkapi dengan sistem Static Discharge sehingga kemungkinan pesawat tersambar petir sangat minim sekali.

2. Terdapat Ruang Tidur Rahasia

Penerbangan jarak dekat tentu bukan menjadi masalah serius bagi pilot dan para kru yang bertugas. Namun untuk penerbangan jarak jauh yang memakan waktu hingga belasan jam tentu akan membuat pilot dan kru kelelahan.

Oleh karena itu, setiap pesawat dengan rute penerbangan jarak jauh pasti memiliki ruang tidur rahasia. Di dalamnya terdapat kamar-kamar kecil di mana pilot dan kru bisa beristirahat sejenak. Ruang tidur rahasia ini umumnya memang tidak terlihat dari area penumpang sehingga Anda jangan berharap bisa masuk ke dalamnya, ya.

3. Tidak Ada Tempat Duduk yang Aman di Pesawat

Mungkin Anda pernah mendengar mitos seputar dunia aviasi bahwa tempat duduk di area tengah pesawat adalah yang paling aman bagi penumpang. Padahal anggapan seperti itu sepenuhnya salah karena faktanya di pesawat tidak ada tempat duduk yang aman.

The Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat mengungkap bahwa setiap kejadian kecelakaan itu unik dan bisa terjadi kapan saja dengan berbagai kondisi. Baik itu saat di udara, di landasan, atau saat hendak mendarat. Dan setelah melalui proses analisa yang dilakukan oleh FAA dengan 17 simulasi kecelakaan pesawat, disimpulkan bahwa tidak ada tempat duduk yang aman karena semua memiliki risiko kecelakaan yang sama. Menurut situs berita ulasan m88, bahwa tempat duduk terdepan merupakan salah satu posisi paling berbahaya

4. Mematikan Lampu Ketika akan Mendarat

matikan lampu ketika mendarat

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kru pesawat selalu mematikan atau meredupkan lampu ketika pesawat akan mendarat. Faktanya, hal itu dilakukan sebagai antisipasi apabila ada kerusakan listrik yang terjadi saat pesawat mendarat dan membuat lampu mendadak mati. Sehingga nantinya jika hal itu terjadi mata para penumpang sudah terbiasa dengan kondisi gelap dan tidak menimbulkan kepanikan.

5. Tidak Ada Makanan Lezat di Pesawat

Fakta dunia aviasi yang terakhir adalah tentang makanan di pesawat. Sejauh ini menu makanan di pesawat memang memiliki reputasi yang paling buruk dibanding moda transportasi lainnya. Menurut sebuah studi di Cornell University pada tahun 2015 dilaporkan bahwa lingkungan yang kering di pesawat menjadi penyebab utama mengapa makanan di dalamnya tidak lezat.

Lewat studi tersebut juga ditemukan fakta bahwa orang-orang yang mengkonsumsi makanan manis di pesawat akan terasa kurang manis. Sedangkan mereka yang mengkonsumsi rasa asin akan terasa jauh lebih asin daripada aslinya.

Nah, sekarang sudah tahu kan 5 fakta unik seputar dunia aviasi dan pesawat terbang? Semoga informasi ini bermanfaat dan kalau penasaran silahkan coba sendiri ya menu makanan di pesawat pada penerbangan Anda berikutnya.