Daftar Kecelakaan Pesawat di IndonesiaPesawat merupakan salah satu moda transportasi yang secara statistik tergolong paling aman di dunia. Setidaknya menurut laporan kecelakaan fatal yang menimpa pesawat komersil tidak lebih dari 1 banding 5,58 juta tiap tahunnya. Namun, kecelakaan masih saja bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari human error, cuaca hingga kejadian-kejadian tidak terduga. 

Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup sering mengalami kecelakaan pesawat. Tidak cuma di Indonesia, di belahan dunia lain pun banyak sekali terjadi kecelakaan pesawat. Tidak sedikit dari peristiwa tersebut yang akhirnya diangkat menjadi sebuah film

7 Kecelakaan Pesawat di Indonesia 

Berikut ini telah kami rangkum beberapa sumber dari 7 tragedi kecelakaan pesawat di Indonesia:

Mandala Airlines RI 091

Kecelakaan Pesawat Mandala

Kecelakaan Pesawat Mandala. Sumber: Wikimedia Commons

Daftar kecelakaan pesawat di Indonesia yang pertama adalah Mandala Airlines RI 091. Tragedi kecelakaan pesawat terjadi saat pesawat Mandala Airlines lepas landas dari Bandara Polonia, Medan pada pukul 09.40 WIB. 

Pesawat tersebut tidak dapat melakukan take off dengan sempurna hingga jatuh ke permukaan warga yang berjarak sekitar 100 meter dari Bandara Polonia. Api berkobar sangat besar hingga menyebabkan pesawat dan beberapa rumah terbakar.

Penerbangan dengan rute Medan-Jakarta tersebut membawa 112 penumpang dan dikabarkan telah menewaskan 100 orang serta 49 warga Padang Bulan, Medan. Take off sendiri merupakan salah satu aktivitas pesawat yang paling krusial. 

Adam Air KI 574

1 Januari 2007 menjadi awal dari tragedi jatuhnya pesawat boeing 747-400 milik Adam Air. Pesawat Adam Air dengan rute penerbangan Surabaya-Manado itu diketahui jatuh dan tenggelam di perairan Sulawesi. 

Black Box milik Adam Air KI 574 baru ditemukan 7 bulan kemudian, tepatnya pada 27 Agustus 2007. Kotak hitam tersebut ditemukan di perairan Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 2.000 meter. Tercatat ada 96 penumpang dan 6 awak kabin yang dikabarkan tewas dalam tragedi tersebut.

Kecelakaan pesawat Adam Air ini memberikan dampak yang sangat fatal bagi dunia penerbangan Indonesia di mana Amerika menurunkan peringkat keselamatan penerbangan Indonesia. Eropa bahkan memasukkan seluruh maskapai Indonesia ke daftar maskapai terlarang yang masuk ke negara-negara Eropa.

Garuda Indonesia GA 200

Garuda 200 Daftar Kecelakaan Pesawat di Indonesia

Foto Garuda 200. Sumber: Wikimedia Commons

Maskapai Garuda Indonesia pernah mengalami kecelakaan pesawat pada 7 Maret 2007 ketika hendak melakukan pendaratan di Bandar Udara Adi Sudjipto, DI Yogyakarta. Badan pesawat terbelah menjadi dua dan salah satu bagian sayap pesawat pecah. 

Pesawat Garuda Indonesia dengan rute penerbangan Jakarta-Yogyakarta itu membawa 133 penumpang dan 22 orang di antaranya tewas. Salah satu penumpang pesawat yang berhasil selamat adalah tokoh nasional Din Syamsudin yang hanya mengalami luka ringan. 

Dalam penyelidikan yang dilakukan oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi, pilot Marwoto Komar ditetapkan sebagai tersangka karena dinilai telah mengabaikan sejumlah peringatan bahaya. Flap sayap pesawat tidak diatur untuk pendaratan dan pesawat melanju 60% lebih cepat daripada yang seharusnya.

Pengadilan Negeri Sleman memvonis bersalah Pilot Marwoto dan dijatuhi hukuman 2 tahun penjara. Ia menjadi pilot Indonesia pertama yang dijatuhi hukuman akibat pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan pesawat.

Sukhoi Superjet 100

Daftar kecelakaan pesawat di Indonesia yang selanjutnya terjadi pada tanggal 9 Mei 2012, pesawat buatan Rusia, Sukhoi Superjet 100 dikabarkan hilang kontak dan menabrak Gunung Salak di Bogor, Jawa Barat. Pesawat yang lepas landas dengan tujuan sebagai demonstrasi itu berangkat dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Pesawat Sukhoi Superjet 100 membawa total 50 penumpang yang dikabarkan tewas dalam kecelakaan tersebut. Tim langsung menyimpulkan seluruh penumpang tewas setelah mengetahui pesawat menabrak sisi gunung secara langsung. Akibat kecelakaan ini, Kartika Airlines yang sebelumnya telah memesan  30 Sukhoi Superjet 100 menunda pesananya. 

Air Asia QZ 8501

Pesawat Air Asia QZ 8501 menambah daftar kecelakaan pesawat di Indonesia. Penerbangan pesawat Air Asia nomor QZ 8501 dinyatakan hilang setelah lepas landas selama 40 menit dari Bandara Juanda, Surabaya. Kejadian ini terjadi pada 28 Desember 2014 silam di mana pesawat Air Asia membawa 155 penumpang dengan rute Surabaya-Singapura. 

Pesawat tersebut diperkirakan jatuh di Selat Karimata. Dalam proses pencarian di perairan Selat Karimata, tidak ditemukan penumpang yang selamat sehingga seluruhnya dinyatakan gugur dalam tragedi tersebut.

Lion Air JT 610

Maskapai Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang dinyatakan hilang pada 29 Oktober 2018. Kejadian ini tentu masih membekas di ingatan kita semua karena menjadi salah satu daftar kecelakaan pesawat di Indonesia yang paling mematikan. 

Setidaknya tercatat ada 188 penumpang dalam penerbangan tersebut dan seluruhnya dinyatakan tewas. Pesawat Lion Air JT 610 terjatuh di Karawang, Jawa Barat setelah 13 menit lepas landas dari Jakarta. 

Sriwijaya Air SJ 182

Indonesia kembali berduka pada 9 Januari 2021 yang lalu. Pesawat Sriwijaya Air dengan rute Jakarta-Pontianak mengalami kecelakaan dan menewaskan total 62 penumpang termasuk awak kabin. Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak sesaat setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. 

Itulah 7 daftar kecelakaan pesawat di Indonesia yang tercatat sebagai tragedi kelam di dunia penerbangan.