Kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini nyatanya punya banyak destinasi wisata eksotis nan menarik. Kamu bisa menikmati wisata edukatif seperti Kebun Raya Bogor dan Taman Safari, hingga wisata alam seperti Curug dan sebagainya. Bogor sendiri punya banyak jenis Curug yang bisa dijelajahi, salah satu yang menarik ada Curug Nangka Bogor.

Letaknya yang agak tersembunyi dengan jalanan yang cukup ekstrim, bakal memberikan tantangan tersendiri saat ingin menjelajahinya lebih dekat. Meski begitu, alam di sekitarnya terbilang masih asri dan menawarkan pesona yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Penasaran dengan keindahan Curug Nangka Bogor dan rute perjalanan untuk sampai ke sana? Simak dulu yuk ulasan singkatnya berikut ini.

Sekilas Tentang Curug Nangka Bogor

Berada tepat di kawasan lereng Gunung Salak, destinasi yang satu ini sangat layak buat dikunjungi. Tempatnya sendiri berada di atas ketinggian sekitar 750 mdpl, jangan heran jika suhunya cukup sejuk dengan pemandangan alam yang hijau dan asri.

Nama Curug Nangka sendiri diambil dari nama pohon yang konon katanya tumbuh di sekitar kawasan air terjun tersebut. Pohon nangka tersebut selalu berbuah sepanjang tahun, seolah tak pernah habis buahnya. Tak satu pun yang mengetahui asal pohon nangka tersebut.

Seiring waktu berjalan, pohon nangka tersebut pun hilang dengan sendirinya entah kemana. Meski tak lagi ada pohon nangka di sekitar air terjun, namun warga setempat tetap menyebutnya dengan sebutan Curug Nangka.

Daya Tarik Curug Nangka Bogor

Curug Nangka Bogor memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang selalu mengalir meski musim kemarau. Ada sejumlah vegetasi yang tumbuh di kawasan air terjun yang menambah suasana makin asri. Sekilas suasana hijaunya yang cantik hampir mirip dengan wisata hutan pinus Mangunan menarik  yang ada di Jogjakarta.

Untuk mencapai kawasan air terjun, kamu perlu melewati beberapa sungai kecil dan jalan setapak. Sungai tersebut menjadi satu-satunya jalan untuk menuju ke kawasan curug. Meskipun demikian, debit airnya terbilang tenang, sehingga cukup mudah saat akan dilalui.

Tak jauh dari lokasi Curug Nangka, terdapat dua curug lainnya yang tak kalah mempesona, yakni Curug Daun dan Curug Kawung. Debit air dari kedua Curug tersebut memang lebih kecil, sehingga mungkin tampak kurang berkesan berbeda dengan Curug Nangka.

Selain mengeksplorasi air terjunnya dengan berswafoto, kamu juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya, seperti berkemah. Di kawasan sekitar Curug ada sejumlah kera liar yang tinggal, jika beruntung kamu bisa bertemu dengan mereka. Pastikan untuk selalu berhati-hati dan tidak bertindak gegabah ketika tidak sengaja berpapasan dengan kera-kera tersebut.

Lokasi dan Rute ke Curug Nangka Bogor

curug nangka bogor

Source: instagram.com/nasi.kartofel

Curug Nangka Bogor berlokasi di kawasan Desa Sukajadi, Tamansari, Bogor – Jawa Barat. Kamu bisa menjangkau tempat tersebut dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, namun lebih disarankan untuk naik transportasi umum.

Jika kamu datang dari luar kota Bogor, kamu bisa menggunakan KRL dan turun di Stasiun Bogor. Lalu jalan ke arah Bogor Trade Mall yang tepat berada di depan stasiun. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan angkot 03 ke arah Ciapus dengan jarak tempuh kurang lebih 30 sampai 45 menit. Lalu turun di jalan pertigaan Ciapus dan naik angkutan BFC biru ke arah Curug Nangka dan turun di depan The Highland Park Resort. Lalu lanjut naik angkot lagi yang berwarna hijau dan sampailah di kawasan parkir Curug Nangka.

Harga Tiket dan Jam Buka

Agar bisa masuk ke kawasan Curug Nangka Bogor, kamu perlu membayar tiket masuk yang terbilang cukup murah. Di loket pertama kamu perlu membayar sekitar Rp 7.500 an per orang, lalu di loket selanjutnya bayar lagi sekitar Rp 10 ribuan. Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan sekitar Rp 5 ribuan untuk kendaraan roda dua dan Rp 10 ribuan untuk kendaraan roda empat.

Buka dari jam 6.30 pagi, kamu bisa menikmati keindahan alam Curug Nangka dan sekitarnya hingga jam 7 malam. Di sekitar lokasi air terjun juga sudah tersedia sejumlah fasilitas umum lainnya. Seperti, warung makan, mushola, toilet dan sebagainya. Jadi tak perlu khawatir jika lupa bawa bekal dari rumah, karena sudah ada warung yang siap dengan menu makanannya.

Tips Saat Berkunjung ke Curug Nangka Bogor

Tertarik mencoba keseruan bermain air di Curug Nangka Bogor? Tapi sebelum berangkat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar liburan makin seru, nyaman dan menyenangkan. Berikut diantaranya.

  • Pastikan kondisi fisik benar-benar siap dan fit, karena jalur yang akan dilalui untuk menuju ke Curug nangka terbilang menantang. Jadi memerlukan ketahanan fisik yang cukup kuat.
  • Jika memang kondisi kesehatan tidak memungkinkan atau memiliki riwayat sakit yang parah, disarankan untuk tidak berangkat.
  • Pastikan untuk membawa serta baju ganti, minimal satu pasang Apalagi jika kamu ingin bermain air nantinya, jadi agar jalan-jalannya makin nyaman.
  • Perhatikan cuaca di sekitar lokasi, jika langit terlihat mendung atau berpotensi hujan. Sebaiknya, urungkan niat kamu ke kawasan curug.
  • Jika membawa kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, pastikan untuk memperhatikan kondisinya. Periksa sekali lagi semua bagian apakah layak dan siap untuk bepergian jauh.
  • Jangan lupa siapkan kotak p3k atau obat-obatan sederhana. Seperti minyak kayu putih, obat sakit kepala, dan sebagainya sebagai langkah antisipasi pertama.

Menarik sekali bukan pesona Curug Nangka Bogor? Meski letaknya tersembunyi di lereng Gunung Salak, namun keindahan alamnya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Apalagi buat kamu yang gemar bertualang di alam, destinasi ini patut masuk dalam list liburan kamu!