Bogor mempunyai banyak destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi, salah satunya Curug Bidadari Sentul. Curug yang satu ini tak kalah cantiknya dari Curug Nangka Bogor, lho. Buat kamu yang berdomisili di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya, destinasi ini bisa menjadi alternatif liburan di akhir pekan.

Curug Bidadari Sentul yang satu ini punya banyak hal menarik dan berbeda dari kebanyakan air terjun yang ada di kawasan Bogor. Nah, sebelum memutuskan untuk berangkat ke sana, simak dulu yuk ulasan singkatnya berikut ini.

Daya tarik dari Curug Bidadari Sentul

Hal menarik pertama yang membuat destinasi wisata ini menarik ada pada asal-usul namanya, Curug Bidadari. Disebut demikian karena adanya fenomena alam, yakni munculnya pelangi di air yang terjun ke bagian bawah. Pelangi tersebut kemudian di yakini sebagai sebuah jembatan yang digunakan oleh para bidadari untuk turun ke bumi untuk mandi ke kolam di dekat air terjun.

Selain itu, airnya yang jernih dan segar serta panorama alamnya yang eksotik membuat banyak pengunjung tertarik. Ditambah lagi aliran airnya juga cukup deras, serta kolam yang memiliki kedalaman cukup aman.

curug bidadari sentul

Source: instagram.com/sekitarbabakanmadang

Keberadaan batu besar tepat di bawah guyuran air terjun pun menambah kemagisan dan keindahan tempat ini. Agar bisa memberikan akses yang lebih mudah ke dekat air terjun, batu besar tersebut kemudian dibelah menjadi 2 bagian.

Bukan cuma batu besar saja yang punya daya tarik, tapi ada juga kolam air dengan luas sekitar 6.000 m². Kolam tersebut didesain mirip dengan pesisir pantai putih, sehingga cocok digunakan sebagai tempat berenang dan bermain anak-anak.

Kesegaran airnya yang juga cukup dingin pun berasal dari sumber air di pegunungan. Untuk menikmati keseruan di kolam ini, banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Dari mulai seluncur air, pelampung, hingga sepeda air sebagaimana yang ada di waterpark.

Kamu suka hunting foto kece atau selfie? Curug Bidadari Sentul pun juga punya sejumlah spot foto instagenik. Diantaranya ada di dekat kawasan air terjun. Sehingga kamu pun bisa berswafoto dengan background air terjun serta pepohonan hijau.

Tersedia juga saung kuliner dengan sajian aneka makanan dan minuman yang bisa kamu nikmati di sini. Jadi, bisa menikmati cantiknya Curug Bidadari Sentul sambil menyantap kuliner atau istirahat. Saung kuliner ini sendiri berada agak jauh dari area air terjun, jadi tetap aman dan nyaman.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan

Ada banyak aktivitas seru dan menarik yang dapat kamu lakukan di sekitar Curug Bidadari Sentul ini. Selain bermain air, kamu bisa hunting foto lanskap yang indah di sekitar area air terjun. Tentunya hal ini bakal bikin liburan makin seru dan menyenangkan.

Jika merasa sudah cukup lelah atau lapar, kamu bisa langsung ke area saung kuliner dan nikmati aneka hidangan kuliner yang menarik. Bahkan, kamu juga bisa mencoba naik wahana flying fox yang berada tepat di atas air terjun dan membentang hingga ke sisi kolam air.

Wahana ini cocok untuk kamu yang suka dengan kegiatan yang menantang adrenalin.

Aktivitas lainnya yang tersedia yakni kolam terapi ikan. Kamu akan diajak merasakan sensasi unik dari gigitan ikan-ikan berukuran kecil. Perlu diketahui bahwa terapi ini dapat membuat tubuh jadi makin nyaman dan rileks. Agar lebih terasa sensasinya, kamu bisa mencoba terapi ini selama kurang lebih 30 menit.

Jam Buka, Lokasi, dan Tiket Masuk

Curug Bidadari Sentul berlokasi di Jl. Sentul Paradise Park, Desa Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Dulunya, objek wisata yang satu ini dikenal dengan sebutan Curug Bojong Koneng seperti nama desanya.

Kamu bisa mengunjunginya setiap hari dari jam 6 pagi hingga jam 7 sore dengan harga tiket masuk sekitar Rp 30 ribuan per orang.

Rute menuju ke Curug Bidadari Sentul

Untuk menuju ke Curug Bidadari Sentul, kamu perlu menyesuaikan dengan lokasi awal kamu berangkat. Jika, kamu dari arah Jakarta, bisa pilih jalur Tol Jagorawi lalu keluar dari pintu exit Tol Sentul City. Selanjutnya, dari exit tol ambil arah kiri dan melewati Jl. MH. Thamrin.

Dari situ, jalan lurus hingga ke kawasan Sentul City. Kemudian, ikuti Jl. Siliwangi dan Jl. Bojongkoneng sepanjang kurang lebih13 Km. Selanjutnya, ambil arah kiri ke Jl. Gunung Batu menuju ke Jl. Sentul Paradise Park lalu ikuti terus sepanjang jalan hingga bertemu dengan Curug Bidadari Sentul dari sebelah kanan.

Tips Jalan-jalan ke Curug Bidadari

Agar liburanmu makin mengasyikan saat berada di Curug Bidadari Sentul, simak beberapa tips menarik berikut ini.

  • Datanglah di pagi hari agat bebas dari kemacetan, apalagi jika kamu berencana liburan akhir pekan.
  • Jangan lupa bawa serta perlengkapan pribadi, contohnya baju ganti serta alat mandi.
  • Agar lebih aman dan nyaman. Bawa uang tunai secukupnya.
  • Perhatikan sandal yang akan kamu gunakan, pastikan sandal tersebut aman dan nyaman, agar kamu tidak mudah terpeleset saat berjalan di sekitar kawasan.
  • Selalu awasi anak-anak yang ikut serta, terutama saat bermain di wahana air.
  • Perhatikan juga barang bawaan yang kamu bawa saat pergi liburan. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak dingginkan, seperti barang tertinggal hingga penjambretan.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan taati selalu protokol kesehatan, kapan saja dan di mana saja terlebih selama berlibur di kawasan Curug Bidadari Sentul.

Nah, demikian tadi informasi menarik tentang Curug Bidadari Sentul yang ada di kawasan Bogor. Tempat yang satu ini bisa jadi ide menarik buat tujuan liburan selanjutnya selain Situ Patenggang di Bandung. Sudah punya rencana ke mana akhir pekan nanti?