Info Wisata Candi Prambanan – Tempat wisata budaya dan sejarah di Yogyakarta selalu menarik untuk dibahas. Tak terkecuali dengan Candi Prambanan yang menjadi salah satu saksi bisu peninggalan kerajaan Mataram. Candi yang berdiri sejak ratusan tahun lalu ini menyimpan berbagai kisah menarik dan kental dengan aura magis.

Lalu sebenarnya apa yang ada pada candi ini dan bagaimana caranya menuju ke sana? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Sekilas Seputar Candi Prambanan

Foto Candi Prambanan

Foto Candi Prambanan. Sumber: Pixabay

Candi yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta ini sudah dibangun sejak tahun 850 Masehi, jaman kerajaan Mataram. Meskipun begitu, menurut Boborbudurpark.com, tahunnya masih dalam perdebatan para ahli. Saat itu Rakai Pikatan adalah sosok yang memerintahkan pembangunan candi dengan tujuan untuk menandingi kemegahan Borobudur.

Hingga saat ini, Prambanan masih berdiri megah dan memiliki beberapa area candi utama. Di antaranya seperti Candi Syiwa, Candi Wahana, dan Candi Apit. Masing-masing candi utama di Prambanan juga memiliki keunikannya tersendiri. 

Seperti Candi Syiwa yang paling ikonik dengan tinggi 25 meter dan menampilkan relief Ramayana yang dibuat searah jarum jam. Lalu Candi Wahana berupa patung Nandi yang digambarkan sebagai sapi suci setinggi 2 meter. Dan Candi Apit yang saling berhadapan satu sama lain di bagian utara dan selatan Prambanan.

Keseruan di Candi Prambanan

Anda bisa menemukan berbagai aktivitas seru di Prambanan, salah satunya tentu saja hunting foto untuk menghiasi akun media sosial Anda. Pelataran candi yang luas menjadikan spot wisata yang satu ini cocok menjadi objek foto lanskap. Pemandangan Prambanan juga sangat elok dipandang mata, terlebih di malam hari saat lampu-lampu menyorot langsung ke arah candi.

Selain itu, Anda juga bisa menjelajah ke berbagai sudut pelataran komplek candi. Pemandangan serba hijau dari taman-taman yang ada akan meningkatkan pengalaman wisata bersejarah Anda tak terlupakan.  

Jika Anda ingin menyaksikan pertunjukan di Candi Prambanan, maka Anda bisa datang pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Mulai pukul 19.30 – 21.30, seniman dan budayawan Yogyakarta akan menampilkan berbagai pertunjukkan di Prambanan. Harga tiketnya juga bervariasi, mulai dari Rp 125 ribu untuk kelas 1 sampai Rp 300 ribu untuk VIP.

Setelah lelah berkeliling dan menikmati keseruan yang ada, Anda bisa mampir ke sekitar Prambanan untuk menjelajah kios suvenir khas Yogyakarta, seperti gantungan kunci, kaos, dan kalung. 

Lokasi Candi Prambanan

Akses menuju Prambanan sangat mudah dijangkau karena tidak jauh dari Jalan Raya Jogja – Solo, tepatnya di Desa Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Anda bisa menempuh rute perjalanan dari kota Yogyakarta menuju Jalan Jogja – Solo terus ke Timur sampai menuju Prambanan.  Anda bisa mencari lokasi penginapan di Jogja yang tidak jauh dari Candi Prambanan. 

Setidaknya itulah lokasi termudah untuk menuju Prambanan dari pusat kota Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta menuju Prambanan kurang lebih sejauh 16 kilometer dan bisa ditempuh dengan motor dalam waktu sekitar 35 menit saja. 

Tiket Masuk Candi Prambanan

Prambanan menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah di Yogyakarta yang bisa dikunjungi wisatawan mulai pukul 06.00 – 17.00. Untuk masuk ke Prambanan, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 30 ribu saja. Sedangkan harga tiket untuk wisatawan asing dipatok sebesar USD 18 atau setara Rp 250 ribu. 

Anda yang berkunjung ke Candi Prambanan bisa berkeliling untuk berswafoto ataupun menikmati keindahan komplek candi. Situs bersejarah ini juga dibuka untuk umum setiap hari kecuali saat Hari Raya Nyepi. Jadi, tunggu apalagi? Pastikan Anda memasukkan Candi Prambanan ke daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi selanjutnya, ya!