Pengertian ATC dan Fungsinya – Saat Anda bepergian menggunakan pesawat terbang pasti melihat bangunan yang mirip dengan menara di sekitar bandara. Ya, bangunan seperti menara tersebut merupakan otak dari seluruh aktivitas pesawat di bandara. ATC adalah salah satu elemen dalam dunia aviasi yang sangat penting keberadaanya.

Menara tersebut berisi ATC. Pemandu lalu lintas udara atau yang biasa disebut dengan ATC ini merupakan profesi yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara. Dengan adanya ATC ini untuk mencegah antar pesawat mendekat satu sama lainnya. ATC ini mencegah tabrakan antar pesawat udara, selain itu menghindarkan rintangan pesawat dengan yang ada di sekitarnya selama beroperasi.

Apa itu yang Dimaksud dengan ATC?

ATC adalah rekan paling dekat pilot selama di udara. Peran ATC ini sangat besar demi mencapai tujuan penerbangan. ATC memiliki peran dalam mengatur kelancaran arus lalu lintas. Mereka membantu pilot mengendalikan pesawat dalam keadaan darurat. ATC juga memberikan informasi yang dibutuhkan pilot misalnya adalah membaca informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan dan juga yang berhubungan dengan lalu lintas udara.

Semua aktivitas yang ada di area manuver ini harus mendapatkan mandat dari ATC. Baru ATC tersebut memberikan informasi dan instruksi. ATC juga memberikan mandat kepada pilot sehingga keselamatan penerbangan terjaga. Semua komunikasi ini harus dilakukan dengan peralatan dengan aturan yang terpenuhi.

ATC ini juga menjadi media strategis dalam menjaga kedaulatan suatu wilayah atau negara.

Fungsi ATC bagi Pilot

fungsi atc dalam dunia penerbangan

Banyak sekali fungsi ATC yang wajib untuk Anda ketahui seperti berikut ini:

  • Mencegah tabrakan antar pesawat.
  • Fungsi ATC adalah untuk mencegah tabrakan antar pesawat di area pergerakan di rintangan area tersebut.
  • Mempercepat dan mempertahankan lalu lintas udara.
  • Memberikan saran maupun informasi yang ada hubungannya dengan keselamatan pesawat. Selain itu juga efisiensi pengaturan lalu lintas udara.
  • Memberitahukan kepada organisasi yang berwenang dalam mencari pesawat. Selain itu melakukan pencarian dan pertolongan sesuai dengan organisasi yang disyaratkan.

Profesi ATC

Bisa dikatakan profesi ATC adalah profesi yang sangat mulia. Profesi ATC juga bergengsi dan juga pintar. Pesawat terbang dengan semua penumpangnya ini harus tunduk pada perintah seorang ATC.  Tugas dan juga tanggung jawab ATC ini sangat berat. Fungsi keselamatan pesawat mulai dari persiapan terbang sampai dengan berhasil landing di bandara tujuan ini berkat peran ATC.

Untuk bisa menjadi seorang ATC pun tidak mudah. Menurut Humas IATCA Ahmad Izazi, seorang ATC ini harus pintar, pandai berkomunikasi dan juga bekerja sama baik dengan sesama ATC. Selain itu seorang ARC harus bisa bekerja sama dengan pilot maupun pemangku kepentingan yang lain.

ATC profesional harus menguasai teknis dan juga memiliki kemampuan non teknis seperti kemampuan bergaul, berkomunikasi dengan baik dan benar. ATC dituntut untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan maupun profesionalisme sebagai ATC. Tugasnya sangat mulia mulai dari menjaga dan mengawal keselamatan penerbangan.

Gaji Profesi ATC

Untuk gaji, belum diketahui secara pasti berapa gaji yang diterima oleh ATC ini. Namun diikutip dari Detik tahun 2015 gaji seorang ATC adalah 15 juta untuk pemula. Cukup besar bukan? Tentu saja mengingat beban dan tanggung jawab yang harus diembannya.

Semakin bertambah pengalaman maka gajinya akan semakin tinggi. Nominal gaji seorang ATC bisa mencapai maksimal 45 juta per bulan. Hampir menyamai dengan gaji pilot. Penentuan gaji ini melibatkan IATCA atau Indonesia Air Traffic Controllers Association.  Wajar jika ATC memperoleh gaji besar karena memiliki tugas dan tanggung jawab yang mulia.

ATC adalah profesi yang mulia, tanpa peran ATC keselamatan dunia penerbangan tidak akan pernah tercipta, untuk bisa menjadi seorang ATC Anda harus sekolah terlebih dahulu agar memiliki kemampuan teknis yang dibutuhkan.