Singapura menjadi tujuan banyak orang Indonesia untuk liburan. Selain karena jarak yang relatif dekat, tempat wisata di Singapura sangat menarik untuk kamu kunjungi.

Universal Studios Singapore dan Marina Bay Sands mungkin sudah terlalu sering didengar banyak orang. Kedua tempat itu tidak luput dari bucket list para wisatawan. Namun, masih banyak tempat wisata di Singapura yang jarang jadi tujuan para turis. Apa saja? Simak tuntas artikel ini, ya!

7 Tempat Wisata di Singapura Anti Mainstream

Banyak orang mengetahui Singapura sebagai negara modern dengan gedung-gedung tinggi. Jika kamu ingin tahu sisi lain Singapura, berikut 7 tempat wisata di Singapura anti mainstream yang jarang diketahui.

1. Clementi Forest

Hutan ini awalnya adalah jalur kereta api untuk mengangkut dan menyalurkan berbagai barang dari Singapura ke Peninsula Malay. Sekarang, rute kereta api sepanjang 24 kilometer itu menjadi tujuan rekreasi alam di tengah hiruk pikuk kota Singapura.

Kamu bisa mengunjungi Clementi Forest yang terletak sekitar 10 menit dari bekas Stasiun Kereta Api Bukit Timah. Harus diingat, kamu perlu menyiapkan sepatu untuk mendaki jalan yang cukup sulit.

Untuk sampai di tempat wisata ini, kamu harus menyusuri jalan berlumpur dan hutan yang rimbun. Namun, jangan khawatir, pemandangan yang akan kamu dapatkan patut diacungi jempol!

2. Pearl’s Hill City Park

Tempat wisata di Singapura yang jarang orang tahu selanjutnya, yaitu Pearl’s Hill City Park. Taman ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati ketenangan. Letaknya tidak jauh dari Chinatown, tepatnya di Along Chin Swee Road, Pearl’s Hill Road, Singapore 169879.

Taman kota ini dibangun di bukit sekitar waduk sehingga kamu perlu mendaki tangga untuk menikmati keindahannya. Kamu bisa melihat ikan-ikan dan bunga teratai di permukaan airnya yang jernih. Nama taman ini diberikan untuk mengenang Kapten James Pearl, pemimpin kapal yang membawa Raffles ke Singapura.

3. Istana Woodneuk

Jika kamu ingin menguji nyali, Istana Woodneuk bisa jadi tempat yang pas. Istana ini dulunya merupakan milik Sultan Johor dan terletak di dalam hutan dekat area Holland Road dan Tyersall Road.

Setelah berabad-abad tidak berpenghuni, bangunan ini jarang disentuh wisatawan. Tidak ada salahnya jika kamu ingin melihat peninggalan sejarah di Singapura yang menarik ini.

4. Keppel Hill Reservoir

Tempat wisata di Singapura yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang cantik. Keppel Hill Reservoir dulunya digunakan sebagai waduk pribadi pada 1905 dan kemudian kolam renang pada 1940-an.

Sejak 1954, tempat ini sudah tidak ada dari peta resmi Singapura. Kamu bisa tiba di waduk dengan mengikuti jalan Keppel Hill Road yang penuh dengan tanaman-tanaman dan rumput liar. Asyik bagi kamu yang suka dengan tantangan.

5. Bukit Batok Hillside Nature Park

Tempat wisata di Singapura

sumber : mothership.sg

Bukit Batok Hillside Nature Park terletak tidak jauh dari Little Guilin di Batok Town Park. Dengan berjalan kaki selama 10 menit dari stasiun MRT Bukit Gombak, kamu bisa merasakan sensasi alam yang jarang ditemukan di kota Singapura.

Ketika mulai memasuki areanya, ada dua tiang di samping pemberhentian bus di pinggir hutan. Di sana, tanaman-tanaman liar sudah banyak tumbuh, sehingga kamu hanya perlu mengikuti jalan setapak yang ada.

Ada beberapa ikon yang dapat kamu temui di Bukit Batok Hillside Nature Park, seperti sumur tua,  jalan kayu tua dengan gapura ala Jepang, paviliun, dan jika kamu mendaki cukup tinggi, kamu bisa mencapai puncak bukit yang terbuka.

Tidak banyak diketahui tentang sejarah dan asal usul Bukit Batok Hillside Nature Park. Masyarakat mengatakan, di seberang wilayah tersebut dulunya adalah persawahan. Sekarang, keberadaannya diperjuangkan masyarakat sekitar agar menjaga hutan itu tetap utuh.

Selagi masih ada, luangkan waktu liburanmu di Singapura untuk ke sana. Jangan lupa pakai sepatu hiking, ya!

6. Kampong Lorong Buangkok

Bagi kamu yang suka dengan sejarah, Kampong Lorong Buangkok bisa jadi tempat yang tepat untuk itu. Terletak di Sengkang East Avenue, wilayah perkampungan ini sudah ada sejak 1956 dan sekarang menjadi satu-satunya desa yang bertahan di tengah pertumbuhan pesat di pulau utama Singapura.

Di sini, masih ada sekitar 20 keluarga yang tinggal sehingga kamu harus tetap menjaga ketenangan dan kesopanan, ya!

7. Smith Marine Floating Kelong Restaurant

Kamu bisa menikmati pengalaman makan berbeda dari yang lainnya di Smith Marine Floating Kelong Restaurant. Sambil menikmati pemandangan keindahan laut Singapura, kamu juga bisa mencicipi berbagai menu seafood, seperti sambal mussel, kepiting, udang kukus, calamari, dan lobster dengan saus labu.

Selain itu kamu bisa memancing sendiri ikan seperti seabass yang kemudian kamu santap. Smith Marine Floating Kelong Restaurant ini terletak di antara Pulau Ubin dan terminal feri Changi Point.

Mana Tempat Wisata di Singapura yang Menarik Perhatianmu?

Nah, ini 7 tempat wisata di Singapura yang jarang orang tahu. Cocok untuk kamu yang hobi explore ke tempat-tempat anti mainstream. Selamat berlibur!