Setiap negara memiliki kota terindah versi masing-masing, bahkan beberapa diantaranya pun diakui keindahannya dan bersaing dengan kota terindah atau kota terbaik di dunia. Keindahan ini bisa dari segi alamnya, tata kotanya dan bahkan kualitas hidup masyarakatnya yang juga menjadi faktor penting untuk masuk sebagai kategori kota impian. Jika Prancis memiliki Paris sebagai kota terindahnya yang sudah mendunia sejak lama, negara Swiss menyimpan banyak kota terindah yang kamu mungkin masih jarang mendengar namanya. Berikut ini adalah kota terindah di Swiss.

Kota Terindah di Swiss

1. Zermatt

Satu dari banyak kota menawan di Swiss yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke negara ini. Sebuah kota yang tenang berada di bawah pegunungan Alpen dengan nuansa yang memikat terutama saat musim salju tiba.

Selama berlibur di Zermatt wisatawan bisa menghabiskan waktu untuk sepuasnya bermain ski dengan area yang luas. Begitu pula dengan menikmati pemandangan pegunungan alpen baik dari bawah atau di puncaknya dengan menggunakan lift sebagai fasilitas salah satu fasilitas menuju puncaknya.

Suasana Zermatt malam hari di musim salju adalah momen terbaik  yang membuat pengunjung seakan enggan beranjak dari kota ini.

2. Interlaken

Bukan Swiss namanya kalau tidak menampilkan panorama memukau. Di kota interlaken menawarkan pemandangan kota di pinggir danau yang tenang dan bersih serta tampilan pegunungan yang membentang di depan mata.

Kecantikan kota interlaken sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Kota yang dikelilingi oleh Danau Brienz dan Danau Thun ini juga terkenal dengan makanan khas Swiss yang nikmat. Punya planning vacation atau bulan madu? Kota interlaken akan menawarkan kenyamanan dan keindahan bagi siapapun yang singgah disini.

3. Stein am Rhein

Kota terindah di Swiss

Kota terindah di Swiss selanjutnya yaitu sebuah kota dibilang indah juga tidak lepas dari sumber daya alamnya juga kebersihannya. Stein am Rhein merupakan kota yang terletak di pinggiran Danau Constance dengan pedesaan yang begitu bersih sama seperti kebanyakan kanton yang ada di Swiss.

Selain itu letak Stein am Rhein yang juga tepat di bawah pegunungan membuat kota kecil ini begitu segar. Berkunjung ke kota indah ini wisatawan juga wajib mampir ke kastil legendaris dan Biara Benediktin yang terkenal di Swiss.

4. Wengen

Jika dua kota sebelumnya terletak di pinggiran danau dan dekat dengan pegunungan, maka Wengen merupakan salah satu kota di Swiss yang letaknya di pegunungan. Menariknya, kota tertinggi di Swiss ini hanya bisa diakses dengan kereta api.

Maka sembari menuju ke kota Wengen sebagai salah satu kota terindah di Swiss, kamu bisa sekaligus menikmati landscape pegunungan yang hijau membentang. Selama mampir ke kota ini jangan lupa untuk menikmati sajian khas Swiss yang lezat.

Meskipun jauh dari hingar bingar perkotaan namun di kota ini kamu juga masih bisa menemukan hotel juga penginapan yang sebagian besar bangunannya terbuat dari kayu.

5. Montreux

Kota ini begitu terkenal di Swiss dengan panorama sekitar Danau Jenewa yang memukau juga penginapan atau hotel mewah yang bertebaran di sana. Meskipun begitu menginap di kota pinggir danau ini kamu akan tetap merasakan ketenangan hidup ala masyarakat Swiss.

Kota ini menyuguhkan hamparan rumput hijau subur yang luas, danau yang biru juga pegunungan Alpen megah di hadapannya. Satu hal yang menarik dari kota ini yakni terdapat puri tua megah yang sudah berdiri sejak abad ke 13 lalu bernama Chateau de Chillon.

Ingin mengunjungi kota Montreux? Maka saat paling tepat adalah awal bulan Juli supaya kamu bisa melihat festival Jazz terbesar di dunia.

6. Lucerne

Puas dengan kota terindah dengan pemandangan alam pedesaan yang tenang, maka kota terindah di Swiss selanjutnya datang dari Lucerne. Sebuah kota tua di Swiss dengan Danau Lucerne yang membentang memisahkan kota ini.

Disini pemukiman dan bangunan besar terlihat jauh lebih padat, tapi masih tetap meninggalkan kesan memikat khas Swiss. Beberapa bangunan tua ataupun yang bersejarah bahkan sengaja diberikan cat berwarna warni supaya membuat kota ini semakin cantik dan unik.

7. Bern

Siapa yang tidak tahu keindahan kota ini, Bern sebagai kota tua dan legendaris bahkan hingga menjadi salah satu kota yang dianggap sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

Daya pikat Bern sebagai kota yang indah, menawan dengan setiap sudut yang penuh nilai sejarah dan seni membuat berbondong-bondong wisatawan rela datang ke Bern untuk berbagai keperluan. Bisa dikatakan Bern menjadi kota seni terbesar di Swiss tempat lahirnya para seniman-seniman hebat.

Tertarik Mengunjungi Kota Terindah di Swiss?

Masih banyak lagi kota menarik yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke Swiss. Beberapa kota terindah di diatas bahkan tampak seperti lukisan yang begitu menawan hati.

Keelokannya ini tidak terlepas dari faktor keberagaman budaya, bahasa, alamnya dan cara hidup masyarakatnya yang patut kita contoh, untuk mewujudkan sebuah tempat tinggal yang layak dan nyaman untuk ditinggali. Sebab setiap kota memiliki keindahannya sendiri, tinggal bagaimana cara kita menjaganya untuk waktu yang lama. Kira-kira, mana kota terindah di Swiss pilihanmu?