Setiap negara pasti memiliki bangunan yang menjadi daya tarik para pelancong, salah satunya adalah Thailand. Kamu bisa menemukan banyak sekali bangunan terkenal di Thailand.

Beragam jenis bangunan yang unik bisa kamu nikmati keindahannya disini. Dari sekian banyak bangunan tersebut, kuil atau candi di Thailand harus masuk daftar list kunjunganmu berikutnya.

Sayangnya wisatawan hanya mengetahui beberapa candi di negara gajah putih ini. Padahal banyak sekali candi yang tersebar di negara yang indah ini. Bahkan, banyak masyarakat dunia yang menyebutnya dengan negara seribu candi.

Bangunan Terkenal di Thailand yang Wajib Kamu Kunjungi

Penasaran dengan candi-candi di Thailand? Yuk simak artikel ini sampai selesai. Ada apa saja ya?

1. Ayutthaya

Bangunan tersebut diberi nama dengan Candi Wat Chaiwatthanaram. Lokasi persisnya berada di ibukota kuno Thailand.

Candi ini adalah satu dari empat bangunan di Ayutthaya yang wajib untuk dikunjungi. Dibangun pada tepi sungai Chao Phraya sehingga lokasinya mudah diingat oleh para pengunjung.

2. Wat Arun

Candi ini memiliki nama lengkap yang cukup panjang yaitu Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara. Candi ini wajib untuk kamu kunjungi bersama keluarga dan teman-teman.

Lokasinya di pusat kota membuatnya mudah untuk dikunjungi wisatawan. Bukan hanya tempatnya yang strategis, ternyata bangunan terkenal di Thailand ini sangat indah saat memasuki matahari terbenam. Tak heran, candi ini disebut juga dengan Temple of Dawn.

Latar belakang berwarna kemerahan dengan bentuknya yang menjulang tinggi menambah keindahan candi ini. Bentuknya yang indah tersebut adalah wujud dari Mount Meru, atau pusat alam raja bagi penganut Buddha.

3. Wat Chalong

bangunan terkenal di Thailand

Bangunan terkenal di Thailand selanjutnya terletak di Pulau Phuket tepatnya yaitu Tambol atau kecamatan Chalong. Tempat ibadah ini dibangun untuk menghormati dua biksu yang berjasa di daerah tersebut, yaitu Luang Pho Chaem dan Luang Pho Chuang.

Disini kamu akan diperlihatkan perjalanan penyebaran agama Buddha di Thailand. Semuanya tergambar dengan indah di tembok-tembok candi ini.

Selain itu, stupa pada bangunan ini terdiri dari tiga lantai. Yang mana setiap lantainya diberikan patung-patung budhha berlapiskan emas. Untuk menikmati keindahan alam sekitar, kamu bisa pergi ke stupa paling atas.

Perlu kamu ingat, tempat ini sangatlah sakral. Maka dari itu, kamu tidak diperkenankan untuk ber swafoto di sini.

4. Wat Pho

Daya tarik pada destinasi ini adalah patung budha dengan pose tidur atau reclining Buddha. Dengan panjang 46 meter, patung ini dilapisi oleh emas sehingga sangat menarik mata bagi para pengunjung.

Ada beberapa hal lainnya yang menjadi daya tarik dari bangunan terkenal di Thailand ini. Pertama, Wat Pho terkenal dengan pembelajaran pijatan tradisional ala Thailand. Banyak yang mengatakan, pijatan tersebut sangat enak dan harganya yang murah.

Jauh sebelum itu ada, candi ini juga terkenal dengan pusat ilmu pengetahuan meliputi sains, agama, dan sastra. Namun seiring berjalannya waktu, ilmu tentang pijatan tradisional ala Thailand menjadi pendidikan yang diajarkan pada kuil ini.

5. Wat Phrathat Doi Suthep

Bentuknya yang berlapis emas, membuat bangunan terkenal di Thailand ini akan indah saat siang hari. Sesuai dengan namanya, tempat ini berlokasi di puncak Gunung Suthep, Chiang Mai.

Letaknya di atas pegunungan, membuat kamu harus mengeluarkan banyak tenaga saat mengunjunginya. 300 anak tangga sudah siap mengantarkan kamu sampai bangunan suci ini.

Jangan khawatir, saat ini kamu bisa menggunakan lift. Dengan demikian, kamu tidak perlu capek-capek untuk pergi ke candi dengan salah satu monumennya yang memiliki ketinggian 24 meter.

6. Wat Phra Mahathat

Dari sekian banyak bangunan terkenal di Thailand, tempat inilah yang termasuk dalam candi budha tertua di dunia. Oleh karena itu, kesakralan tempatnya sangat dijaga karena digunakan sebagai pusat spiritual umat budha.

Diketahui, candi ini berlokasi diĀ  Kota Nakon Si Thammarat. Dan bangunan ini telah berdiri sejak abad ke-14.

7. Wat Rong Khun

Dari kuil-kuil lainnya, bisa jadi bangunan ini dikategorikan dengan bangunan kuil termuda di Thailand. Itu karena Kuil ini dirancang pada tahun 1997 oleh pelukis berkebangsaan Thailand bernama Chalermchai Kositpipat.

Nuansanya warna putih pada setiap sisi bangunan memiliki arti tersendiri. Menurutnya putih adalah simbol dari kesucian umat Budha. Uniknya, ukiran yang menempel pada candi ini sangatlah berbeda dengan candi lain.

Perbedaan tersebut ditampilkan dengan simbol kehancuran seperti banyaknya tengkorak hingga patung-patung yang menyeramkan di setiap sisi bangunan yang terkenal di Thailand ini.

Meskipun demikian, tempat ini memiliki arti yang sangat mendalam. Saat kamu ingin memasukinya, kamu akan menemukan patung-patung tangan yang seolah-olah sedang meminta bantuan. Itu diartikan bahwa dunia penuh dengan dosa.

Tertarik Mengunjungi Bangunan Terkenal di Thailand?

Sebagai wisatawan, ada baiknya untuk menjaga sikap saat mengunjungi 7 (tujuh) bangunan terkenal di Thailand tersebut. Hal itu untuk memunculkan rasa saling menghargai terhadap peninggalan serta orang-orang yang berperan penting dalam menjaganya.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu terkaitkan tempat hits di Thailand. Komen dibawah jika kamu memiliki rekomendasi lainnya!