Buat kamu yang ingin menjadi pilot, ikutilah tips menjadi pilot pesawat profesional berikut ini! Hingga saat ini profesi pilot merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan oleh banyak masyarakat di Indonesia. Banyak kelebihan yang dirasakan seorang pilot, yaitu dapat pergi keliling dunia secara gratis dan bergaji tinggi.

 

Image From : Pixabay.com

Jika ingin menjadi pilot, pastinya harus menempuh pendidikan sekolah pilot. Masuk sekolah pilot tentunya tidak semudah yang dibayangkan, perlu melewati beberapa tes dahulu. Lantas hal-hal apa saja yang perlu disiapkan calon pilot? Bagi anda yang ingin menjadi seorang pilot profesional tak hanya sekolah saja. Tetapi,harus memperhatikan beberapa hal Simak tips berikut agar anda bisa belajar menjadi seorang pilot profesional.

Tips Menjadi Pilot Pesawat Profesional

Kesehatan yang prima
Kesehatan jasmani maupun rohani penting untuk dijaga oleh calon pilot. Adapun tes kesehatan yang perlu diikuti ialah tes telinga, mata, tinggi badan, darah, jantung, gigi, dan urine. Jika salah satunya bermasalah, kamu tidak akan lolos. Maka dari itu, aturlah pola hidupmu dengan istirahat yang cukup, berolahraga, makan secara teratur, serta menghindari obat-obatan dan rokok.

Mengetahui seluk beluk pesawat
Jika ingin jadi pilot, sudah pasti kamu harus mengetahui detail tentang pesawat, termasuk navigasi dan sistem pesawat. Teori penerbangan dan aktivitas pilot selama mengendarai pesawat, juga penting untuk diketahui calon pilot.

Kemampuan akademik
Kemampuan akademik juga perlu dimiliki, terutama kemampuan berbahasa Inggris. Sebab, seluruh buku panduan dan instruktur yang ada di sekolah biasanya memakai bahasa Inggris. Begitupun jika sudah menjadi pilot, pihak ATC selalu menyampaikan setiap informasinya dengan berbahasa Inggris.

Biaya pendidikan
Sama sekolah pada umumnya, sekolah penerbangan juga ada yang berstatus negeri dan swasta. Biaya untuk masuk sekolah pilot negeri umumnya lebih murah dibanding sekolah swasta. Biasanya biaya-biaya tersebut sudah termasuk biaya sampai lulus dan dapat dicicil.

Siap mengikuti seluruh prosesnya
Apabila telah dinyatakan lulus, kamu belum diperbolehkan untuk mengendarai pesawat. Justru kamu diharuskan untuk menghadiri kelas terbang maksimal 5 bulan, dilanjutkan dengan kegiatan simulasi, diikutkan terbang sebagai observer untuk kemudian diangkat menjadi co-pilot. Jika kinerja sebagai co-pilot bagus, maka diizinkan untuk mengendarai pesawat sendiri.

Cukup sulit bukan? Namun, jika kamu mengikuti tips menjadi pilot pesawat profesional tersebut dengan sungguh-sungguh, pasti akan terasa mudah. Jangan lupa juga untuk menjaga citra dirimu sebagai pilot, seperti jarang berbicara, berpenampilan rapi, dan bertubuh tegap.

Serta tentunya belajar dengan giat. Menjadi seorang pilot bukan hal yang mudah,tetapi anda perlu ingat bila kita menghargai proses dengan bekerja keras. Maka kita bisa menggapai impian kita. Semoga dapat menjadi referensi anda. Terima kasih telah membaca artikel ini.