Ternate merupakan mutiara terpendam di daerah Maluku Utara. Wisata alam Ternate ternyata tak kalah cantiknya dari tempat-tempat lain di Indonesia. Wilayah ini didominasi oleh laut maka tak heran wisata yang ditawarkan pun berhubungan dengan laut meskipun tidak semuanya.

Untuk kamu yang penasaran dengan destinasi wisata di wilayah Kota Ternate, kami sudah merangkum 6 tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Simak ya dalam artikel ini yang bisa kamu jadikan referensi hari ini.

Wisata Ternate

 

Pantai Falajawa
Para penggemar diving, siap-siap untuk menikmati keindahan bawah laut di destinasi wisata alam Ternate. Pantai Falajawa merupakan tempat favorit para penggemar diving karena spot ini merupakan spot diving yang terkenal. Selain diving, kamu juga bisa berenang di laut. Jangan khawatir soal pelampung, Pengelola Landmark Ternate sudah menyediakannya.

Landmark Ternate
Tak sah jika kamu berkunjung ke tempat yang pernah menjadi kota Maluku Utara tanpa menginjakkan kaki di sini, Landmark Ternate. Tempatnya cukup instagramable dan kamu juga bisa menikmati kuliner seperti lalampo, nasi jaha juga yang lainnya.

 

 

Pantai Sulamadaha
Letak wisata alam Ternate ini tak jauh dari Batu Angus. Pantai Sulamadaha dihiasi dengan pasir putih juga ombak yang relatif kecil sehingga aman dan nyaman untuk dikunjungi. Untuk menjejakkan kaki di pantai ini, kamu harus berjalan menyusuri jalan setapak. Kabar baiknya, jalan setapaknya tersusun rapi dengan beton. Jaraknya kira-kira 500 meter. Terdapat juga teluk sempit di salah satu bagian sisi pantai yang terlihat teduh karena dihiasi pepohonan rindang. Yang menyejukkan mata adalah airnya yang jernih sehingga dunia bawah lautnya tampak jelas.

Kamu penyuka snorkeling bisa menikmati wisata alam bawah laut Ternate di teluk ini. Peralatan untuk snorkeling bisa kamu sewa di tempat penyewaan yang tersedia di sini. Harga sewa perahu kecilnya Rp30.000 dan sewa bannya Rp5.000.

 

 

Taman Nukila
Saat memasuki wilayah Ternate, di Pelabuhan Ahmad Yani, tak jauh dari situ, sekitar 10 menit jalan kaki, kamu akan menemukan Taman Nukila. Di sini juga merupakan spot untuk diving yang layak dicoba. Saat menyelam ke dalamnya, kamu akan melihat kapal karam juga motor dan bus yang bisa menjadi tempat untuk berfoto yang menarik. Pemandangan wisata alam Ternate yang lainnya yang tak kalah menariknya adalah rombongan ikan-ikan yang datang menyeruak membuatmu takjub melihatnya.

Taman Nukila sendiri merupakan taman tempat berkumpulnya masyarakat Ternate. Tempat ini biasanya dipenuhi pengunjung saat weekend atau sore hari. Selain itu, pemandangan anak-anak yang berenang di tepian menjadikan taman ini semakin menarik untuk dikunjungi.

 

Danau Tolire
Tak hanya pantai dan spot diving, objek wisata lain yang juga terlihat memesona adalah Danau Tolire yang terdiri dari 2 buah, Tolire besar dan kecil. Danau yang kecil letaknya tepat di pinggir pantai dan berwarna gelap. Sedangkan danau yang besar memiliki warna hijau. Danau ini masih memperlihatkan jejak aktivitas vulkanik.

 

 

Gunung Gamalama
Objek menarik lainnya yang menjadi unggulan wisata alam Ternate adalah Gunung Gamalama. Tingginya 1.715 mdpl sangat menantang untuk didaki. Ketika berada di puncak, kamu bisa menyaksikan pemandangan Pulau Ternate. Sebuah pemandangan yang akan membuatmu terkagum-kagum. Sedikit tips yang berasal dari kepercayaan masyarakat setempat. Jika akan mendaki, jumlah pendaki harus genap jumlahnya. Dikhawatirkan jika ganjil akan terjadi kecelakaan.

Nah, itulah Ternate dan wisata alamnya yang menakjubkan. Pasti kamu penasaran ingin berkunjung, iya kan? Semoga dapat bermanfaat dan juga bisa menjadi referensi saat kamu berpergian ke Ternate. Jangan sampai lewatkan tempat tempat wisata tadi. Semoga Tempat Wisata Ternate diatas tadi bisa dijadikan referensi.