Menara Petronas atau Batu Caves adalah tempat wisata Malaysia yang sangat terkenal di Malaysia. Hampir setiap orang yang mengunjungi Malaysia akan menyambangi dua tempat wisata yang berada di Negeri Jiran tersebut. Namun, selain dua tempat itu, ada banyak tempat wisata lain yang lebih menarik di Malaysia yang jarang diketahui oleh turis.

Pada artikel ini, kami akan memberikan daftar 5 tempat wisata Malaysia anti mainstream, yang jarang dikunjungi turis. Tempat ini wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Malaysia dan ingin mendapatkan suasana baru untuk merasakan sisi lain dari negara tersebut.

5 Tempat Wisata Malaysia Anti Mainstream Terbaik

Ada banyak hidden gems yang bisa ditemukan di Malaysia, mulai dari cagar alam hingga pulau dengan sejarah yang menarik. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata menakjubkan yang jarang dikunjungi di Malaysia.

1. Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple adalah salah satu kuil terbesar dan paling menonjol di Asia Tenggara. Interior dan eksterior aula kuil dan pagoda terdiri dari ukiran rinci, patung, serta mural yang mewakili ajaran Buddha, budaya Cina dan ritual kehidupan sehari-hari. Candi ini merupakan salah satu harta warisan definitif agama Buddha Mahayana.

 

tempat wisata Malaysia

sumber : heritagesixteen.com

Kuil ini adalah salah satu tempat wisata Malaysia yang indah namun jarang dikunjungi. Ketika mengunjungi kuil ini, kamu juga bisa mengunjungi Tortoise Liberation Pond di mana kamu akan melihat ratusan kura-kura berenang dan bersantai di kolam dekat pintu masuk kuil. Lokasi Kek Lok Si Temple yaitu 1000-L, Tingkat Lembah Ria 1, 11500 Ayer Itam, Pulau Pinang, Malaysia.

2. Belum Rainforest

Belum Rainforest telah ada selama lebih dari 130 juta tahun menjadikan ini salah satu hutan hujan tertua di dunia. Belum Rainforest merupakan hutan hujan lindung yang terletak di sebelah Danau Temenggor. Danau ini juga merupakan rumah bagi beragam flora, fauna dan masyarakat adat.

Ketika mengunjungi tempat wisata Malaysia anti mainstream ini, kamu bisa naik kapal pesiar melintasi Danau Temenggor atau bergabung dengan Belum Adventure Camp untuk mengikuti aktivitas adrenalin seperti tantangan tali tinggi dan zip line. Kamu juga bisa lihat burung-burung cantik sambil mengamati langit di Royal Belum atau memancing di danau.

3. Chemorong Forest Reserve

Chemorong Forest Reserve adalah tempat wisata Malaysia yang menyajikan keindahan alam yang terdiri dari sungai dan kolam yang jernih. Kamu bisa mulai mendaki selama 1,5 jam melewati hutan dari pintu masuk taman hingga air terjun yang megah.

Kamu juga bisa jelajahi beberapa tingkatan air terjun di mana kamu akan melihat pemandangan hutan yang menakjubkan dan dapat bersantai di tepi kolam renang. Di kolam renang ini, kamu bisa merendam kaki di kolam dan ikan-ikan kecil akan datang untuk menggelitik kakimu.

Di hutan hujan ini, kamu akan menemukan berbagai kolam berpasir dan zamrud termasuk di Jeram Lesung dan Sungai Bangan. Hutan hujan Chemorong terletak di Terengganu, Malaysia.

4. Target Sky Mirror

Target Sky Mirror bisa dikatakan sebagai ‘Salar de Uyuni’ Malaysia, yang terletak di lepas pantai Desa Nelayan Jeram. Ini adalah salah satu tempat wisata Malaysia terbaik dengan pemandangan pantai yang luar biasa.

Dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Desa Nelayan Jeram untuk sampai ke Target Sky Mirror termasuk naik perahu selama 30 menit. Kamu pun akan disuguhi pemandangan pantai yang luar biasa dengan air yang sangat jernih sehingga bayangan dirimu akan tampak di atas pasir.

Hal inilah yang membuat tempat ini diberi nama Target Sky Mirror. Ketika kamu mengunjungi tempat wisata ini, kamu berkesempatan membuat foto layaknya sedang berdiri di atas kaca.

5. Kundasang

Kalau kamu suka berkunjung ke kota-kota tua, maka Kundasang adalah referensi tempat wisata Malaysia terbaik untuk kamu kunjungi. Lokasi kota ini berada di belakang Gunung Kinabalu. Ketika mengunjungi Kundasang, maka kamu pun akan melihat lembah yang indah di sepanjang jalan yang berkelok-kelok.

Ketika datang ke Kundasang, kamu bisa kunjungi Desa Dairy Farm untuk melihat peternakan sapi, dengan pemandangan Gunung Kinabalu dengan padang rumputnya yang hijau. Kamu juga bisa pelajari produksi makanan dan minuman dari susu seperti yoghurt dan es krim.

Kamu juga bisa melihat sejarah kota kecil ini dengan mengunjungi Tugu Peringatan Perang Kundasang dengan taman yang indah. Kundasang berlokasi di Sabah, Malaysia

Manakah Wisata Malaysia Anti Mainstream Pilihanmu?

Itulah 5 tempat wisata Malaysia terbaik dan anti mainstream yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang suka ketenangan karena lokasinya yang menyatu dengan alam dan tidak terlalu banyak pengunjung.