Bangkok menyimpan banyak sekali tempat wisata yang menarik. Kamu bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata di Bangkok. Bagi kamu pecinta sejarah, Bangkok adalah destinasi yang wajib menjadi list liburan kamu. Itu karena semua bangunan kunonya menyimpan keunikan dan ceritanya tersendiri.

Meskipun wisata bernuansa sejarah, dijamin kamu tidak akan merasa bosan. Selain kamu mendapatkan edukasi, foto-foto di tempat bersejarah tersebut adalah momen yang harus kamu abadikan. Tak heran, berwisata di Bangkok bisa kamu lakukan dengan siapa saja mulai dari keluarga hingga teman-teman.

Kira-kira, apa saja sih tempat wisata yang menarik tersebut? Inilah rekomendasi tempat wisata yang wajib untuk kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Bangkok Bernuansa Sejarah

Eits, tidak hanya tempatnya saja. Di artikel ini, kamu bisa menambahkan pengetahuan dari beberapa sejarah singkat dari masing-masing tempat tersebut. Penasaran?

1. Grand Place

Tempat Wisata di Bangkok ini menjadi salah satu tempat terindah di Thailand ini difungsikan sebagai tempat tinggal raja negara gajah putih. Bangunan ini memiliki nama asli yaitu Phara Borom Maha Ratcha Wang ini berdiri pada tahun 1782.

Karena difungsikan untuk kerajaan, sehingga seluruh kegiatan kerajaan akan dilakukan pada istana tersebut. Grand Palace berdiri megah dengan ukuran 24,4 hektar dan dikelilingi pagar kualitas terbaik sepanjang 1,9 kilometer.

Tempatnya yang sangat luas, membuat istana ini terbagi menjadi bagian depan, tengah, dan dalam. Pada bagian depan diperuntukkan sebagai kantor. Untuk pelancong, bangunan bagian tengah adalah tempatnya.

Di tengah terdapat tiga gedung, namun hanya ada dua yang dibuka untuk umum. Pada bagian dalamnya adalah area khusus raja dan keluarganya.

Belum afdol jika belum mengetahui sejarahnya. Nah buat kamu yang kesusahan dalam memahami bahasa Thailand, menggunakan jasa Tour Guide adalah solusinya.

Selain itu, kamu harus berpakaian sopan saat memasuki Grand Palace. Ternyata laki-laki maupun perempuan memiliki peraturan sendiri dalam berpakaian di tempat wisata ini.

Untuk laki-laki wajib mengenakan kemeja dan celana panjang yang tidak ketat, sedangkan perempuan harus menggunakan baju panjang dan dilarang memakai baju / celana pendek transparan. Intinya, saat berkunjung ke Grand Place kamu harus berpakaian sopan.

2. Wat Phra Kaew

tempat wisata di Bangkok

Bangkok adalah negara dengan kuil Buddha terbanyak di dunia. Salah satu yang terkenal adalah kuil ini. Kuil yang terletak di dalam bagian komplek Grand Palace ini memiliki sejarah yang panjang.

Kuil yang menjadi destinasi wajib tempat wisata di Bangkok ini berdiri tiga tahun setelah Grand Palace. Tepatnya pada tahun 1785 yang dipimpin oleh raja yang berkuasa pada saat itu bernama Raja Buddha Yodfa Chulaloke (Raja Rama 1).

Pada saat itu, ibu kota Thailand sedang berpindah dari Thonburi ke Bangkok. Dinasti Chakri yang berkuasa pada saat itu memutuskan untuk memindahkan tempat pemerintahan di pusat kota.

Meskipun lokasinya yang cukup luas, namun kamu tidak akan pernah mengalami kecapean. Saat menjelajahinya, mata kamu akan dimanjakan dengan ornamen, lukisan, serta patung-patung yang sangat indah dan terawat.

Patung yang menjadi ikon dari tempat bersejarah ini yaitu Buddha Zamrud yang diletakkan pada bagian dalam bangunan kuil. Meskipun hanya memiliki tinggi dua kaki, namun patung ini sangat dihormati oleh para pengikutnya.

Menurut kepercayaannya, menyembah Budha Zamrud akan mendatangkan keberkahan bagi dirinya. Maka dari itu, sebagai pelancong kamu tidak diperkenankan untuk menyentuhnya karena sangat disucikan.

3. The Royal Museum

Nama lain dari tempat ini adalah museum nasional Bangkok. Museum ini memiliki nilai sejarah karena menjadi museum pertama di Thailand yang dibangun pada 1887.

Sebagai museum pertama di Thailand, kamu akan menemukan banyak sekali peninggalan-peninggalan penting yang tersimpan di tempat ini. Untuk memudahkan pengunjung, tempat ini terbagi berdasarkan 4 kategori benda bersejarah. Benda-benda tersebut meliputi: sejarah dan arkeolog, seni dan etnologi, sejarah Thailand, hingga perjalanan keruntuhan Wang Na.

4. Museum Koin

Tempat wisata di Bangkok ini dibangun oleh Kementerian Keuangan Thailand. Yang mana didalamnya kamu bisa melihat banyak sekali jenis-jenis mata uang koin yang pernah digunakan di Thailand.

Selain melihat banyaknya jenis koin, kamu juga bisa belajar kehidupan masa lampau masyarakat Thailand. Di sini kamu akan semakin mengerti bahwa masyarakat Thailand pernah menggunakan alat pembayaran berupa batu. Wah, tidak terduga sama sekali, ya.

5. Madame Tussauds Bangkok

Tempat wisata di Bangkok ini bisa mewujudkan keinginan kamu lebih dekat dengan idola. Disini kamu bisa ber swafoto dengan patung lilin yang sangat mirip dengan yang aslinya.

Tidak hanya tokoh luar negeri, tokoh berpengaruh di Indonesia pun juga memiliki patung lilinnya. Salah satunya adalah Presiden Ir. Soekarno.

Nama tempat ini terinspirasi dari seorang seniman patung lilin bernama Marie Tussauds. Pusat museum ini berlokasi di Inggris dan membuka di banyak negara, salah satunya adalah Thailand.

Yuk, Kunjungi Tempat Wisata Sejarah di Bangkok!

Tempat wisata di Bangkok memang banyak macamnya. Tapi tidak ada salahnya untuk berlibur sekaligus menambah pengetahuan dengan mengunjungi 5 tempat tersebut. Sebelum mengunjunginya, pastikan kamera tetap selalu dibawa. Agar kamu bisa mengabadikan momen dan membagikannya di sosial media. Selamat berlibur!